GoaPulau

Menelisik Goa Putri Termenung Di Misool, Raja Ampat

Raja Ampat memang rajanya destinasi wisata di Indonesia. Mulai dari keindahan pantainya, pulaunya, surga bawah lautnya, semua bisa kalian temukan di Raja Ampat. Sayangnya, kali ini aku sedang tidak ingin membahas pulau atau pantai yang indah. Tetapi, aku akan mengajak kalian menelisik sebuah tempat tersembunyi di Misool yang bernama Goa Putri Termenung.

Foto by Harry Potret

Hemm. Pasti kalian bertanya-tanya kan seperti apasih Goa Putri Termenung, dan kenapa dinamakan demikian. For your information nih gengs, didalam goa ini terdapat salah satu batuan yang bentuknya menyerupai seorang putri yang sedang duduk termenung. Dan inilah salah satu keunikan dari goa ini hingga dinamakan Goa Putri Termenung.

Foto by www.putihbiru.blogspot.com

Yaps, seperti yang kita ketahui gengs, Indonesia pasti selalu punya cerita atau mitos sendiri di balik nama dan tempatnya. Sama hal nya dengan Goa Putri Termenung. Dimana konon dahulu kala dipercaya ada seorang putri yang sedang duduk merenung di tengah latar yang cukup luas dan kemudian menyatu dengan dinding goa ini. Percaya atau tidak, ya inilah kisah yang dipercaya masyarakat Misool.

Foto by www.ireztia.com

By the way, Goa Putri Termenung sendiri merupakan goa batuan kapur yang terletak di Pulau Len Makana, Misool Raja Ampat. Keindahan goa ini terletak pada ornamen stalaktit dan stalagmit yang menggantung di sisi goa, yang semakin hari akan terus tumbuh memanjang. Tapi kalau kalian kesini, jangan menyentuhnya ya! Karena mereka akan berhenti memanjang jika terkena sentuhan.

Foto by www.putihbiru.blogspot.com

Sedangkan kondisi lainnya berupa celah-celah kecil yang dipenuhi sarang burung wallet menempel berjajar menghiasi dinding goa. So, jika kalian memasuki goa, kalian akan disambut dengan burung-burung wallet yang seakan merasa terusik akan kehadiran kalian. Setelah itu kalian bisa memasuki setiap celahnya sambil menundukkan kepala dan sesekali berjongkok ditempat yang sempit.

Foto by putihbiru.blogspot.com

Untuk menuju kesini, kalian bisa mencapainya melalui kota Sorong, kemudian menyewa kapal ke Misool dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Sesampainya di pesisir Pulau Len Makana, kalian bisa langsung naik keatas bukit, tempat Goa Putri Termenung berada. Selamat berkunjung ya gengs :)

Referensi : http://putihbiruhijau.blogspot.co.id

 

Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *