PantaiPulauSeputar TravellingTips Travelling

Akses Transportasi Dari Pulau Lombok Ke Pulau Bali

bali-lombok

Jika kalian sedang berada di Bali dan ingin melanjutkan perjalanan ke pulau Lombok, ada beberapa alternative transportasi yang bisa digunakan. Kalian bisa memilih jalur Darat, kombinasi dengan jalur Laut, atau bisa lewat jalur Udara. Kedua nya memiliki kelebihannya masing-masing.

Jalur Darat, kelebihannya adalah:
1. Biaya bisa lebih murah,
2. Cerita perjalanan yang lebih panjang,
3. Menyusuri indahnya jalanan menuju pelabuhan,
4. Menikmati pemandangan dari atas kapal,
5. Pengalaman negosiasi harga carter mobil/angkot

Sedangkan untuk jalur Udara, kelebihannya adalah:
1. Hemat waktu
2. Hemat tenaga
3. Praktis

Bagi yang ingin merasakan jalur Darat, ada beberapa jenis moda transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke pulau Lombok, yaitu melalui pelabuhan Padang Bai (salah satu pelabuhan di pulau Bali yang biasanya digunakan untuk menyeberang ke pulau Lombok).

Adapun ragam moda transportasi lewat jalur Darat tersebut antara lain adalah:

1. Taksi
Dibandingkan dengan taksi di kota Jakarta, taksi di pulau Bali sedikit lebih mahal tarifnya. Hal ini mungkin karena jumlah armadanya masih jarang. Selain itu di pulau Bali juga ada kebijakan bahwa kalau ingin naik taksi tujuan keluar kota/antar kota dalam provinsi/antar kabupaten ada biaya tambahan sebesar 20%. Jadi kalau kalian mau pergi ke Pelabuhan Padang Bai dari kota Denpasar, maka akan dikenakan biaya tambahan tersebut. Hal ini karena pulau/provinsi Bali terbagi menjadi 8 kabupaten dan 1 kota, dan Pelabuhan Padang Bai terletak di kabupaten Karangasem. Salah satu referensi taksi di pulau Bali adalah taksi Bluebird yang bisa kalian jumpai di terminal, bandara, dekat tempat wisata, atau bisa di telepon ke Call Center Bluebird Bali.

Namun jika ingin sedikit berhemat, maka kalian bisa naik sarbagita (sejenis Busway) dengan rute tujuan menuju terminal Batu Bulan (ini halte yang paling deket dengan Pelabuhan Padang Bai). Sesampainya di terminal Batu bulan kalian bisa telepon ke Call Center Blue Birdnya, dengan biaya taksi dari terminal Batu Bulan menuju pelabuhan Padang Bai sekitar 210 ribu rupiah, jadi total sekitar 250 ribu rupiah, jadi kalau kalian perginya berempat maka bisa patungan sebesar kurang lebih 60 ribu rupiah masing-masingnya.

2. Transportasi Online
Sama seperti di kota Jakarta, di pulau Bali sekarang juga sudah banyak ditemukan moda transportasi Online, seperti Gojek dan Uber. Dari segi biaya, transportasi ini memang lebih murah bila dibandingkan dengan taksi, namun mengingat jarak yang lumayan jauh menuju ke pelabuhan (sekitar 60 km dari bandara), tidak semua driver mau mengantar kesana, dan jikalau mau, mungkin nanti kalian harus menyiapkan uang ekstra.

3. Bis
Alternatif lain untuk bisa mencapai pelabuhan Padang Bai adalah menggunakan Bis Kota. Kalian bisa menjumpai Bis-bis Kota ini di terminal Ubung kota Denpasar, biayanya sekitar 40 ribu rupiah. Namun Bis Kota yang menuju ke pelabuhan Padang Bai lumayan lama, karena harus menunggu Bisnya terisi penumpang penuh dulu baru mau jalan Bis tersebut.

3. APV (Mobil Rental)
Mobil APV bisa kalian carter dari terminal Ubung, kota Denpasar, menuju ke pelabuhan Padang Bai, dengan biaya sekitar 250-300 ribu rupiah.

4. Angkot
Fungsi angkot di pulau Bali sedikit berbeda dengan angkot-angkot di daerah lain. Di pulau Bali fungsi angkot mirip seperti mobil APV yaitu menerima carteran selain rute reguler mereka sendiri. Kalian bisa mencarter angkot ini dari Terminal Ubung Denpasar atau Terminal Batu Bulan. Jika rombongan kalian ada 10 orang, saya rekomendasikan untuk carter angkot, dengan biayanya sekitar 250-300 ribu dari Terminal Ubung Denpasar.

Note:
– Dari Pelabuhan Padang Bai kalian bisa menyeberang menggunakan Kapal Ferry menuju Pelabuhan Lembar dengan biaya sekitar 43.000 rupiah, waktu tempuh sekitar 4 jam paling cepat.
– Setelah sampai di Pelabuhan Lembar, bisa dilanjutkan dengan naik angkot jurusan Terminal Mandalika, dengan biaya sekitar 20.000 rupiah.
– Kalian tidak bisa menyewa motor/mobil untuk dibawa ke Lombok, banyak penyedia rental yang tidak berani merentalkan kendaraannya karena agak takut beresiko besar.
– Biaya Sarbagita adalah sebesar 3500 rupiah (umum) & 2500 rupiah (pelajar).

Bagi kalian yang tidak punya waktu banyak, kalian bisa menggunakan mode transportasi seperti :

1. Pesawat
Transportasi ini adalah transportasi paling mudah dan cepat, tapi juga paling mahal bila dibandingkan dengan transportasi lain yang ada di atas, jika kalian ingin naik pesawat, kalian harus merogoh kocek sekitar 250-300 ribu rupiah untuk sampai di Bandara Lombok.

2. Boat
Untuk mencapai lombok kalian juga bisa menggunakan boot dari pantai nusa dua, tanjung benoa, waktu tempuhnya sekitar 1 jam.

the-universe-of-mine

Sumber : theuniversofmine

Selamat Berlibur🙂

Created by : Bima

Tags

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

1 thought on “Akses Transportasi Dari Pulau Lombok Ke Pulau Bali”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *