Alam & TamanSeputar Travelling

Orchid Forest: Edu Wisata yang Instagramable di Bandung

Wisata yang Kekinian dan Mengedukasi di Bandung

Kalau alasan kamu ke Bandung untuk mencari udara segar, refreshment fikiran dari padatnya pekerjaan, mikirin bonus tahunan yg tak kunjung datang, ehh yang terakhir salah ya? Hehe. Kayaknya kamu harus datang ke tempat yang satu ini. Orchid Forest namanya. Edu wisata terbaru di Bandung ini wajib masuk ke daftar tempat rekreasi kekinian nan instagramable kamu sama keluarga maupun sama si dia. Ehem…

Daya Tarik

“Ada apa aja sih disana?”

“Namanya aja forest, pasti banyak pohon lah, masa banyak angkot. Emangnya Bogor.”

Yap kalau kalian mampir ke Orchid Forest, kalian akan ketemu sama pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi yang usianya udah ratusan tahun. Ditambah, ada sekitar 157 tanaman anggrek langka dari seluruh penjuru dunia yang dibudidaya di tempat ini.

Orchid Forest: Edu Wisata yang Instagramable di Bandung
Foto: destinasibandung.co.id

Ngomong-ngomong soal anggrek, ternyata Orchid Forest menjadi pusat pembibitan anggrek di Bandung loh! Jadi setiap pengunjung yang datang kesini bisa belajar cara membudidayakan tanaman anggrek. Yang nggak kalah keren lagi, tempat ini nantinya akan dijadikan sebagai kawasan wisata hutan anggrek terbesar di Indonesia, bahkan di Asia. Wow…

Selain itu karena posisinya yang berada di ketinggian 1500 mpdl, dan diapit oleh Gunung Tangkuban Perahu serta Bukit Jayagiri, suasana disini sangatlah sejuk. Cocok banget deh buat warga perkotaan yang rindu akan tempat sunyi, nyaman, dan menyegarkan.

Fasilitas

Mengingat luasnya yang mencapai 14Ha, pastinya banyak banget fasilitas yang akan kamu dapatkan disini. Diantaranya:

1. Amphitheater

Spot ini adalah yang paling menyita perhatianku. jejeran bangku kayu membentuk setengah lingkaran semua menghadap 1 sisi, yaitu kubah segitiga. Kubahnya pun terbuat dari kayu. Menurut pengelola setempat, spot ini sering disewa untuk acara akad nikah.

Orchid Forest: Edu Wisata yang Instagramable di Bandung
Foto: @_raahmaaa
Orchid Forest: Edu Wisata yang Instagramable di Bandung
Foto: destinasibadnung.co.id

2. Sky Bridge & Wooden Bridge

Kalian para kids jaman now pasti sudah tau signature dari tempat ini. Yap, Sky Bridge dan Wooden Bridge!

Jembatan ini terbuat dari tali tambang putih dan kayu. Uniknya, ada lampu slang di sepanjang jembatan ini. Adanya lampu ini akan mempercantik foto di feed instagram kalian. Terlebih pada malam hari jembatan ini akan menyala secara otomatis karena lampunya sudah dipasangi sensor, sehingga suasananya semakin romantis.

Orchid Forest: Edu Wisata yang Instagramable di Bandung
Wooden Bridge di Orchid Forest
Orchid Forest: Edu Wisata yang Instagramable di Bandung
Foto: indoflashlight

Dibawah sky bridge, ada 1 spot yang tak kalah menyita perhatianku, yakni zig zag way. Untuk spot ini baru akan dibukan pukul 4 sore. Oya untuk fasilitas ini harganya terpisah dari tiket masuk. jadi kalian harus membayar 15ribu untuk bisa masuk ke spot foto ini. Harga tersebut sudah termasuk bermain fying fox dan hammock yang tersedia di ujung jembatan ini.

3. Taman Kelinci

Nah spot ini cocok banget untuk yang membawa anak kecil. Tempatnya lumayan luas dan ada banyak hal yang bisa kita pelajari. Mulai dari jenis-jenis kelinci dan makanan nya, cara merawatnya, membersihkan kandangnya, dan masih banyak lagi.

4. Camping Ground

Buat yang ingin merasakan sensasi menginap di alam terbuka tapi anti naik gunung, tempat ini  juga menyediakan area camping ground. Kalian bisa kemping dengan biaya Rp450.000,-/hari dengan kapasitas tenda untuk 4 orang. Sedangkan tenda dengan kapasitas 9 orang di kenakan biaya Rp950.000,-. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas sarapan pagi, api unggun, dan jagung bakar.

Orchid Forest: Edu Wisata yang Instagramable di Bandung
Foto: destinasibandung.co,id

5. Food Court

Setelah asyik berkeliling, saatnya isi perut!

Walaupun masuk sini ada larangan membawa makanan dan minuman, kalian ngga perlu khawatir karena adanya fasilitas food court ini. Makanan yang dijual diantaranya ayam penyet, bakso, batagor, dan masih banyak lagi. Harganya mulai dari 15-30ribu saja loh.

6. Coffee Corner

Coffee Corner disini akan mengingatkan kita pada Armor Kopi. Lokasi Coffee Corner di Orchid Forest sendiri letaknya berada di pintu masuk gerbang depan. Sama halnya dengan fasilitas lain disini, bangunanya terbuat dari 80% kayu jati. Benar-benar sebuah bangunan yang elegan. Kopi yang ditawarkan semuanya kopi nusantara. Haraganya variatif, mulai 10-25ribu.

7. Musholah dan Toilet

Semua spot yang ada disini akan menarik untuk diulas, termasuk musholah dan toilet nya.

Kalau kebanyakan tempat wisata akan menyajikan toilet di pojok dan selalu antri, lain halnya dengan Orchid Forest. Bentuk toilet disini seperti Rumah Hobbit. Jumlahnya pun tersebar. Ada sekitar 6 ‘Rumah Hobbit’ di kawasan ini.

Orchid Forest: Edu Wisata yang Instagramable di Bandung
Toilet di Orchid Forest

Musholahnya pun tak kalah unik. Berbahan dasar 80% kayu, musholah disini seperti rumah panggung. Untuk akhwat dan ikhwan pun tempatnya terpisah. Tempat wudhu nya terbuat dari batu marmer yang akan memberikan kesan elegan.

Karena Orchid Forest sangatlah luas, kalian ngga perlu khawatir kelelahan. Pengelola sudah menyiapkan mobil golf yang siap mengantar keliling kawasan tanpa di pungut biaya.

Orchid Forest: Edu Wisata yang Instagramable di Bandung
Foto: Destinasi Wisata

Alamat dan Rute Menuju Orchid Forest

Tempat wisata alam ini terletak di Jalan Tangkuban Perahu km 8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Rute menuju sini aku saranin kalian pilih lewat Dago Atas. Ambil arah Cigadung sampai Maribaya. Posisi gerbangnya persisi di sebelah tempat parkir Grafika Cikole Lembang. Kalau kamu menggunakan sepeda motor, waktu tempuhnya sekitar 45-60 menit dari pusat Kota Bandung.

Orchid Forest Lembang buka setiap harinya mulai pukul 08.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp25.000,- (weekday) dan Rp30.000,- (weekend).

Gimana, tertarik untuk berkunjung kesini kan? Yuk segera kemasi ransel kalian!

Orchid Forest: Edu Wisata yang Instagramable di Bandung
@_raahmaaa
Tags

Rahma (@_raahmaaa)

Walk humbly, talk politely, dress neatly, play atrractively.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close