KulinerUncategorized

Kepiting Lunak? Ya, Kepiting Soka Khas Kalimantan Utara

Selain memiliki panorama alam yang mempesona, Propinsi Kalimantan Utara memiliki ragam kuliner yang sayang jika dilewatkan. Tepatnya di Tarakan, kita wajib mencicipi kuliner khas Kalimantan Utara yang bernama kepiting soka. Apa sih kepiting soka itu?

kepiting soka (foto : belikepitingsoka.wordpress.com)
kepiting soka (foto : belikepitingsoka.wordpress.com)
Sekilas tidak ada bedanya antara kepiting soka dengan kepiting yang dijual dipasaran. Yang beda adalah cara budidayanya. Soka sendiri kepanjangan dari soft karapas yang berarti cangkang yang lunak. Bibit kepiting dari alam liar dipelihara di kolam budidaya selama 21 – 25 hari hingga masuk fase ganti kulit. saat fase ganti kulit ini kepiting dipanen. Pemanenan ini harus dilakukan segera karena hanya dalam 2 jam cangkang kepiting akan mengeras.

Salah satu rumah makan yang menyediakan kuliner kepiting soka adalah Kedai Soka yang beralamat di Jl. Cendrawasih no.1 Karanganyar Pantai Tarakan, kalimantan Utara. Kedai ini sudah 15 tahun terkenal dengan menu Kaltara Fried Crab Soka atau KFC Soka. Seperti namanya. KFC Soka ini merupakan kuliner dari kepiting yang dibaluri tepung renyah. Cara membuatnya tidak sulit. Seluruh organ dalam kepiting dibuang agar bau amisnya hilang. Kepiting dibalut tepung dengan bumbu rahasia racikan.kemudian digoreng. KFC soka ini tambah lezat dengan adanya wijen dan cocolan sambal.

 

Simak video berikut ini tentang Kuliner Legendaris Kepiting Soka Kaltara,

 

Kepiting soka memiliki tekstur daging yang mudah dicerna. Selain mudah dimakan dan rendah lemak, kepiting soka juga tinggi protein,  sumber mineral dan vitamin. Hal inilah yang menyebabkan pemerintah setempat berupaya untuk mempromosikan kepiting soka sebagai oleh-oleh kuliner khas Kalimantan Utara. Cobain, Yuk!

 

Tags

Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist - www.nirmalamedia.com - maeshare.blogspot.com - Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia. IG @nirmalamedia - IG @kuliner.soloraya - IG @Maenequeen - IG @maya.nirmalasari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *