PulauWisata Jakarta

Mercusuar Pulau Sebira, Sang Penjaga Kepulauan Bagian Utara

Inilah sang Penjaga Utara, Sebira. Pulau ini berada di wilayah Kepulauan Seribu paling utara. Lokasinya 100 mil laut alias 160 km dari daratan Jakarta. Mercusuar, sang pemandu kapal, ada di pulau ini sejak zaman Belanda. Kini, Pulau Sebira lebih dikenal dengan ikan selarnya.

foto : trayothegreat.wordpress
foto : trayothegreat.wordpress

Sebira atau juga disebut Noord Wachter alias Jaga Utara. Karena sejak zaman Belanda pulau ini digunakan untuk menandai adanya daratan, sehingga dibangun mercusuar. Satu-satunya mercusuar di Kepulauan Seribu. Pulau ini masih masuk Kelurahan Pulau Harapan. Berpenduduk sekitar 500 orang, pulau berpenduduk paling utara di Kepulauan Seribu ini memiliki luas sekitar 8, 82 Hektar.

foto : travel.kompas.com
foto : travel.kompas.com

Mercusuar ini memiliki11 tingkat untuk keatas, sayangnya ada bagian yang rapuh. Namun, berkunjung dibawahnya pun sudah cukup menyenangkan. Apalagi saat langit cerah. Langit Sebira bukan langit Jakarta yang berwarna kelabu. Langitnya berwarna biru terang, tidak kalah dengan langit Indonesia Timur.

foto : trayothegreat.wordpress
foto : trayothegreat.wordpress

Pantai Timur Pulau Sebira merupakan salah satu spot untuk snorkeling yang ada di pantai timur. Lokasinya depan Dermaga Bagian Timur.  Hal yang paling mudah ditemui di Sebira adalah lahan untuk menjemur ikan asin. Ada di pantai timur, dekat pelabuhan, depan mercusuar. Beberapa diantaranya ditandai dengan patok-patok bambu yang memanjang.

foto : trayothegreat.wordpress
foto : trayothegreat.wordpress
Tags
Show More

febeshinta

Hi, i am Febe Shinta, the editor in chief of backpackerjakarta.com and also the owner of febeshinta.com. For anyone who want to say “Hi” about thing related to both of these websites, please send me an email for more information or bussiness inquiry.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *