Home / Editor Picks / 8 Spot Wisata Yang Wajib Kamu Datangi Saat Berlibur Di Nusa Penida

8 Spot Wisata Yang Wajib Kamu Datangi Saat Berlibur Di Nusa Penida

Nusa Penida. Pernah mendengar nama ini ? Jika belum, sepertinya kamu harus lebih banyak bergaul lagi dengan para backpacker dan travellers. Lantaran Nusa Penida merupakan sebuah pulau cantik yang masih dalam provinsi Bali.

Bahkan bisa dibilang Nusa Penida adalah surganya Bali yang tersembunyi. Karena memiliki banyak tempat wisata yang jauh lebih eksotis selain tempat wisata terkenal di Bali lainnya. Jadi, kalau kamu ke Bali, jangan cuma tau Pantai Kuta nya saja. Tapi, cobalah datangi 8 destinasi yang ada di pulau cantik ini, Nusa Penida !

1.Pantai Pasir Uug / Broken Beach

Pantai ini adalah salah satu pantai favorit bagi semua wisatawan yang datang ke Nusa Penida. Letaknya di desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida. Dan memiliki ciri khas berupa tebing-tebing yang menjorok ke laut. Dan asal kamu tau, pantai ini adalah pantai yang sangat alami karena tidak memiliki pura seperti Tanah Lot maupun Uluwatu.

Kamu akan menemukan sejuta ketenangan yang tiada duanya saat mengunjungi pantai yang satu ini. Sehingga cocok untuk dijadikan tempat pelepas stres dan penat. Selain itu, Pantai Pasir Uug memiliki air yang masih sangat biru jernih, serta merupakan kawasan perairan yang menjadi tempat tinggal ikan pari dan penyu, sehingga kamu bisa melihat ikan pari dan penyu yang berenang di air yang biru. Ditambah lagi langit biru dan awan putih yang membalut seakan menambah kesan tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya.

2.Pantai Atuh

Sumber foto : kintamani.co.id

Pantai Atuh juga menjadi salah satu pantai yang sangat tenang dan menyenangkan di Nusa Penida. So, buat kamu yang mencari ketenangan dan keindahan sekaligus, pantai ini cocok sekali untuk kamu kunjung saat berlibur ke Nusa Penida. Fyi, Pantai Atuh tepatnya terletak di kawasan Banjar Pelilit, Desa Pejukutan. Untuk mencapai lokasi Pantai Atuh, kamu diharuskan untuk menyusuri jalan setapak selama 50 menit dengan medan datar dan curam.

By the way, Pantai yang membentang luas sekitar 500 meter ini memiliki karakter pasir putih yang sangat indah dan air yang biru serta ombak yang tenang. Bagian ujung dari Pantai Atuh dibatasi oleh dua buah pulau yang sering disebut dengan nama Batu Abah. Di pulau tersebut ada sebuah pura yang digunakan untuk ibadah penduduk di kawasan Banjar Pelilit. Namun terkadang Pantai Atuh memiliki ombak yang cukup besar sehingga harus hati-hati jika ingin berenang.

3.Malibu Point

http://www.thenusapenida.com

Nah, kalau destinasi yang satu ini cocok untuk kamu yang suka menguji adrenalin. Terlebih jika kamu sudah menikmati Manta Point dan masih ingin berpetualang maka jangan lupa untuk masuk ke Malibu Point. Kawasan menyelam yang terkenal memiliki tingkat visibilitas yang sangat baik ini menjadi tujuan para wisatawan. Kawasan ini memiliki terumbu karang yang lebih banyak dan biota hiu biru yang sangat terkenal.

Dengan kedalaman sekitar 40 meter dari permukaan air maka kamu dapat menyelam dan bisa menikmati kawanan ikan hiu yang sudah terbiasa dengan manusia. Tentu saja ini akan memberikan pengalaman menyelam yang sangat berbeda dari biasanya.

4.Pantai Kelingking

Sumber Foto : pegipegi.com

Ini dia yang tidak pernah membosankan. Kelingking Beach. Sebuah pantai  yang ada di bawah dan tidak terlalu luas. Jurangnya  tinggi dan tidak ada akses jalan untuk turun ke bawah. Tapi kamu bisa menyaksikan pemandangan tebing paluang/karang dawa ini dari atas. Sangat memuaskan tentunya, karena susah cari pemandangan kayak gini di Indonesia. By the way, Pantai Kelingking terletak di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida.

5.Pulau Seribu, atau Raja Lima Nusa Penida

Sumber foto : google

Pulau Seribu ini berdekatan atau bisa dibilang satu jalur dengan Pantai Atuh kalau di akses melalui Banjar Pelilit. Tempat ini terdapat spot yang memungkinkan kamu melihat pemandangan yang sangat indah yaitu hamparan laut yang terdapat pulau-pulau kecil. Sama halnya dengan Pulau Seribu, Raja Ampat, Lombok. So, kamu tidak perlu jauh-jauh untuk melihat pulau seribu karena di Nusa Penida juga ada. Fyi, di lokasi ini sekarang dibuatkan rumah pohon, jadi kamu bisa melihat pemandangan lebih tinggi lagi.

6.Angel’s Billabong

sumber foto : https://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/0d/87/c2/2f/angel-s-billabong-by.jpg

Buat kamu yang sukanya berenang di kolam renang yang tenang dan nyaman, kamu wajib banget kunjungin tempat tersembunyi yang mengagumkan di Nusa Penida ini, Angel’s Billabong! Waah, cantik ya namanya. By the way, Angel’s itu berarti bidadari, dan Billabong berarti ujung dari sebuah sungai yang buntu. Jadi, Angel’s Billabong merupakan bidadarinya Pulau Nusa Penida. Sebuah tempat dengan laguna alam yang menakjubkan menghadap ke Samudera Hindia. Angel’s Billabong sendiri dinamakan oleh wisawatan asing yang menemukan tempat ini dan terpukau dengan pesona dan keindahannya.

7.Pura Puncak Mundi

Sumber foto : google

Pura Puncak Mundi adalah salah satu pura yang terletak pada 521 meter di atas permukaan laut. Pura ini memiliki bentuk yang sangat khas selain jalur masuk dengan medan yang cukup tajam dan berkelok. Pura ini termasuk salah satu pura yang paling tinggi di Nusa Penida. Jika Anda datang dari pelabuhan Nusa Penida maka cukup membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja. Bagian yang menarik dari pura ini adalah suhu yang sangat dingin dan suasana yang menyenangkan.

8. Pantai Andus

Sumber foto : google

Pantai Andus Nusa Penida sering disebut ‘Smoke Beach’. Tapi jangan salah artikan dulu, pantai ini bukan berarti pantai berasap, melainkan pantai ini memilik ombak yang besar yang menghantam tebing sehingga menyerupai asap. Dengan menunggu beberapa saat ombak tersebut akan menghantam tebing yang tinggi dan terhempas bisa mencapai ketinggian kurang lebih 10 meter. Deburan ombak itulah yang menjadi keunikan tersendiri Pantai Andus Nusa Penida.

Nah, itulah 8 destinasi yang wajib kamu kunjungi selagi berlibur ke Nusa Penida, Bali. Sebetulnya masih banyak lagi yang bisa kamu explore di Nusa Penida, tetapi dari sekian banyaknya spot menarik yang ada di Nusa Penida, 8 inilah yang sangat menarik perhatian penulis sehingga penulis merekomendasikan 8 spot ini untuk kamu kunjungi. Selamat berlibur :)

Referensi : http://www.gonusapenida.com/

About Rizky Amalia

Perkenalkan! Aku adalah salah satu dari tetesan benih yang jatuh ke Bumi. Perlahan menjelma menjadi seorang Accounting & Tax yang tersasar dijalur sastra dan sekarang tengah asik mengexplore indahnya Indonesia lewat goresan pena. Saat ini sedang mengejar target untuk bisa mendaki seluruh gunung di Tanah Air sebelum menikah. Serta sedang bermimpi menapaki gagahnya Carstensz Pyramid, titik tertinggi Tanah Air Indonesia. Aku cinta menulis. Sebagaimana menulis adalah caraku melukiskan pikiran, perasaaan, serta gairah jiwa. Dan tulisan-tulisan itulah yang akan menandakan bahwa aku pernah ada dan melintas di Bumi ini sampai aku menghilang menjadi setitik debu di birunya semesta.

Check Also

Mengintip Destinasi Terbaik Wisata Bawah Laut, Pulau Waigeo Raja Ampat

Pulau Waigeo adalah pulau terbesar dari empat pulau utama di Kepulauan Raja Ampat yang paling …