Home / Blog / Pulau Gosong, Pulau tidak berpenghuni

Pulau Gosong, Pulau tidak berpenghuni

Pernahkah anda mendengar Pulau Gosong? Jika anda mencari informasi mengenai Pulau Gosong, akan banyak sekali keragaman Pulau Gosong, dari Pulau Gosong yang ada di Kepulauan Seribu maupun Pulau Gosong yang ada di Karimun Jawa. Pulau Gosong di Kepulauan Seribu terdapat dua macam yaitu Pulau Gosong Rengat dan Pulau Gosong Sekati.

pulau gosong

Pulau Gosong, hanyalah berupa daratan sempit memanjang yang terjadi dari proses sedimentasi, penumpukan dari endapan batuan koral, kerang dan hewan laut lainnya sehingga menjadi pulau kecil yang berada di kawasan administrasi Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara. Untuk membedakan dengan Pulau Gosong yang lain, banyak juga yang menyebutnya dengan nama Pulau Gosong Perak, tidak salah juga karena lokasi pulau Gosong masih bisa terlihat jelas dari Pulau Perak, pulau kecil lainnya di jajaran pulau Harapan yang diperuntukkan untuk keperluan wisata dan rekreasi. Dari pulau Perak, pulau Gosong nampak seperti pantulan cahaya warna putih, diantara birunya laut yang ada disekitarnya.

Foto : google
Foto : google

Menurut bapak pemandu pulau ini, dinamakan Pulau Gosong karena jika anda berjemur di Pulau ini dari pagi hingga sore hari, maka kulit anda akan bewarna coklat kegosongan. Menurut teori ilmu kebumian, terbentuknya Pulau Gosong berkaitan dengan teori tektonik lempeng (tectonic plate), yang menjelaskan tentang pergerakan di kulit bumi sehingga memunculkan bentuk permukaan bumi yang seperti sekarang ini, semua proses ini berlangsung karena aktivitas vulkanik dan tektonis di Indonesia.

Foto : google
Foto : google

Lain halnya dengan proses pembentukan pulau-pulau kecil seperti yang nampak di Kepulauan Seribu, pulau Gosong bisa diambil sebagai contoh proses pembentukan pulau yang lebih sederhana dari yang lainnya. Bentukan ini berasal dari endapan pecahan kerang, koral dan binatang laut lainnya. Semakin lama semakin membesar dan akhirnya terbentuklah sebuah pulau baru.

Foto : google
Foto : google

Wilayah Administrasi Kelurahan Pulau Harapan, tidak menyebutkan pulau Gosong sebagai pulau dalam cakupan sebuah wilayah yang perlu didata, disebutnya sebagai gundukan pasir yang muncul ke permukaan dan terpengaruh dengan pasang surut. Anda tidak akan selamanya bisa menyaksikan gundukan kecil yang menyembul diantara permukaan laut, karena pada saat pasang bukit pasir kecil ini akan tenggelam tertutup lautan. Pulau ini hanya berupa hamparan pasir putih yang muncul di tengah-tengah laut dengan pemandangan yang sangat menakjubkan.

foto : www.skanaa
foto : www.skanaa

Inilah sisi lain dari Jakarta yang menjadi surga wisata snorkeling pagi para wisatawan. Pulau Gosong ini merupakan pulau yang tidak berpenduduk  Letak pulau gosong tersebut tidak jauh dari pulau pabelokan dan pulau gosong pabelokan. Jika anda beruntung, anda dapat berfoto di hamparan pasir Pulau Gosong. Selamat mencoba!

About Hanindi Fajrina Tri Hardi

Pemburu fajar, perindu senja, dan penikmat kesunyian yang terkadang menulis dan membidik karena hobi.

Check Also

Wajib Tahu, 10 Taman Terbaik di Jakarta

Sebagai Ibu kota, Jakarta merupakan daerah yang padat penduduk lengkap dengan segala aktivitas yang membuat …