Alam & TamanBlog

Warna-Warni Sapo Juma, Tongging

Foto oleh: deskgram.org

Sumatera Utara selalu punya tempat yang indah untuk dilihat dan dikunjungi. Salah satu spot foto terbarunya bernama Sapo Juma. Berada di Tongging tak jauh dari lokasi Air Terjun Sipiso-Piso. Sapo Juma merupakan sebuah villa yang menghadap langsung ke Danau Toba dan di sekelilingnya terdapat taman bunga yang dirawat cukup baik oleh sang pemilik. Belakangan, lokasi ini kian hits. Menonjolkan spot foto diantara bunga-bunga yang tertata rapi dan indah.

Sapo Juma juga didukung berbagai fasilitas, salah satunya yaitu adanya tempat yang bisa digunakan untuk camping. Bagi para penikmat alam, ini adalah salah satu fasilitas yang menarik. Selain itu, juga terdapai thoilet, tempat ibadah, dan sebagainya.

Foto oleh: pictaram.com

Bila anda melalui Siantar – Merek, ada 3 jalan menuju tempat ini.

  • Jalur Pertama yaitu masuk dari gerbang retribusi. Kemudian setelahnya akan ada 3 simpang, lalu anda harus pilih jalur yang ke kanan menuju Sapo Juma. Jalannya memang agak rusak.
  • Jalur kedua via jalur menuju Bukit Gajah Bobok.
  • Sedangkan jalur ketiga yaitu via Jln lintas Merek-Sidikalang. Jika search lokasi memakai Google Map, anda akan diarahkan melalui jalur ketiga ini.
Setibanya di lokasi, anda harus membayar retribusi sebesar 20 ribu per motor. Setelah itu, anda bisa masuk dan bebas berselfie disana tampa perlu menginap. Luasnya hamparan rumput di halaman villa, bisa menjadi tempat bermain yang riang bagi anak-anak. Berbagai jenis bunga dengan warna ceria bisa menjadi obat mujarab untuk menghilangkan jenuh bagi siapapun yang datang.
.
Meski jalan menuju tempat ini belum terbilang mulus, namun panorama yang didapat sangat setimpal. Yang menjadi catatan adalah tetap harus menjaga keindahan tempat ini dengan tidak menginjak bunga, memetik ataupun buang sampah sembarangan. Disediakan pula jalan setapak bagi pengunjung yang ingin menikmati bunga-bunga dalam jarak dekat tanpa merusak tanaman. Agar wisata anda nyaman, jangan lupa tanyakan pada pengelola bagian mana saja yang boleh dilewati atau diduduki untuk berfoto.
.
Tidak perlu bingung untuk mencari tempat makan. Kafe di Sapo Juma bahkan menyediakan makanan dari bahan organik yang dijamin sehat. Sapo Juma buka setiap harinya selama 24 jam, sehingga anda bisa dengan leluasa datang ke sini. Tentunya tetap disarankan untuk datang saat siang atau sore hari, karena warna-warni bunga akan terlihat indah.
Foto oleh: indonesia-tourism.com
Sumber: www.medanwisata.com, travelingyuk.com
Tags

Wina Zulfani

Anak manusia; yang dari kecilnya memilih menjadi Pramuka. "Bagaimana bisa aku merangkai bahagia, jika hari-hariku tak ku habiskan untuk membantu" Yuk mampir di ig: @winazulfani

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *