Pulau

Pulau Nusa Barong

Nusa Barung atau Nusa Barong adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Jember dan merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia yang terletak di samudera hindia. Nusa berarti Pulau dan Barong berarti Ular, Nusa Barong biasa juga disebut Pulau Ular. Secara administratif pulau ini berada dalam wilayah Desa Puger Wetan Kecamatan Puger,Jember.

Dokumentasi jembertravel.com
Dokumentasi jembertravel.com

Nusa Barong di tetapkan sebagai cagar alam dengan nama Cagar Alam Pulau Nusa Barong sejak tahun 1920. Pulau yang memiliki luas 6100 hektar ini memiliki ekosistem hutan hujan tropika yang di bagi menjadi 3 kawasan yaitu hutan mangrove, hutan pantai dan hutan dataran rendah. Di pulau ini banyak di temukan berbagai spesies mamalia,burung, reptil dan serangga antara lain monyet kra,lutung budeng,rusa jawa, walet sapi dan ayam hutan.

Photo by. Jembertravel.com
Photo by. Jembertravel.com

Pulau Nusa Barong merupakan pulau yang tak berpenghuni. Pulau ini biasa digunakan para nelayan yang sedang mencari ikan untuk tempat singgah sambil menunggu gelombang pasang air laut. Untuk berkunjung ke pulau ini bisa menyeberang dari pelabuhan di pantai Puger dengan menyewa perahu nelayan. Waktu tempuh dari pantai puger ke pantai ini memakan waktu sekitar 1-2 jam.

Photo by. Matajatim.com
Photo by. Matajatim.com

Saat berkunjung ke pulau ini jangan sampai lupa membawa perbekalan yang cukup seperti makanan dan air minum. Karena di sini belum tersedia air tawar dan penjual makanan. Yang biasa hobi ngecamp ataupun suka tempat yang sunyi sepi buat merenung atau mencari inspirasi bermusik atau apalah itu, mulailah dari pulau ini. Ingat yah untuk selalu menjaga kebersihan dan keasrian tempat yang kalian kunjungi.

Photo by. andromedocahyo.blogspot.com
Photo by. andromedocahyo.blogspot.com
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *