Museum & SejarahUncategorized

Bertatap muka dengan Manusia Purba di Museum Sangiran

‘Bertatap muka’ dengan manusia purba? Memangnya bisa? Tentu saja!

Kita semua pasti sudah pernah mendengar nama Pithecanthropus Erectus, kan? Yup betul sekali, itu adalahnama salah satu spesies manusia purba dalam taxon Homo Erectus. Hebatnya, di Indonesialah lokasi penemuan rahang bawah dari spesies manusia purba tersebut, yakni di Situs Purbakala Sangiran.

museum sangirang

Traveling sambil belajar sejarah? Why not?! Museum Purbakala Sangiran dan situs arkeologinya yang terletak di Desa Krililan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi kalian yang masih penasaran bagaimana sih perwujudan manusia purba itu..? Hanya dengan membeli tiket Rp.5000 dan Rp.11.500 untuk wisatawan asing, kita bisa memperoleh informasi lengkap tentang pola kehidupan manusia purba di Jawa.

Situs arkeologi yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO ini memiliki luas mencapai 56 kmĀ². Ketika memasuki wilayah ini, kalian akan disambut oleh gapura yang berbentuk unik dan juga patung raksasa Homo Erectus yang memiliki tinggi 3,40 meter berdiri kokoh di area parkir museum, yang biasa dijadikan sasaran jeprat-jepret pengunjung yang datang.

sangiran

Di dalam area museum, kita dapat melihat fosil-fosil dari manusia purba (replika), binatang purba, binatang laut dan air tawar, dan juga artefak batu seperti; kapak persegi dan kapak perimbas-penetak. Selain ruang-ruang yang memamerkan fosil, di museum ini terdapat ruang Audio Visual yang digunakan untuk pemutaran film kisah kehidupan manusia prasejarah. Menarik bukan?

Setelah berkeliling di area museum, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi toko-toko cinderamata yang berada dekat area parkir museum. Di sini para penjual menjajakan oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang, seperti kaos, kalung dan gantungan kunci batu berbentuk gading dan kepala manusia purba. So… Yuk! Perluas wawasan kita sambil traveling kece ke Museum Sangiran!

Source: wikipedia.com

Tags

Hilal Guswati

Seorang pengagum alam yang gemar membebaskan imajinasinya berceloteh ria || Explorer || Self-taught Writer || I'm a member of Backpacker Jakarta's Fantastic Four! #BPJ4

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *