PantaiSeputar Travelling

5 Pantai Eksotis di Yogyakarta yang Pesonanya Tiada Dua

Selain Bali, Yogyakarta menjadi tujuan wisata paling populer di Indonesia. Salah satu provinsi di Pulau Jawa ini menyimpan banyak potensi wisata, seperti wisata kuliner, wisata sejarah, hingga wisata pantai yang begitu memukau.

Yogyakarta yang berbatasan dengan Samudera Hindia memiliki puluhan pantai yang sangat sayang jika dilewatkan. Berkat keindahan alamnya inilah, banyak orang memilih menghabiskan waktu liburannya di Jogja. Nah, dari banyaknya pantai di Jogja, inilah 5 pantai dengan pemandangan eksotis yang wajib masuk itinerary.

Tapi tunggu dulu, sebelum membahas soal pantai eksotis di Jogja, bagi Anda yang berencana berkunjung ke kota pelajar, cari tiket pesawat ke Jogja di sini saja agar lebih mudah.

1. Pantai Drini

Jika Bali punya Pantai Tanah Lot, maka Jogja punya Pantai Drini yang wajib dikunjungi saat liburan. Sekilas, kedua pantai ini hampir mirip. Hanya saja, Pantai Drini tidak memiliki pura di atas karang besarnya. Meski begitu, panorama Pantai Drini tak kalah eksotis.

Berkunjung ke Pantai Drini, Anda akan disuguhi pemandangan pantai yang dikelilingi tebing besar. Selain itu, terdapat dua teluk dengan pasir berwarna cokelat dan birunya air laut.

2. Pantai Timang

Pantai eksotis selanjutnya adalah Pantai Timang yang terletak di Pedukuhan Danggolo, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Pantai yang dikelilingi tebing curam ini memiliki air yang berwarna biru jernih. Selain keindahannya, daya tarik dari pantai ini adalah gondola yang menggantung di atas laut lepas. Selain gondola, terdapat jembatan yang juga membentang di atas laut menuju tebing yang ada di tengah laut. Perpaduan dari keindahan alam dan wahana yang menguji adrenalin akan memberikan kesan tak terlupakan untuk liburan Anda.

3. Pantai Krakal

Pantai Krakal adalah salah satu pantai tersembunyi di Gunungkidul. Pantai Krakal memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya semakin istimewa. Jika melihat proses terbentuknya, Pantai Krakal awalnya adalah kawasan di dasar laut. Kemunculannya dipercaya karena adanya pergerakan kerak bumi yang menyebabkan naiknya lapisan bumi. Berkat proses inilah, Pantai Krakal memiliki garis pantai yang menawan.

Selain itu, ciri khas dari Pantai Krakal adalah hamparan pasir putihnya dan dua batu karang berukuran besar yang ada di kawasan tepi pantai. Menariknya lagi, batu karang di Pantai Krakal memiliki jalanan setapak yang dibuat khusus untuk akses wisatawan.

Pantai Krakal yang memiliki ombak cukup besar bisa jadi spot surfing yang menarik. Disamping itu, wisatawan juga bisa menikmati alam bawah laut dengan snorkeling. Pesona lain yang tak kalah memukau adalah pemandangan sunset di pantai ini.

4. Pantai Wediombo

Jika Anda belum pernah berkunjung ke Pantai Wediombo, maka sempatkan untuk mampir ke sana saat liburan di Jogja nanti. Sama seperti pantai-pantai lainnya, Pantai Wediombo memiliki panorama yang begitu menawan.

Pantai Wediombo memiliki daya tarik tersendiri di kalangan wisatawan, yakni dengan adanya kolam renang alami yang terbuat dari bebatuan karang. Anda bisa menikmati kesegaran air laut sekaligus menikmati eksotisme Pantai Wediombo dari kolam ini. Setelah puas bermain air, pengunjung bisa berwisata kuliner di sepanjang tepi pantai.

5. Pantai Jogan

Pantai Jogan wajib masuk itinerary jika Anda berencana liburan ke Jogja. Pasalnya pantai ini memiliki pemandangan yang begitu eksotis. Pantai Jogan yang diapit tebing-tebing tinggi khas pegununga kapur memiliki daya tarik tersendiri, yakni adanya air terjun yang mengalir dari tebing. Sekilas, keindahan alam Jogja ini mengingatkan pada McWay Beach Wateerfall di California.

Wisatawan yang ingin merasakan segarnya air terjun di Pantai Jogan harus turun ke bibir pantai dengan teknik rappeling atau menapaki turunan yang sedikit licin dan basah. Kendati demikian, jalur menuju bibir pantai sudah dilengkapi dengan kayu pegangan untuk mempermudah wisatawan.

Mengeksplor keindahan pantai Yogyakarta tidak cukup dengan waktu sehari saja. Sebab, ada begitu banyak pantai yang tak kalah menarik dari 5 pantai di atas. Tak peru risau untuk urusan transportasi, Anda yang datang ke Jogja via bandara bisa menggunakan Airport transfer jogja agar lebih nyaman.

Tags
Show More

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *