Alam & TamanUncategorized

Selamat Hari Penyu Sedunia 🐢

Lestarikan dan lindungi Penyu Indonesia

Hy guys …buat para sahabat pecinta Penyu. Selamat hari Penyu sedunia ! Nah mungkin dari kamu masih banyak yang belum tau ya guys tentang spesies yang dilindungi di Indonesia ini. Yuk buat kamu yang belum tau, mari kita berkenalan dulu dengan Penyu ya. Yuk cekidot !!

Sumber foto by instagram @ditjenprl

Di dunia ada 7 jenis Penyu dan 6 di antaranya terdapat di Indonesia. Jenis Penyu yang ada di Indonesia adalah Penyu Hijau (Chelonia Mydas), Penyu Sisik (Eretmochelys Imbricata), Penyu Lekang (Lepidochelys Olivacea), Penyu Belimbing (Dermochelys Coriacea), Penyu Pipih (Natator Depressus) dan Penyu Tempayan (Caretta Caretta).

Sumber foto by instagram @ditjenprl

Penyu adalah sejenis reptil yang bernafas dengan paru-paru namun hidup di laut. Bayi Penyu disebut Tukik, cangkangnya disebut Karapas dan tulang dadanya dikenal dengan Plastron. Penyu Belimbing adalah penyu yang terbesar dengan ukuran panjang badan mencapai 2,75 meter dan bobot 600 – 900 kilogram. Sedangkan penyu terkecil adalah Penyu Lekang, dengan bobot sekitar 50 kilogram.

Sumber foto by www.profauna.net | Penyu Belimbing

Sekali bertelur, Penyu betina menghasilkan 50-150 butir telur, tergantung jenisnya. Penyu mampu bertahan hidup hingga berusia lebih dari 100 tahun, itupun tergantung jenisnya lagi. Penyu merupakan satwa pengembara yang tangguh karena dapat mengarungi samudra hingga ribuan kilometer. Bahkan Penyu Belimbing mampu menyeberangi Samudra Pasifik.

Sumber foto by www.wwf.or.id

Semua jenis Penyu laut di Indonesia telah dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomer 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Dan secara internasional Penyu masuk dalam appendix 1 CITES yang artinya terancam punah dan pelarangan perdagangan komersil.

Sumber foto by www.wwf.or.id

Ancaman yang dihadapi Penyu antara lain praktik perikanan yang tidak ramah lingkungan, pembuangan sampah di pantai & laut, perdagangan daging dan telur, eksploitasi yang membahayakan lingkungan, maupun perubahan iklim. Hanya 1 dari 1000 Tukik yang dapat selamat hingga menjadi Penyu dewasa.

Sumber foto by instagram @lang_tengah_turtle_watch | Bayi Penyu atau Tukik
Sumber foto by www.profauna.net | Penyu dewasa

Penyu menciptakan kestabilan ekosistem di laut. Ubur-ubur sebagai predator ikan-ikan kecil merupakan makanan para Penyu (Penyu Belimbing). Penyu membuat terumbu karang menjadi sehat sehingga keberadaan Penyu dijadikan sebagai indikator laut yang sehat. So, bayangkan kalau Penyu semakin punah?

Yuk guys sayangi Penyu saat ini. Kita jaga dan lestarikan Penyu dengan terus menjaga kebersihan laut dan pesisir. Dan juga STOP deh berburu penyu !

Heran deh sama masyarakat yg masih mengonsumsi daging dan telur Penyu, padahal pada daging dan telur Penyu terdapat senyawa yang tergolong Polutan Organik Persisten (POP) dan logam berat yang merupakan senyawa yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia yang dapat memicu kanker dan serangan jantung.

Masih pengen nih makan Penyu??? Jangan ya guys. Kuy mari sama-sama kita jaga dan lestarian Penyu. Dan mari kita bersabahat dengan alam. Alam yang sehat, semua makhluk pun sehat pula.

Tags

Desi kurniawati putri

Hi, perkenalkan, Aku bekerja di perusahaan swasta sebagai Assiten R&D Staff Devisi Laborat Kimia. Motivasi hidup aku saat ini : I do my best to be a good one. Insha Allah, Semoga artikel aku bisa memberikan manfaat bagi orang lain dan bisa menjadi kenangan terindah dikemudian hari. Thank you. Follow my instagram : @desi.kurniawatiputri

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close