BlogKulinerOleh Oleh Nusantara

Batiah: Makanan Khas Yang Jadi Ikon Kota

Batiah
Foto oleh: steemit.com

Sumatera Barat terkenal dengan keindahan alam dan kearifan lokalnya. Selain itu juga dikenal dengan makanannya yang khas dan nikmat.

Baca juga: Kue Tetu: Penganan Khas Sulawesi

Batiah
Foto oleh: merahputih.com

Payakumbuh; yang merupakan salah satu kota kecil di Sumatera Barat, adalah daerah yang mempunyai julukan Kota Batiah. Hal ini karena makanan khas tersebut berasal dari sana.

Bentuk Batiah ini menyerupai Rengginang, bedanya ada pada bahan pembuatannya. Jika Rengginang menggunakan bahan dasar nasi, Batiah menggunakan ketan putih.

Cara Pembuatan:

Beras ketan ditanak hingga matang, kemudian diambil dalam porsi kecil dan dibentuk bulat pipih. Setelah itu dijemur di bawah terik matahari. Jika sudah kering, baru bisa digoreng. Minyak penggorengan harus dalam jumlah besar supaya matangnya lebih merata. Jika ingin lebih nikmat, bisa ditambahkan lelehan karamel diatasnya.

Rasa Batiah kini juga beragam tak hanya gurih, tapi juga manis. Makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai camilan saat kumpul keluarga atau jamuan tamu.

Batiah
Foto oleh: merahputih.com

Jika sedang berwisata ke Sumatera Barat terutama Payakumbuh, makanan khas yang jadi ikon kota tersebut wajib dicoba. Cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk orang tercinta di rumah. Kamu juga bisa menemukannya di daerah-daerah lain di Sumatera Barat, seperti Padang dan Bukittinggi; khususnya di toko oleh-oleh. Cemilan yang cocok dimakan sendiri maupun bersama-sama dengan keluarga ini, juga memiliki harga yang relatif murah, yaitu Rp20.000 untuk 200 gram kemasannya.

Sumber: merahputih.com

Tags
Show More

Wina Zulfani

Masalah terbesar kita cuma satu: mati tidak masuk Surga

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *