Tips Travelling

Pulang Traveling Sepatu Kotor? Ini Cara Mencuci Sepatu yang Benar

5 Cara Mudah Mencuci Sepatu yang Bisa Diikuti

Sebagai salah satu pembungkus bagian kaki, sepatu seringkali mudah terkena debu dan kotoran. Hal ini membuat Anda harus mencucinya hingga bersih. Terdapat beberapa tips mencuci sepatu yang bisa Anda coba. Setiap langkahnya penting dilakukan guna menjaga sepatu agar terhindar dari kerusakan. Yuk simak ulasan lengkapnya!

Foto : pexels-zain-ali-1027130

Cara Cuci Sepatu di Rumah Agar Tidak Rusak

Untuk bisa menjaga sepatu agar tidak mudah rusak, maka harus dicuci secara benar. Sepatu yang bersih akan membuat kaki Anda terhindar dari bakteri yang bisa mendatangkan aroma bau. Berikut adalah cara mencuci sepatu yang benar.

1.    Membersihkan Secara Tepat Sesuai Bahan Sepatu

Pertama-tama, sepatu memiliki bahan yang beragam. Otomatis, cara mencucinya pun berbeda-beda. Setiap jenis sepatu memiliki metode perawatan yang berbeda, menyesuaikan dengan jenis bahan hingga warna yang dimiliki. Misalnya, cara mencuci sepatu putih akan berbeda dengan cara mencuci sepatu hitam. Pastikan untuk bisa menyesuaikan sepatu yang dimiliki.

a.    Bahan Nilon

Untuk mencuci sepatu berbahan nilon, Anda bisa menggunakan bahan cuka dan baking soda. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu aplikasikan pada sepatu dengan cara disikat. Anda bisa menggunakan jenis sikat gigi yang tidak terpakai, sehingga bagian yang tidak mudah dijangkau pun bisa dibersihkan.

Setelah proses penyikatan selesai, Anda harus mendiamkannya kurang lebih 15 menit. Selanjutnya, lap dengan kain halus berupa handuk. Agar mudah kering, Anda bisa menjemurnya di area udara terbuka.

b.    Kulit Sintetis

Selanjutnya, untuk jenis sepatu berbahan kulit sintetis, Anda bisa menggunakan deterjen lembut. Campurkan deterjen tersebut dengan air hangat secukupnya. Selanjutnya, masukkan handuk halus pada cairan tersebut, lalu peras. Lap sepatu dengan menggunakan handuk yang diperas.

Jika sudah selesai mengelap sepatu yang kotor, Anda bisa menggunakan handuk lainnya untuk melakukan lap kedua. Jika selesai, Anda bisa mengeringkan sepatu dengan udara yang terbuka.

c.    Rajut

Tips mencuci sepatu untuk berbahan rajut bisa dilakukan dengan menggunakan sabun batang. Jenis sabun ini serupa dengan sabun yang banyak digunakan untuk mandi. Caranya, rendam handuk pada air dingin yang telah diberi sabun batang. Selanjutnya, peras handuk tersebut dan gosokkan pada area sepatu yang kotor.

Proses pengelapan bisa dilakukan berulang-ulang hingga sepatu menjadi bersih. Selanjutnya, untuk mempercepat proses pengeringan, Anda bisa menggunakan sepoian angin, dengan diangin-anginkan.

d.    Kanvas

Selanjutnya, cara mencuci sepatu agar tidak rusak untuk bahan kanvas bisa menggunakan baking soda dan air hangat. Campurkan kedua bahan tersebut hingga terlihat seperti pasta. Aplikasikan dengan menggunakan sikat gigi. Diamkan sepatu hingga mengering.

Selanjutnya, rendam handuk lembut ke dalam sisa campuran air dan baking soda. usapkan handuk pada area sepatu hingga bersih. Jika sudah, Anda bisa mengeringkannya kembali dengan udara di sekitar.

2.    Mencuci Bagian Tali Sepatu Secara Tepat

Untuk Anda yang memiliki sepatu bertali, maka bagian ini pun harus dicuci hingga bersih. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan bahan deterjen dan air. Pertama-tama, lepaskan terlebih dahulu, bagian tali sepatu. Selanjutnya, gunakan air mengalir untuk membasahi tali sepatu.

Aplikasikan deterjen pada tali sepatu. Anda bisa menggosok-gosoknya hingga bersih. Selanjutnya, Anda juga bisa merendam tali sepatu pada air deterjen selama beberapa menit. Bilas hingga bersih dengan menggunakan air mengalir. Kemudian gantungkan di area terbuka untuk mengeringkannya.

3.    Mencuci Bagian dalam Sepatu

Selain itu, perhatikan pula bagian dalam sepatu. Untuk membersihkan bagian dalam sepatu, Anda bisa menggunakan deterjen lembut dan air hangat. Caranya, dengan mencampurkan kedua bahan tersebut. Kemudian, aplikasikan pada bagian dalam sepatu dengan menggunakan sikat.

Setelah disikat, usaplah dengan menggunakan lap berupa handuk. Selain itu, Anda juga bisa menyemprotkan desinfektan untuk menghilangkan bakteri yang menempel. Banyak jenis desinfektan yang bisa dipilih, mulai dari alkohol, chloroxylenol, dan semacamnya.

4.    Menghindari Penjemuran di Bawah Matahari Secara Langsung

Tips lainnya yang harus diperhatikan yakni menghindari proses pengeringan di bawah matahari langsung. Sinar matahari memang bisa mempercepat pengeringan sepatu. Namun, tanpa disadari, warna sepatu perlahan mengalami perubahan, bahkan memudar.

Maka dari itu, Anda lebih baik menjemur sepatu di area yang sejuk saja tanpa paparan matahari langsung. Mungkin akan memakan waktu yang lebih lama, tapi kualitas sepatu bisa dipertahankan.

5.    Menerapkan Metode Cuci Kering

Selain cara di atas, Anda juga bisa menerapkan metode yang unik yakni cuci kering. Metode yang satu ini memungkinkan Anda untuk tidak menjemur sepatu di bawah terik matahari langsung. Caranya pun mudah dilakukan.

Pertama-tama, lepaskan tali sepatu, jika dilengkapi dengan tali. Bersihkan dari bagian sepatu yang terkotor. Umumnya, bagian terkotor adalah bagian bawah sepatu. Anda bisa mengusapnya dengan alat pembersih yang tersedia. Jika sudah, dilanjutkan pada bagian sol sepatu, gunakan lap untuk membersihkannya.

Untuk membersihkan bagian dalam sepatu, Anda bisa menyemprotkan disinfektan. Selain itu, untuk menghilangkan bau yang menempel, bisa menggunakan parfum dengan aroma sesuai selera.

Setiap jenis sepatu memiliki perbedaan yang mendasar, baik dari segi mencuci, hingga penggunaannya. Misalnya, sepatu Compass yang bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari serta kegiatan semi formal. Berbahan kulit sapi alami yang membuat sepatu tampak lebih kokoh dan awet. Tersedia dalam berbagai ukuran yakni 36 hingga 45.

Anda bisa mendapatkannya secara mudah via online, salah satunya melalui Blibli.com. Nikmati berbagai layanan menarik di Blibli seperti promo menarik hingga diskon. Anda bisa memilih pengiriman, mulai dari dua hari sampai hingga beberapa hari.

Nah, itulah sekilas informasi terkait tips mencuci sepatu. Pastikan untuk menerapkannya secara tepat. Perawatan yang tepat akan membuat sepatu Anda lebih awet digunakan. Maka dari itu, hal ini patut untuk Anda perhatikan sebaik mungkin.

Tags
Show More

Maya Nirmala Sari

Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *