Alam & TamanWisata Jakarta

Liburan Murah Meriah Ke Kebun Raya Ragunan

Liburan bersama keluarga adalah hal yang wajib dilakukan di akhir pekan maupun liburan panjang. Kebun Raya Ragunan adalah salah satu lokasi yang tepat untuk dijadikan tempat berkumpul dan menikmati liburan yang tak kalah menarik tentunya.

salah satu satwa burung di ragunan
salah satu satwa burung di ragunan

Ragunan merupakan kebun binatang pertama yang ada di Indonesia. Berdasarkan sejarahnya , kebun binatang ini didirikan pada tahun 1864 dikawasan Cikini dengan luas sekitar 10 hektar, yang kemudian dipindahkan ke kawasan Ragunan dan diresmikan menjadi Taman Margasatwa pada tahun 1966. Seperti itulah sekilas cerita keberadaan Kebun binatang Jakarta.

satwa beruang madu di ragunan
satwa beruang madu di ragunan

 

Kebun binatang seluas 140 Hektar ini, terletak di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun binatang ini sangat ramai dikunjungi, bahkan bisa mencapai ribuan pengunjung yang memadati pada hari libur. Karena merupakan lahan hijau yang terluas dijakarta, tempat ini menjadi alternative mencari udara segar yang paling diminati, baik wisatawan lokal maupun dari  luar Ibukota. Suasana yang hijau disertai aneka macam suara satwa menjadikan nuansa liburan terasa berbeda.

salah satu primata yang ada di ragunan
salah satu primata yang ada di ragunan

Kebun Raya Ragunan merupakan hutan tropis kecil, dimana didalamnya dapat ditemukan sekitar 50.000 pohon dan 2.000 ekor satwa yang dilindungi. Di lahan yang sangat luas tersebut, kita bisa banyak belajar mengenal jenis-jenis binatang serta tanaman yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki mengikuti petunjuk berupa plang kayu yang sudah diberi nama dan arah.

pusat primata schmuter
pusat primata schmuter

Didalam Taman satwa ini telah tersedia Taman-taman yang cantik, Pusat Primata Schmutzer, serta sarana rekreasi anak-anak seperti kereta mini jika kita lelah berjalan mengelilingi taman.  Danau kecil juga menjadi spot asik untuk berteduh menikmati suasana lain kota Jakarta.

ragunan 4

Berbagai fasilitas seperti toilet, mushola, tempat makan juga tersedia lengkap disini. Bahkan Tiket masuknya pun sangat cocok dikantong hanya dengan Rp.4000,- kita bisa menghabiskan liburan mengelilingi hutan tropis lengkap dengan satwa yang masuk dalam kategori konservasi ini. Transportasi menuju ragunan juga sangat mudah dijangkau, mulai dari kendaraan umum hingga kendaraan pribadi.

berteduh di pinggir danau ragunan
berteduh menikmati suasana di pinggir danau ragunan

Mau liburan murah meriah sekaligus menambah pengetahuan tentang satwa serta menikmati alam tropis di tengah keramaian Ibukota?? Langsung datangi saja Kebun Raya Ragunan, Wisata menyatu bersama alam ditengah pusat kota.

 

Sumber: Wikipedia

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *