Home / Blog / Air Terjun / Pesona Kawasan Pantura, Jawa Tengah

Pesona Kawasan Pantura, Jawa Tengah

Republik Ngapak, itulah kesan pertama ketika dengar kawasan pantura yang ada di Jawa Tengah. Sebut Saja Tegal, Brebes, Slawi dan Pemalang, adalah daerah yang berada di kawasan panturanya propinsi Jawa Tengah. Daerah penghasil warteg terbesar di Indonesia ini terkenal juga dengan slogan Ora Ngapak Ora Kepenak, yang artinya nggak ngapak ngga enak.

Di balik dengan ngapaknya yang khas ini tersimpan potensi wisata yang ada di daerah tersebut. Mulai dari wisata alam gunung di area gunung slamet, wisata bahari dan juga wisata kuliner khas yang orang tidak banyak tahu. Berikut ini penulis sedikit menjabarkan pesona wisata yang ada di Kawasan Pantunya Jawa tengah ini.

  1. Pemandian Air Panas Guci, Kabupaten Tegal

Merupakan daerah dataran tinggi yang ada di lereng gunung slamet yang berjarak sekitar 40 km dari Kota Tegal. Daerah yang memiliki luas 210 hektar ini merupakan kawasan wisata lengkap dengan penyewaan villa dan fasilitas lainnya. Yang menjadi daya tarik dari Guci adalah pemandian air panasnya, hampir semua penginapan dan hotel di Guci menyediakan air panas dari mata air alami. Selain itu ada kolam pemandian air panas yang dinamakan pancuran 13 dan pancuran 7 yang bagi sebagian orang memiliki khasiat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Selain pemandian air panas, di kawasan guci juga terdapat sekitar 10 air terjun / curug yang salah satu nya adalah Curug Jedor. Curug jedor sendiri berada tepat di atas kolam pemandian air panas pancuran 13, sehingga para pengunjung dapat merasakan sensasi tersendiri di curug jedor ini.

Bagi para pendaki gunung, Guci juga bisa menjadi titik awal untuk melakukan pendakian gunung Slamet, yang merupakan Gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa.

  1. Pantai Alam Indah, Kota Tegal

Beralih ke Kota Tegal, Kota dengan Slogan Kota Bahari ini memili objek wisata andalan Pantai Alam Indah atau lebih dikenal dengan sebutan PAI. Ombak yang tenang menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai yang berpasir hitam ini. Selain bisa bermain main di pinggir pantai, para pengunjun juga bisa mengujungi museum bahari yang berada di kawasan Pantai ini.

  1. Waduk Malahayu, Brebes.

Kota yang terkenal dengan telor asinnya memiliki potensi wisata yang juga menarik, salah satunya adalah Waduk Malahayu yang merupakan peninggalan Belanda pada zaman penjajahan dahulu ini sekarang menjadi tempat wisata Brebes yang potensial. Selain fungsi utamanya sebagai irigasi persawahan warga sekitar dan pengendali banjir. Pemandangan alam disekitar lokasi yang menawan, beberapa pengunjung juga seringkali menjadikan tempat ini sebagai bumi perkemahan.

  1. Rafting Randudongkal, Pemalang.
Foto by Pemalang Rafting

Salah satu pesona wisata dari Kota Pemalang adalah Rafting yang ada di daerah Randudongkal, daerah yang juga masih berada di lereng gunung Slamet. Adalah Sungai Rompang merupakan salah satu sungai yang dijadikan destinasi tempat wisata dan sekaligus menjadi jalur arung jeram atau rafting. Untuk menuju ke hulu sungai ini, kamu harus menempuh jarak sekitar 42 kilometer menuju Randudongkal. Lokasinya lebih dekat ke perbukitan yang masih berdampingan dengan lerengnya Gunung Slamet. Wajar jika ketika kamu ke Randudongkal ini akan menikmati hawa sejuk khas pegunungan.

  1. Berbagai Macam Curug di Kawasan Pantura

Dengan karakteristik yang hampir sama daerah daeah sekitar pantura Jawa Tengah, yaitu berada di lereng gunung Slamet, menjadikan daerah daerah seperti Kab. Tegal, Kab. Pemalang, dan Kab. Brebes memiliki beberapa air terjun atau curug yang tersebar di berbagai wilayah. Misalnya saja untuk wilayah Kab. Tegal, selain 10 curug yang ada di kawasan Guci, ada beberapa alternatif curug lain yang juga bisa dijadikan potensi wisata yang ada antara lain. Curug Pitu Margasari, Curug Putri, Curug Jejeg, Curug Canthel, Curug Monyet, Curug Penganten, Curug Luhur dan beberapa curug lainnya.

Untuk wilayah Brebes sendiri curug yang bisa dijadikan alternatif wisata seperti Curug Bentar Salem, Curug Basa, Curug Cimerak Bantarkawung, Ranto Canyon, Curug Rambukasang dan lainnya. Sedangkan untuk wilayah Pemalang curug yang ada diantaranya Curug Bengkawah, Curug Sejajar, Curug Barong, Curug Sibedil, Curug Silawet Moga dan beberapa curug lainnya.

  1. Wisata Instagramable di kawasan pantura

Selain alternatif wisata diatas, ada beberapa spot wisata baru yang belakangan ini menjadi populer di kawasan pantura Jawa Tengah. Wisata yang dijadikan objek swafoto untuk pecinta media sosial atau sering disebut spot instagramable. Pilihan spot tersebut diantaranya Bukit Batu Agung, Balapulang Tegal.

Spot yang memberikan sensasi adrenalin tersendiri karena pengunjung berdiri di batu yang menjulang di bukit. Danau Beko Margasari, Tegal merupakan cekungan akibat penambanganatu kapur warga yang menjadikan pemandangan indah nan apik menjadi daya tarik tersendiri para pengunjung. Jembatan Gantung Danawarih Tegal, jembatan gantung yang menghubungkan dua desa yang memiliki pemandangan alam bukit yang menjadi objek foto bagi kalangan muda di Tegal.

Wisata Alam Kaligua Brebes, memanjakan pengunjung dengan hamparan kebun teh yang luas yang menjadi penyegar dari hiruk pikuknya polusi di kota. Telaga Ranjeng Brebes, Menikmati pesona Telaga Ranjeng bisa dengan cara apapun, bisa hanya bersantai di saung yang telah disediakan, memancing ataupun berfoto. Bukit Panenjoan, merupakan wisata perbukitan yang menyuguhkan pemandangan alam yang asri nan hijau dipandu dengan landscape pegunungan. Disediakan gardu pandang yang memudahkan pengunjung berfoto dengan latar perbukitan, jika berkunjung pada waktu yang pas, pengunjung bisa menikmati sunrise di tempat ini.

Telaga Rengganis, Pemalang.  Air telaga ditengah hutan pinus memberikan nilai tersendiri bagi wisatawan yang datang kesini. Meskipun tidak begitu besar areanya, namun background dari hutan pinus disekitar menjadikan tempat wisata di Pemalang ini cukup menarik. Kebun Teh Semugih Pemalang, Suasana alam dataran tinggi yang hijau, udara yang segar serta hawa yang dingin bisa anda nikmati disini.

  1. Ragam Kuliner Pantura

Ketika mengunjungi daerah untuk berwisata, tak lengkap rasanya untuk mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Berikut ini beberapa kuliner khas daerah pantura yang wajib dicoba ketika berada di pantura Jawa tengah

Sate Kambing Muda Tegal

Foto by kolingo

Tak lengkap rasanya jika ke Tegal tak mencicipi sate kambing muda khas tegal. Daging kambing muda yang telah dibumbui khusus di bakar khas mentega kemudian disajikan dengan kecap manis menjadi santapan yang khas di Kota ini. Entah bagaimana racikannya, yang jelas sate kambing muda tegal memiliki cita rasa khas yang tidak dimiliki oleh sate kambing lainnya.

Soto Tauco Kab. Tegal

Berbeda dengan soto soto lainnya. Soto Tauco khas tegal atau sering disebut degan Sauto ini memiliki tampilan khas. Mengunakan mangkok kecil dalam penyajiannya serta dicampur langsung dengan nasi atau lontong dalam penyajiannya. Jika soto lainnya berwarna kuning, sauto memiliki warna khas coklat yang terlihat dari campuran Tauco khasnya. Rasanya yang begitu khas menjadi makanan yang tidak boleh terlewat jika ke kota ini.

Sate Blengong Brebes

Blengong adalah hewan hasil persilangan antara bebek dan mentok (entok). Blengong sendiri memiliki tekstur daging yang empuk dan khas berbeda dengan bebek atau mentok itu sendiri. Sate Blengong biasanya disajikan menggunakan lontong dengan sayur kuning yang kental. Yang pasti memakan Sate Blengong memberi sensasi baru tersendiri dari segi terkstur rasa.

Nasi Grombyang Pemalang

Ramuan nasi grombyang terdiri dari nasi, irisan daging kerbau dan kuah, disajikan dalam mangkuk kecil dan dilengkapi dengan sate kerbau. Ciri khas lainnya dari nasi grombyang terletak pada tempat jualannya yang berupa kuali besar, tempat nasi ditutupi dengan kain merah, diserta penerangan remang-remang lampu templok. Pembeli menikmati hidangan dengan duduk di kursi kecil pendek (dingklik). Untuk menikmati Nasi Grombyang pengunjung dapat menemukan banyak penjual di sekitaran Alun Alun Pemalang.

Tahu Aci dan Teh Poci khas Tegal

Foto by Resep dan Masakan

Camilan khas tegal ini terbuat dari Tahu yang digoreng dengan tepung Aci yang telah dibumbui khusus. Tahu Aci oleh masyarakat Tegal biasanya dijadikan teman minum Teh. Jika Pengunjung singgah di Tegal pada malam hari maka tak lengkap jika menimati lesehan pinggir jalan dengan tentu saja Tahu Aci sebagai hidangannya. Selain itu sensasi minum Teh Poci, yaitu sduhan teh khas tegal dengan menggunakan poci serta gelas/cangkir yang terbuat dari tanah liat. Kedua hidangan tersebut banyak ditemui di pinggiran jalan Tegal ketika hari sudah mulai malam.

Telor Asir khas Brebes

Bukan Rahasia Umum lagi, kalau Telor Asin Brebes adalah juaranya Telor Asin. Selain rasanya yang enak berbagai varian telor asin brebes menjadikan panganan ini cocok untuk dijadikan buah tangan dari daerah khas pantura ini. Mulai dari Telor Asin Reus, Panggang dan Bakar menjadi pilihan populer bagi mereka yang mampir ke kota ini.

Sekali lagi jika berada di Pantuanya Jawa Tengah, jangan lupa sempatkan untuk mampir menikmati pesona wisata pantura serta mencicipi ragam kuliner yang ada di Pantura Jawa Tengah.

Referensi : wisata brebes, info wisata tegal, wisata lengkap.
Author : Guruh Handoyo

About Guruh

Check Also

Melihat Bunga Sakura di Indonesia, ini tempatnya

Bunga sakura yang identik dengan Negara Jepang memang tak terpisahkan. Buat mereka yang ingin melihat …