PantaiPulau

Pesona Keindahan Negeri Serumpun Sebalai

Destinasi Cantik Yang Perlu Kamu Tahu di Bangka

Serumpun Sebalai merupakan semboyan dari Kepulauan Bangka Belitung. Serumpun Sebalai melambangkan kekayaan alam dan masyarakat provinsi ini yang menjadi satu dalam komunitas untuk mewujudkan kehidupan yang sejahtera, adil dan makmur. Seperti kita tahu, Pulau Bangka dan Belitung atau di singkat Babel merupakan salah satu provinsi penghasil tambang timah terbesar di Indonesia. Terlepas dari itu semua, kepulauan ini memiliki keindahan alam yang menjadi destinasi wisatawan dan menjadi sumber penghasilan baru bagi masyarakatnya.

Di artikel sebelumnya sudah di bahas mengenai beberapa tempat atau wisata favorit yang ada di pulau Belitung, kali ini penulis akan memperkenalkan beberapa tempat yang wajib kalian kunjungi saat berada di Bangka. Sebelumnya, jika kalian ada rencana berlibur ke Belitung ada alternatif kalian bisa terlebih dahulu mampir ke pulau Bangka dengan naik penerbangan ke Pangkal Pinang selanjutnya menuju ke Belitung dengan menyebrang menggunakan kapal express di pelabuhan Pangkal Balam menuju ke Tanjung Pandan, Belitung.

Beberapa tempat yang wajib di kunjungi saat berada di pulau Bangka yang bisa kalian list di itinery kalian antara lain sebagai berikut.

Jembatan Emas

Ikon wisata ini masih tergolong baru di Bangka. Jembatan Emas ini memiliki panjang 700 meter dan memiliki sistem buka tutup. Jembatan ini baru di resmikan tahun 2017 lalu dan menjadi penghubung kota Pangkal Pinang dan kabupaten Bangka. Saat malam hari jembatan ini terlihat sangat indah dengan lampu yang menyinarinya, sangat pas buat yang hobi fotografi.

Dokumentasi. ExploreBangka

Danau Kaolin Air Bara

Jika di Belitung ada danau kaolin, Bangka juga punya danau biru Kaolin. Danau kaolin ini terletak di Jl. Raya Gadung, Ranggas, Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan. Kubangan danau ini terbentuk karena bekas aktivitas penambangan. Untuk menuju ke lokasi ini dari pusat kota Pangkal Pinang menempuh perjalanan 1 jam lebih dengan menggunakan kendaraan pribadi. Masuknya pun hanya perlu membayar tiket parkir saja.

Museum Timah 

Terletak di Jl.Ahmad Yani kota Pangkal Pinang kalian bisa melihat museum ini. Museum ini sekaligus menjadi satu satunya museum timah yang ada si Indonesia dan menjadi cagar budaya pulau Bangka. Di museum ini kita akan banyak belajar mengenai sejarah pertambangan timah di kepulauan Bangka Belitung sampai cara pengolahannya dari modern sampai tradisional.

Dokumentasi. BangkaTour

Rumah Jendela 

Rumah ini sebenarnya milik dari Bapak Roy yang kemudian di sulap sedemikian rupa menjadi tempat yang instagramable banget. Rumah ini terletak tak jauh dari alun alun kota Pangkal Pinang. Desain dari rumah ini memiliki banyak jendela dengan ukuran yang berbeda beda dengan warna cat yang beragam, sangat cocok banget buat teman teman yang suka dengan foto kekinian.

Dokumentasi. Detiktravel.com

Pantai Matras

Bangka juga terkenal dengan keindahan pantai pantai nya. Dari pusat kota Pangkal Pinang kalian bisa pergi ke arah sungailiat dan disini banyak di jumpai deretan pantai yang menawan. Salah satunya adalah pantai Matras ini. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir putih nya dan ombak yang tenang. Sehingga sangat cocok untuk berenang atau sekedar bermain air di tepi pantainya.

Pantai Tanjung Kelayang 

Tak hanya di belitung, bangka juga memiliki pantai dengan nama yang sama. Pantai ini masih satu jalur dengan pantai matras yakni di sepanjang sungai liat. Pantai tanjung kelayang memiliki pemandangan pasir putih dan air nya yang jernih serta di pinggir pantai nya di dominasi dengan batu batu granit besar.

Pantai Turun Aban 

Bersebelahan dengan pantai tanjung kelayang, view pantai ini hampir sama dengan pantai tetangganya. Di dominasi batu granit besar yang mengapit di antara pantainya. Berasa seperti di pantai tanjung tinggi belitung.

Pantai Tongaci 

Dari namanya seperti bahasa cina. Yah, memang pengurus dari pantai ini adalah orang cina. Tak heran jika di dalam lokasi banyak kita jumpai dekorasi khas cina seperti lampion, pohon sakura dan juga terdapat miniatur tentara cina serta gallery yang menjual barang barang khas cina. Di pantai ini juga terdapat penangkaran penyu guys.

View Pantai Tongaci

Pantai Rambak 

Masih di daerah sungai liat, pantai rambak berdekatan dengan pantai tikus emas. Di dominasi dengan pasir putih dan air laut yang jernih berwarna kebiruan menjadi ciri khas pantai ini. Di tambah batuan granit yang beragam bentuknya .

Pantai Tikus Emas 

Di pantai ini memiliki patung tikus raksasa berwarna kuning emas. Di namakan pantai tikus bukan berarti di pantai ini banyak tikus, melainkan banyak jalan tikus untuk menuju pantai ini. Tak jauh dari pintu masuk terdapat danau kecil buatan dengan ikon tulisan tikus emas yang menjadi spot keren untuk berfoto. Pantai tikus emas juga memiliki beberapa batuan granit raksasa di pinggiran pantainya seperti kebanyakan pantai yang ada di bangka belitung.

Vihara Puri Tri Agung 

Letak vihara ini tak jauh dari lokasi pantai tikus. Masyarakat sering mengenal vihara ini dengan sebutan kuil shaolin, karena memang waktu itu sempat terdengar kabar bahwa akan di datangkan para biksu shaolin ke vihara ini. Dari atas vihara dapat kita lihat pemandangan laut yang biru, karena memang letak vihara ini berada di atas bukit.

Dari beberapa tempat tersebut bisa di jadikan destinasi saat sedang berada di pulau bangka. Kebanyakan para wisatawan sebelum ke belitung mereka memilih penerbangan ke Pangkal Pinang terlebih dahulu sebelum di lanjutkan ke Belitung. Untuk ke belitung sendiri ada dua alternatif transportasi dari pulau bangka, yakni lewat jalur udara dan laut. Untuk perjalanan dari laut kalian bisa ke pelabuhan pangkal balam bangka dan naik kapal express bahari menuju belitung dengan keberangkatan setiap hari senin, selasa dan jumat setiap jam 1 siang.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai keindahan wisata yang ada di pulau bangka. Semoga bermanfaat yah buat para traveller semua.

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close