Home / Blog / City Tour & Landmark / Mau tetep Liburan di Musim Hujan, kunjungi 7 tempat keren Ini

Mau tetep Liburan di Musim Hujan, kunjungi 7 tempat keren Ini

Biasanya setiap bulan Desember-Februari merupakan musim hujan di beberapa kawasan di Indonesia dan salah satunya di Jakarta. Akhir tahun memang menjadi dilema tersendiri bagi mereka yang justru hanya punya cuti dibulan tersebut atau ingin menghabiskan cutinya di akhir tahun. Terkadang rencana liburan yang sudah dijadwalkan terancam dibatalkan karena faktor cuaca yang kurang mendukung perjalananya.

Nah mungkin 5 tempat ini bisa menjadi refrensi buat kalian yang tetep mau liburan meski dimusim penghujan.

1. Museum Angkut, Malang

Museum Angkut adalah museum yang menggabungkan sejarah dan hiburan akan tetapi, Museum Angkut sering disalah sebutkan sebagai Museum Angkot. Museum Angkut sendiri memiliki berbagai macam koleksi kendaraan-kendaraan dari zaman dahulu kala dan dari berbagai belahan Negara.

Foto by Sekilas Harga Terbaru

Selengkapnya : Museum Angkut, Malang

2. Taman Sari – Yogyakarta

Ke Jogja tak akan lengkap jika kamu belum berkunjung ke lokasi wisata yang diberi nama Taman Sari ini. Dengan tiket yang sangat terjangkau kamu bisa berkeliling melihat megahnya bangunan air bersejarah yang pernah dibuat oleh Raja pertama Kraton Kasultanan Yogyakarta. Saking megahnya kamu akan serasa dibawa ke kehidupan raja terdahulu.

foto : Primera Transport

Nah, karena begitu luasnya kompleks Taman Sari maka pihak pengelola memberikan sebuah brosur yang menjabarkan satu-persatu bangunan tersebut untuk memudahkan para wisatawan selama berkunjung. Yuk, langsung aja kita kulik seperti apa kemegahan Istana Air bersejarah tersebut.

Selengkapnya : Mengulik Kompleksnya Istana Air Taman Sari Yogyakarta

3. Museum Macan – Jakarta

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau biasa disingkat dengan Museum Macan ini resmi dibuka pada hari Jumat, 04 November 2017. Museum yang sudah mulai booming di media sosial karena konsepnya yang sangat Instagramable mulai menarik banyak pengunjung dari berbagai kalangan usia sehingga membuat museum ini tidak pernah sepi.

Taken by @febe_shinta

Selengkapnya : Menjelajahi Koleksi Museum Nusantara Di “Museum Macan”

4. Keraton Kasepuhan Cirebon – Cirebon

Keraton Kasepuhan adalah keraton termegah dan paling terawat di Cirebon. Makna di setiap sudut arsitektur keraton ini pun terkenal paling bersejarah. Halaman depan keraton ini dikelilingi tembok bata merah dan terdapat pendopo di dalamnya.

foto : aseantourism.travel

Keraton Kasepuhan adalah kerajaan islam tempat para pendiri cirebon bertahta, disinilah pusat pemerintahan Kasultanan Cirebon berdiri. Keraton ini memiliki museum yang cukup lengkap dan berisi benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Salah satu koleksi yaitu kereta Singa Barong yang merupakan kereta kencana Sunan Gunung Jati. Kereta tersebut saat ini tidak lagi dipergunakan dan hanya dikeluarkan pada tiap 1 Syawal untuk dimandikan (wikipedi).

Baca Liputan Trip BPJ ke Cirebon : Backpacker Jakarta One Day Trip Cirebon Part 3

5. Vihara Avalokitesvara Graha – Bintan

Vihara Avalokitesvara Graha adalah sebuah vihara yang sangat besar dan luas yang berada di Pulau Bintan atau tepat berada di Kota Tanjung Pinang Kepulauan Riau. Vihara ini merupakan salah satu daerah dengan komunitas warga keturunan Tionghoa terbanyak di Indonesia, komunitas ini hidup rukun dan damai dengan penduduk asli dan suku pendatang lainnya seperti Minang, Jawa, dll.

foto : tempat.co

Vihara ini disebut-sebut sebagai Vihara terbesar se-Asia Tenggara. Vihara ini dibangun oleh sebuah yayasan komunitas Tionghoa di Tanjung Pinang untuk dijadikan sebagai tempat memperdalam ilmu agama, berguru dan belajar para bhiksu, sangha, dan guru baik yang datang dari daerah lokal maupun dari luar negeri seperti Tiongkok, Singapura, dan Malaysia.

Selengkapya : Vihara Avalokitesvara Graha, Vihara Terbesar Di Asia Tenggara

6. Museum Batik Danar Hadi – Solo

Jalan-jalan ke Kota Solo tak lengkap rasanya tanpa berbelanja batik, karena kota Solo adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan Motif Batiknya. Tidak hanya berbelanja batik saja, namun di Kota Solo pun wisatawan bisa belajar mengenai sejarah perkembangan batik yang ada di Nusantara yaitu di Museum Batik Danar Hadi.

Foto by The Spirit of Java

Museum Batik Danar Hadi terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 261 Kota Surakarta tepatnya didalam kompleks nDalem Wuryaningrat, sebuah kompleks yang dulu merupakan tempat kediaman dari keluarga K.R.M.H. Wuryaningrat, menantu sekaligus Pepatih dalem dari Raja Kasunanan Surakarta saat itu yakni Pakoe Boewono ke X.

Selengkapnya : Jalan Jalan Sambil Menyusuri Sejarah Panjang Batik Di Museum Batik Danar Hadi, Solo

7. Masjid Raya KH Hasyim Asyari – Jakarta

Masjid Raya KH Hasyim Asyari adalah sebuah Masjid Raya kebanggan warga Ibu Kota Jakarta yang berada dikawasan Kalideres Jakarta Barat. Masjid Raya KH Hasyim Asyari memang baru saja dibangun dan diremsikan oleh Bapak presiden Joko Widodo pada 15 April 2017 lalu.

foto : @masjidrayajakarta

Masjid Raya KH Hasyim Asyari dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektar dengan luas bangunan sebesar 16.985,43 meter persegi ini berlokasi tak jauh dari Jalan Raya Daan Mogot. Masjid Raya KH Hasyim Asyari terlihat begitu megah dan besar mengingat masjid ini menjadi Masjid Utama warga Jakarta menggantikan masjid Itiqlal yang selama ini sering digunakan.

Selengkapnya : Wisata Religi ke Masjid Raya KH Hasyim Asyari Jakarta

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj
Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

7 Destinasi Wisata di Kalimantan Yang Wajib Anda Datangi

Pulau Kalimantan atau dikenal juga dengan Borneo, memiliki potensi wisata baik wisata alam maupun pantai. …