PantaiPulau

Menelusuri Pesona Tersembunyi Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan. Apasih yang terlintas dalam benakmu saat mendengar nama itu? Pasti tak lain dari penjara super ketat untuk penjahat kelas kakap di Kabupaten Cilacap. Yaps, memang betul. Tapi, siapa sangka kalau dibalik seram dan angkernya nama tersebut, Nusakambangan memiliki sejuta pesona yang tiada tara.

Sumber Foto : Google

Salah satunya adalah Pantai Pasir Putih. Atau biasa disebut sebagai ‘Surganya Pulau Nusakambangan’. Sebuah pantai cantik yang memiliki pasir putih sangat lembut seperti susu. Dipadukan dengan rimbunnya hutan tropis yang masih sangat alami menambah kesan sejuk dan syahdu pulau tersembunyi itu.

Bisikan angin yang menderu disepanjang pantai hingga kokohnya bebatuan karang dan perahu nelayan yang berlalu-lalang pun menjadi daya tarik luar biasa pulau yang satu ini. Sungguh semua itu bagaikan sebuah pemandangan indah yang memanjakan mata. Namun sayang seribu sayang, tidak semua orang mengenalnya karna letaknya yang berada di pulau terpencil yang terasingkan.

Sumber Foto : http://direktoriperjalanan.blogspot.co.id

Selain mengunjungi Pantai Pasir Putih, kamu juga dapat menemukan pantai cantik lainnya, yaitu  Pantai Karang Pandan. Letaknya tidak terlalu jauh, kamu hanya perlu menempuh waktu 10 menit berjalan kaki menelusuri hutan Nusakambangan dan melewati benteng tua peninggalan Belanda bernama “Benteng Karang Bolong” yang masih kokoh meski sudah berumur ratusan tahun.

Sumber Foto : ww.viva.co.id

Dan setelah kamu melewati Benteng Karang Bolong, kamu akan disuguhkan dengan keindahan Pantai Karang Pandan yang sudah siap memanjakan mata kamu hingga tidak berkedip. Sampai-sampai kamu pun lupa akan kemistisan dan seramnya Nusakambangan karena terbayar dengan pesona si pantai berpasir putih tersebut.

The last, but not least. Kamu juga bisa menikmati keindahan lain Pantai Karang Pandan. Yaitu air terjun bernama “Grojogan Sewu” yang berada di sisi kanan pantai. Lokasinya sangat dekat dengan pantai namun mengalirkan air tawar yang jernih dan segar. Jadi, kamu bisa berenang di pantai dan langsung membilasnya di air terjun yang memiliki 1000 tanjakan ke bukit Nusakambangan itu.

Sumber Foto : www.rancahpost.co.id

Nah, untuk menuju kesini, kamu dapat menempuh dari Kota Cilacap menuju Pantai Teluk Penyu. Kemudian menyewa perahu nelayan yang tengah bersandar di pesisir Teluk Penyu seharga Rp. 35.000 per orang menuju Pulau Nusakambangan dengan waktu tempuh 15 menit. Dan sesampainya disana, kamu bisa membayar Rp. 5.000 untuk masuk ke pantainya.

Sangat mudah dan murah bukan ? So, kamu tak perlu ragu untuk menikmati keindahan lain sisi Nusakambangan yang terkenal seram itu. Karena dibalik lokasinya yang dijadikan penjara untuk penjahat kelas kakap, pulau ini ternyata menyimpan banyak keindahan yang jarang dikenal orang. Selamat berkunjung ke Nusakambangan :)

Referensi : www.viva.co.id

Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *