Gunung

Bukit Kaba Bengkulu, Perpaduan Kawah Hidup dan Hutan Hujan Tropis Yang Asri Nan Menawan

Hai travellers! Jika tadi kita bermain di Pulau Tikus yang ngehits di Bengkulu. Sekarang saatnya aku kenalin kamu ke salah satu gunung yang cukup mudah didaki. By the way, asal kamu tau nih ya, Bengkulu sendiri hanya memiliki dua gunung, yaitu Bukit Daun dan Bukit Kaba. Dan kali ini aku mau ajak kamu main ke Bukit Kaba.

foto : @muhamadilmialfarizy

For your information nih gengs, Bukit Kaba ini sebenarnya adalah sebuah gunung berketinggian 1.937 mdpl. Dan masuk kedalam Taman Wisata Alam yang luas wilayahnya sekitar 13.940 hektar.
Bukit Kaba sendiri memiliki kondisi yang masih sangat alami nan asri. Serta panorama alam yang selalu diincar oleh para pendaki.

Sumber Foto : phinemo.com
foto : @thekriezhna

Topografinya berupa kebun sayur yang membentang di kanan dan kiri rumah penduduk. Kemudian berpadu dengan sungai kecil yang memiliki air jernih dan menyegarkan di jalur pendakian. Kondisi jalurnya cukup terjal, namun kamu tak perlu khawatir kelelahan. Karena kamu akan disuguhkan pada vegetasi hutan hujan tropis yang sejuk nan asri di sepanjang jalur.

Sumber Foto : kuniawanican.wordpress.com
foto : @thekriezhna

Setelah melewati hutan tropis, semakin keatas vegetasi pohon akan semakin merendah. Hingga akhirnya kamu akan menemukan lokasi camping untuk mendirikan tenda dengan ciri-ciri berupa bangunan berbentuk kubah yang berfungsi sebagai tempat pemantauan aktivitas gunung berapi.

Sumber Foto : bimg.antaranews.com

Kemudian, kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju puncak bukit dengan mengambil jalur ke kanan. Sesampainya di puncak Bukit Kaba, kamu bisa menikmati keindahan panorama kawah dari atas bukit. Dan apabila kamu ingin turun mendekati kawah hidup dan kawah mati, kamu bisa mengambil ke jalur kiri . Tapi, jangan lupa siapkan masker ya, karena bau belerang sangat menyengat di hidung.

Sumber Foto : mediatravelingyuk.com

Nah, untuk menuju kesini kamu bisa menempuh perjalanan melalui Kota Bengkulu, atau bisa juga melalui Kota Palembang dari Kabupaten Lahat. Adapun transportasinya berupa bus dan travel menuju kabupaten Rejang Lebong. Dengan jarak sekitar 90 km dari Kota Bengkulu.

Sumber Referensi : https://ksmtour.com

Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *