Seni & Budaya

Kampung Batik Kauman Solo

Pasti kalian warga Indonesia udah ngga heran dong sama yang namanya BATIK. Ya, batik merupakan kain tradisional yang hanya berasal di negara kita sendiri yaitu di Indonesia. Dari belahan dunia manapun kalian ngga akan menemukan kain khas tradisional yaitu batik selain di Indonesia. Selain nyaman dipakai, tentunya jika dilihat saja pun kain batik ada berpuluh macam motif bahkan ratusan motif batik selalu berbeda yang begitu indah dilihatnya.

 

sumber : therongbinaproject
sumber : therongbinaproject

Nah, di Indonesia ada nih salah satu kota di Solo bisa berburu kain batik sekaligus kita bisa berwisata bahkan bisa belajar sedikit membuat batik, yaitu Kampung Wisata Batik Kauman. Dimana sih letaknya? Letak kampung Batik Kauman ada di Jln. Trisula, Kauman, Timur ; Jln. Yos Sudarso Nonongan, Solo, Jawa Tengah.

Sumber : afrinaldi zulhen
Sumber : afrinaldi zulhen

Seluruhnya ada 67 Batik dan Craft Showroom, begitu peta itu menyebutnya, di kawasan Kampung Batik Kauman. Pada peta itu disebutkan nama toko, lengkap dengan nomor teleponnya. Ada 14 toko Modiste & Fashion, 28 tempat kuliner, dan 32 buah toko lainnya. Kampung yang memiliki langganan dari para pembeli yang sudah terjalin secara turun temurun dan wisatawan mancanegara (Jepang, Eropa, Asia Tenggara dan Amerika Serikat). Keunikan yang ditawarkan kepada para wisatawan adalah kemudahan transaksi sambil melihat-lihat rumah produksi tempat berlangsungnya kegiatan membatik. Artinya, pengunjung memiliki kesempatan luas untuk mengetahui secara langsung proses pembuatan batik.

Sumber : ceritasondha.com
Sumber : ceritasondha.com

Bangunan-bangunan tempo dulu yang tetap kokoh menjulang ditengah arsitektur modern pusat perbelanjaan, lembaga keuangan (perbankan dan valas), homestay dan hotel yang banyak terdapat disekitar kampung kauman. Fasilitas-fasilitas pendukung yang ada di sekitar kampung kauman ini jelas menyediakan kemudahan-kemudahan khusus bagi segenap wisatawan yang berkunjung dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan lain di luar batik.

Sumber : len-diary.com
Sumber : len-diary.com

Bahkan untuk mencoba sendiri mempraktekkan kegiatan membatik. Disamping produk batik, kampung batik Kauman juga dilingkupi suasana situs-situs bangunan bersejarah berupa bangunan rumah joglo, limasan, kolonial dan perpaduan arsitektur Jawa dan Kolonial.

sumber : google
sumber : google

 Kalian ngga bakal bosen kok, selain berburu batik kampung ini juga menyediakan berbagai tempat yang dapat dikunjungi wisatawan, meliputi: rumah batik, showroom batik, tempat pelatihan batik, penelitian dan pengembangan produk batik, serta museum koleksi batik. Seru kan? Kuy lah berbondong berburu batik sekaligus belajar batik.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close