Editor PicksSeputar TravellingTips Travelling

Mau Backpackeran ke Bali Lewat Jalur Darat, Ini Info Biaya & Rutenya

Bali adalah sebuah provinsi wisata di Indonesia dengan ibukotanya adalah Denpasar. Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan, Pulau Serangan, dan Pulau Menjangan.

Secara geografis, Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

Keindahan Bali membuat siapa saja ingin mengunjunginya baik wisatawan dalam negri maupun luar negri. Bagi para petualang yang ingin mengunjungi bali dengan cara berbeda, kalian bisa menggunakan jalur darat menuju pulau Bali. Perjalanan yang cukup lama dan melelahkan bisa kalian nikmati dengan keindahan pemandangan dan pengalaman seru selama diperjalanan.

Nah berikut ini akan saya infokan mengenai jalur, rute dan kendaraan apa saja yang bisa kita gunakan menuju Bali lewat jalur darat.

1. MENGGUNAKAN KERETA API KE BANYUWANGI

Jakarta – Surabaya – Banyuwangi

Buat pecinta kereta api, Kamu juga bisa ke Bali dengan kereta Api. Ets, kereta apinya hanya sampai kota Surabaya atau Banyuwangi saja karna setelah banyuwangi kita harus berpindah lagi menyebrang kapal dan naik bus. Dari Jakarta Pilih kereta api tujuan Surabaya (stasiun Gubeng Surabaya) menggunakan kereta Api Gaya Baru Selatan. Biasanya harga normal kereta api Ekonomi ke Gubeng Surabaya sekitar 100.000an lebih. Perjalanan yang dibutuhkan juga cukup lama yakni sekitar 12 jam perjalanan.

Stasiun Senen (foto : simomot.com)

Jika kamu berangkat dari setasiun senen maka kereta akan melaju pukul 13.00 dan akan tiba di Surabaya pukul 01.30 pagi dini hari. Setelah tiba di setasiun Surabaya ada dua pilihan yang bisa kamu pilih yakni melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi dengan Kereta api lagi atau dengan menggunakan Bus.

Bila perjalanan dilakukan dengan bus maka kamu harus keterminal dulu dan menunggu busa pagi jalan ke Banyuwangi begitu juga dengan kereta api akan berjalan siang ke banyuwangi. Jika pilihan menggunakan kereta api maka pilih stasiun Banyuwangi Baru dan hanya ada 1 kereta ekonomi yang melayani rute ini. Biaya tiket kereta berkisar Rp 100.000.

Jakarta – Jogjakarta – Banyuwangi

Sama halnya dengan kereta api dari Jakart ke- Surabaya, Kereta api Jakarta- Jogja juga akan dimulai dari Stasiun Senen. Nah stasiun yang dituju adalah stasiun Lempuyangan di kota Jogjakarta.Salah satu kereta ekonomi yang bisa dipilih adalah Progo dengan harga tiket berkisar Rp. 75.000 dengan waktu tempuh sekitar 8,5 jam.

Stasiun Lempuyangan (fopto: Tribun Jogja – Tribunnews.com)

Begitu tiba di Stasiun Lempuyangan Jogja, perjalanan akan dilanjutkan dengan kereta api menuju kota Banyuwangi. Pilih kereta Sri Tanjung karena kereta ini adalah kereta ekonomi yang melayani rute stasiun Lempuyangan – Banyuwangi Baru. Untuk Harga tiket normalnya berkisar Rp 100.000 dengan Waktu tempuh sekitar 14 jam.

2. PENYEBRANGAN BANYUWANGI – BALI

Stasiun Banyuwangi Baru tepat berada disebelah pelabuhan Ketapang banyuwangi. Jadi buat kalian yang ingin melanjutkan perjalanan ke Bali tinggal berjalan kaki dari stasiun kepelabuhan sekitar 5 menit saja. Lalu setibanya di stasiun Banyuwangi kita tinggal jalan kaki ke pelabuhan Ketapang Banyuwangi sekitar 5 menitan.

Pelabuhan Ketapang Banyuwangi (foto : banyuwangi bagus)

Sebenarnya ada 2 pilihan lagi menuju Denpasar bali dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Bali. Pertama kamu bisa langsung Naik bus rute Denpasar atau kamu memilih menyebrang sendiri ke pelabuhan Gili Manuk lalu naik Bus dari pelabuhan Gili Manuk. Tapi saran saya buat kalian yang suka petualangan mendingan kalian naik kapal penyebrangan sendiri terus naik Bus dari pelabuhan gili manuk ke Denpasar. Biaya penyebrangan untuk satu orang sekitar Rp 5.000 dengan waktu tempuh sekitar 45 menit saja.

Nah Setelah tiba di pelabuhan Gilimanuk Bali, perjalanan kemudian dilanjutkan dengan naik bus menuju Denpasar. Oh ya kalian harus jalan kaki sebentar menuju terminal gili manuk yang masih masuk kedalam area kompleks pelabuhan. Dari terminal Gili manuk ini kamu bisa naik bus menuju Denpasar. Busnya sendiri ada yang ac dan non ac jadi pilih yang non ac saja lebih murah yakni sekitar Rp 60.000 / orang dengan waktu tempuh sekitar 4 jam.

Pelabuhan Gilimanuk Bali (foto: indopiknik.wordpress.com)

Namun Jika kamu memilih naik bus dari ketapang maka pilih bus tujuan Bali yakni ke terminal Ubung Bali. Untuk hrga tiket bus dari Pelabuhan Ketapang ke Terminal Ubung adalah sekitar Rp 35.000 – Rp 60.000. Lama perjalananya sekitar tiga jam perjalanan termasuk penyeberangan Selat Bali via kapal feri. Tenang saja di pelabuhan Ketapang banyak bus yang melayani rute terminal Ubung. Nah dari terminal ubung Bali perjalanan dilanjutkan dengan bus atau kendaraan lainya menuju kota Denpasar.

Total Rincian Biaya ke Bali Vi Darat adalah :

Jakarta – Banyuwangi dengan Kereta : Rp 200.000
Banyuwangi Ketapang- Gilimanuk Bali : Rp 5000
Gilimanuk Pelabuhan – Denpasar : Rp 60.000

Totalnya adalah Rp 265.000

Dibandingkan dengan Pesawat harga Normal, Perjalanan menuju Bali via darat jauh lebih murah. Namun murahnya via darat sebanding dengan waktu yang dibutuhkan yakni sekitar 2 hari satu malam. Silahkan dipertimbangkan apakah lebih memilih jalur darat atau jalur pesawat dan semuanya tergantung pilihan kalian. Oh ya, Buat temen-temen yang masih bingung di Bali mau kemana saja, silahkan baca info ini : 7 Tempat Wisata Anti Mainstream di Bali

 

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata disemua daerah di Indonesia. ( Follow Instagram @emyebpj )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close