Goa

Keindahan Cahaya Surga dari Goa Jomblang Yogyakarta

Hai para pembaca, kali ini saya ingin merekomendasikan salah satu dari 10 Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan Ke Jogjakarta yaitu Goa Jomblang yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Yuk simak lebih lanjut!

Selain Wisata Goa Pindul , wisata menarik lainnya adalah Goa Jomblang. Atau sebutannya Luweng Jomblang yang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Goa ini adalah goa vertical yang mempunyai kedalaman +/-60meter. Dan juga sebuah lorong raksasa sepanjang 300 meter bahkan dihiasi ornamen goa seperti stalaktit dan stalakmit yang telah dibentuk selama ribuan tahun. Hal ini tentu menambah keindahan alam sekitar Goa Jomblang yang dapat menarik para wisatawan.

ig @mimeto
Foto: ig @mimeto

Keistimewaan dari goa ini adalah kalian dapat menikmati cahaya layaknya sinar dari surga. Yaitu sebuah momen pada saat sinar bias matahari menerobos lobang goa dan memancar terang di kegelapan goa. Nah, momen inilah yang sangat dinantikan oleh para pengunjung.

Waktu terbaik menikmati keindahan Goa Jomblang

Ada waktu yang tepat untuk mendapati momen cahaya surga yaitu pada pukul 10.00 hingga 12.00 WIB tetapi di dukung dengan cuaca yang cerah juga ya. Jam operasionalnya dibuka pada pukul 08.00 sampai 14.00 WIB.

www.scmedia.id
Foto: www.scmedia.id
visitheworld.tumblr.com (by Andrew JK Tan)
Foto: visitheworld.tumblr.com (by Andrew JK Tan)

Untuk merasakan sensasi Goa Jomblang, para pengunjung diwajibkan menggunakan peralatan khusus seperti sepatu bot, helm, dan perlengkapan keselamatan lainnya yang sudah disediakan oleh pemandu. Karena untuk memasuki Goa Jomblang harus menggunakan teknik khusus, yaitu Single Rope Technique (SRT). sebuah teknik yang digunakan untuk melintasi satu tali. Pastinya memacu adrenalin kalian banget. Hemmmm, patut banget dicoba nih!

Foto: Detik Travel
Foto: Detik Travel
www.travelisto.co.id .
Foto : www.travelisto.co.id
Punya cara yang Unik!

Selain itu ada juga cara yang unik disini, dimana kamu akan ditarik kembali keatas secara manual yaitu dengan kekuatan 20 sampai 30 orang warga setempat. Itu sebabnya hanya sekitar 80 orang dalam sehari yang bisa mengunjungi Goa Jomblang. Selain kagum dengan pemandangannya, kita juga takjub dengan tenaga warga setempat yang menarik tali kembali keatas.

travelinkmagz
Foto: travelinkmagz

Jika kalian ingin mendapatkan paket menggunakan jasa pemandu dan operator, siapkan budget sekitar Rp 450.000 sampai Rp 1.000.000 untuk menyewa jasa pemandu dan lengkap dengan peralatan khusus. Harga paket bervariasi dan bisa disesuaikan dengan fasilitas dan kelengkapan yang didapatkan.

garudacitizen
Foto: garudacitizen

Sekian dulu ulasan tentang wisata yang ada di Yogya, masih banyak lagi wisata menarik dari daerah lainnya. Semoga bisa menjumpai Goa Jomblang secara langsung untuk menikmati cahaya surga serta memacu adrenalin. Selamat berlibur dan jaga kesehatan!

Referensi:
https://indonesiaalamku.wordpress.com , https://blog.airpaz.com

Editor : @rizkyamalia
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *