GunungLiputan Trip

Edisi Spesial! Liputan Trip Pendakian Srikandi

Pendakian Gunung Prau 21-22 April 2018

Seperti yang sudah kita tahu bahwa tiap tahun nya komunitas Backpacker Jakarta mengadakan Pendakian Srikandi. Trip ini dinamakan Pendakian Srikandi karena hanya diikuti oleh member wanita saja. Tahun ini, Gunung Prau menjadi sasaran nya. Mau tau gimana keseruan kami dalam trip kali ini? Baca ulasan berikut ya!

Special Edition!

Seperti yang tadi sudah disebutkan bahwa trip ini menjadi sangat spesial karena hanya diadakan setahun sekali. Lebih spesial lagi karena tanggalnya bertepatan dengan Hari Kartini. Yap, Pendakian Srikandi tahun ini didakan tanggal 21-22 April 2018. Dan tepat hari Jumat, 20 April jam 21.00, ke-27 peserta yang sudah mendaftar berkumpul di Sekretariat BPJ. Biaya sharecost nya Rp292.204,-/orang (member) dan Rp302.204,-/orang (non member). Kami menuju lokasi dengan menggunakan 1 bis medium kapasitas 31 orang.

Pendakian Srikandi tahun ini digawangi oleh Mba Retno dan Kak Lusia. Pengalaman pendakian mereka sudah tidak diragukan lagi. Gunung-gunung yang menjulang di berbagai wilayah Indonesia sudah berhasil mereka daki.

Liputan Trip Pendakian Gunung Prau Edisi Para Srikandi
Kak Retno dan Kak Lusia (CP Trip Pendakian Srikandi)

Kenapa Harus Gunung Prau?

Banyak sekali keistimewaan yang dimiliki Gunung Prau. Mulai dari ketinggian nya, pemandangan nya, hingga pilihan jalur pendakian nya.

Gunung sejuta umat ini memiliki tinggi 2.565mdpl artinya masih cocok untuk pemula. Jalur pendakian nya pun variatif. Kali ini, kami memilih Jalur Patak Banteng.

Setelah sampai basecamp, isi perut, dan menyiapkan segala logistik yang dibutuhkan, jam 13.00 kami mulai pendakian.

Liputan Trip Pendakian Gunung Prau Edisi Para Srikandi
Basecamp Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng

Kalian yang hafal akan jalur ini pasti sudah bisa menebak bagaimana tracking nya. Yap, jalurnya terus menanjak. Tapi ngga perlu khawatir karena mulai dari pos 1 – pos 2 kalian masih akan bertemu dengan warung-warung yang menjual gorengan, minuman, hingga buah-buahan seperti semangka dan pisang. Setelah melewati pos 2, kami mulai memasuki hutan yang dipenuhi dengan pohon pinus dan cemara. Dan sampailah kami di pos 3. Pos ini dinamakan Cacingan dan sudah menjadi trademark nya jalur Patak Banteng.

Liputan Trip Pendakian Gunung Prau Edisi Para Srikandi
Cacingan, Pos 3 Gunung Prau via Patak Banteng

Setelah kurang lebih memakan waktu 4 jam pendakian, akhirnya sekitar jam 17.00 kami sampai di sunrise camp. Semua tim sibuk mendirikan tenda dan membagi logistik. Hamdallah, sepanjang malam sampai pagi menjelang tak ada halangan apapun.

Liputan Trip Pendakian Gunung Prau Edisi Para Srikandi
Puncak Gunung Prau

Keesokan paginya, kami semua siap menyambut sang mentari dengan kebaya kami. Yap, di trip edisi spesial kali ini kami semua mengenakan kebaya dalam rangka memperingati Hari Kartini. Kami para wanita Indonesia patut berterima kasih pada beliau karena telah memperjuangkan hak-hak kami sebagai wanita. Yang dulunya kegiatan outdoor seperti mendaki gunung yang diperuntukan untuk kaum adam, kini bisa juga diikuti oleh kami para wanita.

Liputan Trip Pendakian Gunung Prau Edisi Para Srikandi
Liputan Trip Pendakian Gunung Prau Edisi Para Srikandi

Matahari perlahan hadir dari ufuk timur. Pemandangan 5 gunung siap menyambut kami, mulai dari Gunung Sindoro, Sumbing, Slamet, Merapi, dan Merbabu. Tak sampai disitu, lautan awanpun memenuhi mata kami. Ditambah ladang bunga daisy di sekitar area camp membuat kami semua enggan beranjak pulang.

Liputan Trip Pendakian Srikandi Gunung Prau
Foto: Doc BPJ

Tapi, akhirnya setelah puas dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa indah, sekitar jam 10 pagi kami turun ke basecamp. Tak lupa semua sampah yang di’habiskan’ di atas tadi kami bawa turun kembali. Ohya sebelum turun, kami juga menyampatkan untuk memberikan video ucapan selamt ulang tahun untuk komunitas kami tercinta.

Jam 12.30 kami sampai basecamp. Semua peserta membersihkan badan dan merapikan peralatan. Jam 2 siang kami kembali ke Jakarta. Setelah kurang lebih memakan waktu 10 jam perjalanan, kami tiba di Sekret BPJ jam 12 malam. Pendakian pun selesai. Terima kasih Gunung Prau.

List Peserta

  1. Roos Diana #nonmember
  2. Herlina #nonmember
  3. Mega #34
  4. Zipora #10
  5. Utami #19
  6. Indira #nonmember
  7. Riri #30
  8. Firda #nonmember
  9. Monica #nonmember
  10. Fajarria #32
  11. Agnes #semu
  12. Irmawati #19
  13. Dwi #28
  14. Anni NS #34
  15. Agatha #nonmember
  16. Puji #24 (pengganti Dina #nonmember)
  17. Meyka #8
  18. Uny #nonmember
  19. Riri #nonmember
  20. Tere #3
  21. Rizcy #32
  22. Ratna #nonmember
  23. Nofia M #nonmember
  24. Vanella #nonmember
  25. Syarifah NB #8
Tags

Rahma (@_raahmaaa)

Walk humbly, talk politely, dress neatly, play atrractively.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *