Liputan TripPulau

Backpacker Jakarta Explore Ujung Kulon Part 6

Taman Nasional Ujung Kulon memang memiliki panorama alam yang indah dan mempesona. Terkenal dengan pulau-pulaunya yang mempesona dan alami membuat kami selalu rindu untuk berkunjung ke sana. Untuk yang ke enam kalinya Backpacker Jakarta mengunjungi kawasan wisata Taman Nasional Ujung Kulon dengan tujuan obyek wisata antara lain Pulau Peucang, Savana Cidaon, Kano di Sungai Cigenter, Pulau Oar dan Pulau Badul. Berikut ini cerita singkat dari perjalanan kami komunitas Backpacker Jakarta Explore Ujung Kulon Part.6

_20160824_065638

Perjalanan dimulai dengan keberangkatan pada hari Jumat, tanggal 19 Agustus 2016. Kali ini dengan sharecost Rp. 395.000,-/orang dan dikawal CP seperti Kak Ninuk, Bang Tole dan Agha. Mepo kita tetapkan di Sekretariat BPJ di Cawang dan sebagian lagi di Slipi Jaya. Waktu keberangkatan kami sempat tertunda karena hujan yang begitu deras mengguyur Kota Jakarta. Pukul 22.00 WIB kami mulai berangkat dari Sekretariat BPJ dan menjemput sebagian tim yang ada di Slipi Jaya kemudian melanjutkan perjalanan kembali, namun sempat berhenti di Serang untuk menjemput satu orang member. Perjalanan yang semula dijadwalkan tiba pada pukul 05.00 WIB ternyata lebih cepat dari perkiraan kami, dimana sekitar pukul 04.00 WIB kami sudah sampai di Desa Sumur, dan memutuskan untuk beristirahat sejenak sambil menunggu penyeberangan ke destinasi pertama yaitu Pulau Peucang.

PhotoGrid_1472006150305

Pada pukul 08.00 WIB, kami berangkat menuju Pulau Peucang. Dikapal kami sempat sarapan nasi uduk terlebih dahulu biar tidak masuk angin selama dalam perjalanan nantinya. Waktu tempuh ke Pulau pertama, Pulau Peucang, lumayan jauh. Ombak yang memecah air laut yang biru dan bukit yang hijau, menemani kami sepanjang perjalanan. Pukul 12.00 WIB, kami tiba di Pulau Peucang yang sangat eksotis. Pemandangan laut yang biru, pasir putihnya yang lembut dan ombaknya yang tenang membuat kami betah berlama-lama di sini.

Ada yang berkeliling pantai untuk berfoto-foto, bermain air di bibir pantai, snorkling menikmati keindahan bawah lautnya dan ada juga yang berkeliling masuk ke hutan yang ada di pulau ini. Setelah itu kami memutuskan kembali ke kapal untuk makan siang dan melanjutkan perjalanan ke Savana Cidaon yang letaknya berdekatan dengan Pulau Peucang. Di savana ini kita bisa menjumpai sekumpulan populasi Banteng yang dilindungi dibawah pengawasan Pusat TNUK.

PhotoGrid_1472005647165

Menjelang sore hari, kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan kembali guna menuju ke destinasi selanjutnya yaitu Pulau Handeleum. Di pulau ini kami menginap dan mendirikan tenda. Malam harinya kami memasak untuk makan malam dan dilanjutkan dengan “Ngeriung” kalau kata CP, yang artinya perkenalan para member dan briefing untuk acara besok paginya. Pukul 06.00 WIB kami bangun dan memasak untuk sarapan pagi, lalu sekalian membongkar tenda. Pukul 08.00 WIB kami melanjutkan perjalanan ke Sungai Cigenter untuk bermain kano dengan tambahan biaya Rp. 50.000,-/orang, namun sebagian dari kami ada yang tidak ikut dan menunggu di kapal menikmati birunya laut dan ber selfie ria.

PhotoGrid_1472005358133

Perjalanan dilanjutkan kembali untuk snorkling di dua pulau berikutnya yaitu Pulau Oar dan Pulau Badul. Pulau Badul adalah pulau kecil yang letaknya ditengah-tengah laut dengan pemandangan air lautnya yang didominasi oleh warna biru dan hijau tosca dengan pasirnya yang putih dan lembut. Di Pulau ini kami berenang dan snorkling serta berfoto-foto dengan pemandangan yang sangat indah dan menawan. Tak hanya di sini, pulau berikutnya tak kalah cantik dan eksotiknya, namanya Pulau Oar.

Untuk sampai ke pulau tersebut, kami berenang dari kapal menuju bibir pantai. Setelah puas snorkling dan berfoto-foto kami kembali ke kapal dan menuju ke Desa Sumur untuk persiapan kembali ke Jakarta. Berberes segala peralatan dan perlengkapan trip, mandi, makan, dan setelah semuanya selesai dan siap, tepat pada pukul 17.00 WIB kami berangkat pulang menuju ke Jakarta.

Perjalanan cukup lancar karena pada hari Minggu dan kebetulan bebas macet. Tepat pukul 23.30 WIB kami akhirnya sampai di Sekretariat BPJ. Perjalanan yang cukup jauh tapi sangat seru dan berkesan bagi kami semua. Tidak hanya pengalaman trip yang kami dapat, namun kebersamaan dan kekompakan kami itu yang lebih berkesan. Hal ini karena dengan trip ini kita mendapat teman, sahabat dan saudara baru di Backpacker Jakarta.

Berikut Testimoni dari Beberapa Peserta Trip Backpacker Jakarta Ujung Kulon Part.6

_20160824_130325

Nama : Febry/BPJ14

Testimoni :”Indonesia di lihat dari atas maupun bawah selalu mempesona, cintai dan jagalah tanah air kita selalu”

_20160824_130302

Nama : Dephe/BPJ 12

Testimoni :”Setahun menjadi Member BPJ, awalnya tak kenal tapi akhirnya kita menjadi akrab, thanks for the joy with you”

 

_20160824_130238

Nama : Erwin/BPJ 10

Testimoni :” Tantangan buat aku yang tidak bisa berenang saat harus mencapai Pulau Badul dengan berenang dari kapal ke pinggir pulau, pada akhirnya semua terbayarkan dengan keindahan Pulau ini

See You Next Trip Guys…

Editor : DimasGalih.Tourism

Tags

Related Articles

1 thought on “Backpacker Jakarta Explore Ujung Kulon Part 6”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *