PantaiUncategorized

Inilah Pantai Jogan, Banyu Tibonya Yogyakarta

Pantai Jogan adalah sebuah pantai indah yang memiliki air terjun yang langsung jatuh ke laut dan lokasinya berada di kawasan pesisir pantai Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai Jogan ini memang sedikit berbeda dengan pantai pada umumnya karena keberadaan air terjun dan ribuan kepiting yang biasa bermunculan disekitar karang.

foto : @wahyuandhika22

Pantai Jogan sendiri berada diantara tebing-tebing tinggi, itu sebabnya mengapa Pantai Jogan terlihat tersembunyi dan jarang dikunjungi. Lokasi Pantai Jogan sebenarnya persis berada di sebelah barat Pantai Siung yakni pantai yang biasa digunakan untuk latihan para pemanjat tebing. Perlu waktu sekitar dua jam perjalanan via darat dari pusat kota Jogja. Nah kita tinggal arahkan saja maps menuju ke Pantai Siung. Sesampainya di Pos retribusi Pantai Siung, artinya Pantai Jogan sudah dekat karena posisinya hanya sekitar 400 meter dari pos tersebut.

foto : @wahyuamripratama

Keistimewaan Pantai Jogan sendiri memang ada pada air terjunya yang tepat berada disisi tebing. Sekilas hampir mirip dengan Banyu Tibo yang ada di Pacitan, nah Pantai Jogan ini disebut-sebut sebagai pantai Banyu tibonya Yogyakarta. Air terjun yang ada di Pantai Jogan ini berasal dari aliran dua sungai kecil yang ada di sisi kiri jalan saat kita akan masuk ke kawasan Pantai Jogan.

foto : @odikbanditos
foto : @cruillussio

Keunikan lainya dari Pantai Jogan adalah kita bisa melihat banyak anak kepiting bewarna kuning, abu-abu dan merah yang hampir memenuhi karang-karang disekitar pantai. Memang tidak sebanyak kepiting yang ada di Chritmas Island di Australia tapi setidaknya amat jarang dijumpai pantai yang dipenuhi oleh ribuan kepiting di Indonesia. Untuk melihat kepiting ini kita harus turun kebawah dekat dengan pantai menuruni bebatuan karang yang cukup licin.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 089507622003 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close