Alam & Taman

Bukit kapur Arosbaya, wisata Unggulan di Bangkalan Madura

Bukit Kapur Arosbaya adalah sebuah kawasan wisata yang terbentuk dari bekas sisa galian dan kerukan penambang batu kapur dan tanah liat yang dilakukan oleh warga setempat. Bukit kapur Arosbaya memang masih tergolong destinasi wisata baru di Kabupaten Bangkalan Pulau Madura Jawa Timur. Bukit kapur Arosbaya Mulai populer sekitar tahun 2015 setelah ada beberapa selebgram yang memposting tempat keren ini.

Awalnya memang tak ada yang menyangka jika bekas tambangdan galian ini bisa menjadi objek wisata terlebih bagi masyarakat disekitar lokasi. Namun Bukit kapur Arosbaya semakin hits setelah banyak media mulai ikut meliput dan bahkan Bukit kapur Arosbaya ini juga beberapa kali dijadikan sebagai lokasi syuting. kepopuleran Bukit kapur Arosbaya semakin ngehits terlebih dikalangan warga Madura, Surabaya bahkan dari luar Jawa Timur yang sengaja datang untuk melihat keindahan Bukit kapur Arosbaya.

foto : @emyebpj

Bukit kapur Arosbaya atau bisa disebut dengan Bukit Pelalangan ini terletak di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan Provinsi Jawa Timur. Buat kalian yang ingin ke Bukit kapur Arosbaya, aksesnya terbilang cukup mudah. Pertama kalian harus datang ke kota Bangkalan terlebih dahulu. Nah begitu tiba di Kota Bangkalan, lanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Arosbaya. Karena lokasi Bukit kapur Arosbaya ini bersebelahan dengan objek wisata religi yang cukup terkenal yakni makam para Raja Bangkalan “Air Mata Ibu”, maka arahkan kendaraan menuju lokasi Air mata Ibu.

Untuk Menuju kawasan wisata religi Air Mata Ibu kalian tak perlu khwatir karena jalanya dan aksesnya sangat mudah. Banyak papan petunjuk yang mengarahkan kita sampai dilokasi. Begitu kita tiba diparkiran Air mata Ibu, kita ambil jalan yang ada disebelah kanan parkiran. Nah jalan itulah yang akan membawa kita menuju Bukit kapur Arosbaya. Dari lokasi parkiran tak terlalu jauh, hanya dibutuhkan 10 menit perjalanan dengan berjalan kaki.

Bersama Backpacker Jakarta Eksplore Madura part #4

Atau yang ingin membawa langsung kendaraan mobil pribadi atau motor kelokasi Bukit kapur Arosbaya juga bisa.Dari lokasi parkiran air mata ibu kalian lanjutkan perjalanan menuju Bukit kapur Arosbaya. Parkiranya sendiri lumayan luas dan biaya parkirnya murah. Untuk motor dikenakan parkir Rp 5000 dan Mobil Rp 10.000. Sementara harga tiket masuk tiap pegunjung dikenakan biaya Rp 5000 saja.

Tak perlu khawatir kelaparan karena banyak warung yang sudah berjualan disekitar Bukit kapur Arosbaya. Pemandangan disekitar kawasan Bukit kapur Arosbaya juga sangat menggumkan. Pahatan bekas galian terlihat hampir disemua kawasan. Setiap sudut-sudut ada bekas goa-goa yang sudah digali. Perbukitan bekas sisa galian-galian inilah yang terlihat sangat unik dan instagramable sekali bila diupload ke media sosial.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close