Museum & Sejarah

Napak Tilas Sejarah Alor Di Museum 1000 Moko

Foto by KTD Tenda Dome

Mungkin sekali-kali kalian perlu mengajak keluarga untuk berwisata ke museum.

Mengapa?

Selain menambah wawasan, kalian juga akan tau mengenai sejarah yang tersebar di Indonesia salah satu nya adalah Museum 1000 Moko.

Museum ini terletak di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kota Kalabahi, Kabupaten Alor. Lokasinya mudah ditemukan karena gak jauh dari pusat kota yaitu di Jalan Diponegoro.

Kalian pasti penasaran kenapa museum ini dinamakan Museum Moko? Yups, konon Moko merupakan sebuah benda yang mewakili kebudayaan masyarakat Alor sebagai benda bernilai tinggi. Di dalam museum kalian bisa melihat berbagai benda kuno seperti alat tenun, kain tenun, gerabah, peralatan nelayan, serta tentu saja Moko.

Bangunan pada Museum 1000 Moko terbagi atas dua bangunan utama yang semuanya merupakan tempat untuk menyimpan benda-benda bersejarah. Pada bangunan pertama, berisikan benda-benda sejarah dan prasejarah. Sementara bangunan kedua menyimpan koleksi berbagai macam jenis dan motif tenun khas masyarakat Alor yang disebut dengan Kawate, dimana kain tenun ini membutuhkan pengaturan suhu dan cahaya yang tepat agar kain gak mudah rusak.

Oh iya, museum ini dibuka pada hari Senin sampai dengan Kamis, dari pukul 08.00-14.00 dan khusus hari Jum’at dibuka dari jam 08.00-15.00. Bagi kalian yang mau tau lebih dalam mengenai Museum 1000 Moko, kalian bisa meminta pemandu untuk mendampingi kalian selama berada disana.

Hal unik lainnya, semua benda yang ada di museum ini bukan 100% dihasilkan oleh masyarakat Alor aja, melainkan ada uang dibawa langsung oleh para pendatang seperti porselen Cina, kain sutra dari India, kopiah dari Turki, serta sebuah arca perunggu dari era Majapahit. Keren kan? Dan untuk benda asli dari masyarakat Alor seperti cawat kulit kayu, peralatan tenun tradisional peralatan perang serta tusuk rambut.

Kain Tenun

Untuk Moko sendiri, museum ini mempunyai sebuah Moko berukuran besar yang disebut Moko Nekara yang ditemukan pada tahun 1972 oleh Simon J Oil Balol.

Moko

So, tunggu apalagi? Buat kalian yang mau melihat langsung hasil benda-benda masyarakat Alor, wajib datang ke Museum 1000 Moko!

Referensi by http://indonesiaexplorer.net/

Author : @febe_shinta

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close