Air Terjun

Air Terjun Sendang Gile: Paduan Keindahan Dan Kearifan Lokal

Berwisata di daerah NTB, tidak sekedar mendatangi pantai-pantainya yang terkenal indah. Pasalnya, ada pesona dan pemandangan lain yang juga cukup mengambil perhatian yaitu Air Terjun Sendang Gile. Air terjun cantik ini berlokasi di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Objek wisata ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, tepatnya sisi sebelah utara kaki Gunung Rinjani.

Foto oleh: www.jonesaroundtheworld.com

Air terjun ini sering juga disebut oleh penduduk setempat sebagai Batu Ko’ (batu kerbau). Nama Sendang Gile diambil dari legenda setempat. Legenda tersebut menceritakan seorang yang secara tidak sengaja sedang mengejar seekor singa gila (sengang gile) yang masuk ke hutan setelah mengacaukan sebuah kampung. Pelafalan sengang gile kemudian lambat laun berganti menjadi sendang gile. Selain itu dijelaskan juga bahwa Sendang Gile merupakan tempat bidadari mandi ketika turun ke bumi.

Bagi Anda yang tidak suka dengan medan yang terlalu berat, Air Terjun Sendang Gile merupakan pilihan yang tepat untuk Anda kunjungi. Karena letaknya yang cukup dekat dengan pintu masuk, maka ada dua pilihan jalur yang bisa anda lalui. Pertama yaitu melalui gerbang utama atau disebut jalur biasa. Anda harus menuruni anak tangga sekitar 15-20 menit untuk mencapainya.

Pilihan lainnya yaitu melalui jalur irigasi (soft trakking). Jalur ini lebih banyak digunakan oleh para wisatawan karena lebih menantang. Di sepanjang jalan menuju air terjun, anda akan disuguhi dengan pemandangan hutan lindung yang lebat. Mayoritas flora yang tumbuh di area ini adalah tumbuhan tropis seperti Pohon Bajur (Pterocarpus sp.), Pohon Ipil (Insia biyuga), Pohon Sentul (Sondarium), dan Pohon Jati (Tektona grandis).

Guide lokal juga bisa ditemukan disekitar counter penginapan-penginapan Senaru, yaitu sebelum pintu gerbang ke air terjun. Harga yang mereka tawarkan juga variatif  tergantung jumlah orang dalam sekali perjalanan. Tidak ada keharusan untuk menggunakan jasa mereka.

Anda juga tidak perlu khawatir akan tersesat, karena jalan menuju Air Terjun Sendang Gile sangat jelas. Namun jika anda ragu, Anda bisa meminta pemandu setempat untuk menunjukkan arah. Para pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar 5 ribu rupiah per orangnya. Waktu yang disarankan berkunjung ke lokasi mulai dari pukul 10.00-15.00 WITA, agar dapat dengan leluasa menikmati pesonanya.

Foto oleh: www.jonesaroundtheworld.com

Air terjun Sendang Gile mempunyai ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Memiliki dua tingkatan, yaitu tingkat pertama muncul di atas tebing dan jatuh ke dasar kolam di bawahnya.

Tingkat kedua, di mana pada kolam tersebut air akan meluncur ke bawah dan membentuk sungai. Akan terlihat air yang jatuh dari ketinggian sekitar 30 meter melalui tebing bertingkat. Tebing itu dipenuhi oleh tumbuhan hijau menempel pada sisi-sisinya. Aliran air ini diyakini berasal dari Danau Segara Anak Gunung Rinjani.

Anda akan menyaksikan derasnya deburan air yang akan membuat anda betah berlama-lama. Jika Anda berdiri di tempat yang sedikit lebih tinggi, akan terlihat aliran air yang memecah di bebatuan. Percikan air dan hembusan angin yang ditimbulkan juga cukup membuat anda menyipitkan mata jika memandangnya dari dekat.

Kehati-hatian juga diperlukan disini, karena disekitar air terjun terdapat banyak bebatuan besar yang cukup licin oleh lumut. Duduk dan beristirahatlah di bebatuan tersebut, sembari menikmati pemandangan air terjun di depan Anda. Jika merasa cukup dingin, anda juga bisa ditemani dengan secangkir kopi yang bisa peroleh di warung-warung sekitar air terjun. Untuk merasakan sensasinya, anda bisa mencoba mandi di bawah terpaan airnya yang cukup keras. Selain itu, berendam di sungai dari aliran air terjun juga merupakan pilihan yang bagus.

Foto oleh: www.dilombok.com

Sendang Gile cukup ramai dikunjungi di hari libur. Air terjun ini sangat mempunyai arti penting bagi masyarakat sekitarnya. Mereka percaya bahwa disana adalah tempat yang sakral yang dipercaya jika mandi ataupun membasuh muka, akan membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun dari pada usia sebenarnya.

Selain itu, airnya yang dingin dan menyejukan juga bisa menjadi terapi menyembuhkan sakit pinggang. Masyarakat setempat juga percaya bahwa aliran air terjun akan semakin besar jika orang-orang disekitarnya berbicara semakin keras. Keindahan alaminya tak akan membosankan para wisatawan untuk kembali lagi berkunjung.Jika anda berada di NTB, jangan lupa sempatkan diri untuk berkunjung kesini. Ini adalah tempat yang menarik dan rugi jika anda lewatkan

Sumber: id.wikipedia.org, www.dilombok.com, id.lombokindonesia.org

Tags

Wina Zulfani

Tuhanmu adalah seperti apa yang kamu prasangkakan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close