Danau & SungaiEditor PicksPantai

Segara Anak Terbaik Yang Ada Di Indonesia

Objek wisata yang satu ini merupakan “paradise” tersembunyi dan penuh tantangan bagi pecinta alam. Mengapa karena lokasi ini harus menempuh perjalanan yang sulit, panjang dan melelahkan namun terbayarkan dengan apa yang akan kamu nikmati.

1. Pulau Sempu Segoro Segara Anak

pulau sempu

Foto: Tempat wisata

Danau kecil ini berada di Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Kumpulan air  berasal dari laut lepas dan masuk melalui celah-celah tebing curam sehingga membentuk danau di sebuah daratan, Sungguh cara alam menyembunyikan emas dalam jerami.  Pasir yang lembut ketika menyentuh kulit kaki menjadi area bagi sekawanan yang ingin bermalam.

Air laut yang jernih kehijauan seakan menarik kamu untuk bermain-bermain dan menikmati kesegarannya. Tebing-tebing yang terjal namun eksotis mengajak untuk mendakinya dan menikmati Keindahan sekitar Pulau Sempu dan proses pergantian sang surya yang ketika menyapa dan berpamitan. Senyuman hal yang kamu sampaikan ketika memandangi air laut yang terpenjara ini .

2. Segara Anak Gunung Rinjani

kompas-travel-Raiyani-Muharramah_Keindahan-segara-anak_Rinjani-Lombok-NTB_081315250556

Foto kompas-travel

Segara Anak Gunung Rinjani terletak di Desa Sembalun Lawang, Lombok, NTB.  Mendaki Gunung Rinjani yang memiliki puncak 3.726m dpl, hal yang harus ditempuh untuk menuju lokasi danau kecil ini. Baik Gunung Rinjani maupun Segara Anak syarat akan mitos. Segara anak dipercaya diberkahi umur yang panjang jika kita dapat melihat danau terlihat luas, begitu juga sebaliknya.

Anak laut yang berada di tengah gunung menjadi salah satu keunikan tersendiri.  Birunya air danau bak samudra menjadi daya pikat siapa saja yang bertadang. Suasana tenang membuat suasana asyik menunggu berlama-lama terjaring biota air yang terperangkap di kail. Mendengarkan jatuhnya air danau menyerupai air terjun menemani kamu saat berkemah. Menghilang lelah di sumber air panas yang tak jauh dari segara anak atau sekedar menenggalamkan kaki setelah hiking.  Sunnnngguh amazing ciptaan Tuhan Ini!!!

3. Segara Anak Hutan Mangrove, Cilacap

8f6b4-SEGARA-ANAKAN-CILACAP

Foto:  sanutra

Segara anak yang satu ini merupakan lokasi berpapasan sungai Citandeuy, Cibereum sungai Cikonde dan aliran sungai kecil lainnya. Segara anak yang tidak jauh dengan Pulau Nusakambangan, Cilacap menjadi daya tarik sendiri. Perahu nelayan merupakan transportasi yang digunakan untuk menuju lokasi tersebut, dengan pemandangan rawa mangrove disekelilingnya.

Walaupun pemerintah setempat melakukan pengerukan muara citandeuy yang namun jangan khawatir kawasan hutan mangrove tetap dipertahankan dan akan ditetapkan sebagai Laboratorium alam berbagai disiplin ilmu. Sekitar 28 jenis ekosistem mangrove yang tumbuh di laguna ini merupakan simbosis biota air. Kamu juga akan menjumpai sikecil biota laut  karena lokasi ini tempat berkembang biaknya sebelum menuju laut lepas melalui muara segara anak ini.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close