Kuliner

Kerang Rebus Medan, Si Kuliner Malam

Foto oleh: kulinerahasia.wordpress.com

Sumatera Utara selalu identik dengan Kota Medan, walau sebenarnya bukan cuma itu saja yang ada di sana. Kota ini adalah perpaduan dari banyak budaya yang menciptakan ciri khas sendiri, sehingga menjadi daerah yang kaya akan keberagaman termasuk dalam hal kuliner. Kota ini merupakan salah satu destinasi wisata kuliner unik yang wajib kamu kunjungi untuk memanjakan perut.

Masih dalam rangka membahas ragam kuliner Medan yang tak ada habisnya, ada seafood yang wajib anda cicipi saat berkunjung. Kerang rebus, makanan khas Sumatera Utara terutama disekitar daerah Tanjung Balai (Tanjung Bale). Ini merupakan salah satu kuliner malam yang bisa membuat anda ketagihan. Tidak hanya disukai anak-anak, orang dewasapun menggandrungi makanan tradisional ini. Di Kota Medan sendiri, warung kerang rebus ini sudah banyak tersebar.

Bagi anda yang tidak menyukai makanan manis, kerang rebus ini adalah pilihan yang pas. Sebenarnya sama saja seperti kerang rebus biasa,  sambalnyalah yang membedakan. Ini hanya ada di Medan, padahal bahan-bahan untuk pembuatan sambalnya tidak ada yang istimewa, yaitu perpaduan kacang dan nenas.

Foto oleh: youtube.com

Kerang rebus ini empuk, walau memang sedikit amis. Cangkang kerang yang sudah terbuka, menandangan cara masaknya pas dan benar. Anda bisa menikmatinya saat masih hangat, langsung setelah dimasak. Aroma sausnya akan menggugah selera. Anda bisa menambahkan cabai, jika memang saos tersebut dirasa masih kurang pedas.

Cara makannya yaitu saus diaduk hingga tercampur rata, kerang dibuka, dagingnya ditusuk garpu, lalu dicocol kesausnya. Begitu saja, tapi rasanya nikmat sampai membuat kamu ingin lagi dan lagi. Cita rasanya yang kenyal, gurih, manis, pedas, dan segar memang ngangenin. Jenis kerang yang digunakan adalah kerang batu, kerang hijau, kepah, atau kerang bulu. Mulai dari 15 ribu rupiah, anda sudah dapat mencicipi kuliner yang satu ini.

Foto oleh: travel.tribunnews.com
Sumber: blog.gogonesia.com, www.borukaro.com
Tags

Wina Zulfani

Anak manusia; yang dari kecilnya memilih menjadi Pramuka, dan sekarang tergabung menjadi Relawan. "yang penting gerak dulu, walau belum tau tujuan jalan" Yuk mampir di ig: @winazulfani

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *