BlogEditor PicksPantaiPulau

Surga Yang Terlupakan Di Teluk Saleman

Provinsi Maluku ternyata memiliki banyak pantai indah nan eksotis yang belum terekspos, yang bisa menyaingi bahkan mengalahkan pamor Raja Ampat. Di Pulau Seram, kita pun sudah familiar dengan keindahan pantai Ora. Tapi, pasti belum banyak yang tahu di pulau yang sama, ada satu lagi tempat wisata yang disebut-sebut memiliki perairan paling jernih di Indonesia. Tempat tersebut adalah Teluk Saleman, sebuah tempat wisata indah mempesona bagai surga tersembunyi di Pulau Seram.

Keindahan yang mempesona (sumber : @exotictrip)
Keindahan yang mempesona (sumber : @exotictrip)

Secara Administratif, Teluk Saleman berada di Kecamatan Seram Utara Barat Kabupaten Maluku Tengah Maluku. Untuk sampai ke tempat ini memang gampang-gampang susah, hal ini dikarenakan akses transportasi yang belum memadai. Perjalanan dimulai dari kota Ambon. Dari Pelabuhan Tulehu Ambon, kita menyebrang ke Masohi dengan speedboat Express selama sekitar 2 jam. Setelah sampai di Masohi, perjalanan dilanjutkan menuju desa Sawai sekitar 3 sampai 4 jam dengan menggunakan angkutan pedesaan. Selain angkutan pedesaan, kita juga bisa menyewa mobil.

Rumah penduduk berdiri diatas air yang super jernih (sumber : National Geographic)
Rumah penduduk berdiri diatas air yang super jernih (sumber : National Geographic)

Dari desa Sawai, kita bisa mulai menjelajah pulau-pulau yang bertebaran di Teluk Saleman. Dilansir dari Maringetrip, Teluk Saleman memiliki kontur alam yang sangat mempesona, mirip dengan yang ada di Raja Ampat. Teluk ini dikelilingi bukit bebatuan yang menjulang pipih dengan ketinggian mencapai 400 meter, diselimuti rimbunnya vegetasi hutan hujan tropis.

Terumbu karang yang indah (sumber : maringetrip)
Terumbu karang yang indah (sumber : maringetrip)

Lalu bagaimana dengan lautnya ? tak usah di Tanya. Sesampainya di Teluk Saleman, kita dimanjakan pemandangan yang sangat cantik. Air lautnya yang sangat jernih bagai kristal, taman lautnya sehat, terumbu karang yang masih terjaga dan alami bisa kita lihat jelas dari atas permukaan air. Sudah sepantasnya jika laut disini menjadi laut yang terjernih di Indonesia. Kombinasi pemandangan itulah yang membuat kita terasa berada di surga!

Jernih banget! (sumber : Maringetrip)
Jernih banget! (sumber : Maringetrip)

Hal lain yang menambah pesona Teluk Saleman adalah pemukiman rumah penduduk lokal yang cukup unik. Konstruksi rumah penduduk lokal dibuat dari kayu dan didirikan diatas air yang jernih. Konsep inilah yang digunakan oleh Ora Beach Resort, Cottage tersohor di Pantai Ora.

Dari teras rumah-rumah ini kita bisa melihat ikan dan hewan lainnya serta terumbu karang yang beraneka ragam bentuknya. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya bila kita tinggal di tempat yang seindah ini?

Tebing batu (sumber : destinasiindonesia)
Tebing batu (sumber : destinasiindonesia)

Tak hanya pantai dan keunikan rumah penduduk, di Teluk Saleman juga terdapat Tebing Batu. Tempat ini merupakan salah satu tempat favorit di perairan Teluk Saleman. Tebing berbatu ini menjulang tinggi langsung berhadapan dengan perairan (tanpa pantai). Dari lokasi ini, ketika matahari mulai meninggi, kita bisa melihat pantulan terumbu karang yang sangat indah.

Tertarik berkunjung ke tempat ini?

 

Tags

Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan....

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *