City Tour & Landmark

Melihat lebih dekat wajah Ibu Kota Kalimantan Utara

Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi terbaru yang ada di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak. Saat ini, Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda Indonesia, resmi disahkan menjadi provinsi dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012.

foto : Sentra Peta

Hampir 40% penduduk Kalimantan Utara adalah Suku Jawa melalui program transmigrasi yang merupakan kelompok terbesar, disusul penduduk asal Sulawesi Selatan. Selebihnya merupakan penduduk asli Kalimantan yaitu Suku Dayak (Lun Bawang / Lun Dayeh , Kenyah , Murut ) , Suku Banjar, Suku Bulungan, Suku Tidung dan Suku Kutai.

Secara administratif Kalimantan Utara terbagi kedalam 5 wilayah kota atau Kabupaten, diantaranya :

1. Kabupaten Nunukan ibu kotanya Nunukan
2. Kabupaten Malinau ibu kotanya Malinau
3. Kabupaten Bulungan ibu kotanya Tanjung Selor
4. Kabupaten Tana Tidung ibu kotanya Tideng Pale
5. Kota Tarakan

Mengenal Ibu Kota Kalimantan Utara

foto : Tribun Kaltim
Masjid Raya Tanjung Selor (foto:youtube)

Provinsi Kalimantan Utara menjadikan kota Tanjung Selor adalah sebagai Ibu kota resmi provinsi Kaltara. Kota Tanjung Selor sendiri sebenarnya terletak di Kabupaten Bulungan yang sekaligus Ibu Kota Kabupaten Bulungan.
Tanjung Selor memiliki luas wilayah 1.277,81 km² dan berdasarkan data BPS Kabupaten Bulungan jumlah penduduk sebanyak Tanjung Selor sebanyak 42.231 Orang pada tahun 2012 dengan rincian jumlah penduduk 22.488 laki-laki dan 19.743 perempuan dengan Angka Sex Ratio sebesar 113,90 persen.

Tepian Sungai (foto : anwareffendi )
foto : anwareffendi

Masyarakatnya Tanjung Selor sangat beragam terdiri dari berbagai suku, seperti tidung, bulungan, dayak, bugis, jawa, dan suku-suku pendatang lainnya. Dengan keragaman suku masyarakat membuat budayanya pun juga cukup beragam, sesuai dengan keradaan suku masyarakatnya. Namun dengan keragaman itulah membuat dinamika budaya pun mengalami proses akulturasi dan saling menghormati antar budaya dan masyarakatnya.

Wajah Kota dilihat dari atas (foto : wikipedia)
wajah kota Tanjung selor
TUGU CINTA DAMAI (foto : budisusilo85)

Wilayah administratif pemerintahan Kecamatan Tanjung Selor membawahi 3 (tiga) wilayah pemerintahan Kelurahan yaitu : Tanjung Selor Hulu, Tanjung Selor Hilir dan Tanjung Selor Timur. Membawahi pula 6 (enam) desa, meliputi : Jelarai Selor, Gunung Seriang, Bumi Rahayu, Gunung Sari, Apung dan Tengkapak.

Sumber : wikipedia

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata disemua daerah di Indonesia. ( Follow Instagram @emyebpj )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *