Air TerjunEditor Picks

8 Curug yang paling Instagramable di Indonesia

Bagi penggila curug, Indonesia memang surganya. Ada ratusan curug atau air terjun yang ada dinegri ini mulai dari Sumatra hingga Papua. Kebaragaman bentuk curugnya juga menjadikan ciri tersendiri bagi curug disetiap daerah. Pesona keindahan curug tak hanya dari bentuknya saja namun juga dari hasil jepretan yang diabadikan dan diupload kemedia sosial.

Nah berikut ini ada 7 curug yang paling instagramable atau paling hits di Instagram yang biasa didatangi oleh para selebgaram tanah air.

1. Curug Luhur – Cibinong Cianjur

foto : @ranti_yulianti97

Destinasi liburan di Kabupaten Cianjur tidak hanya melulu tentang curug Citambur, curug Cikondang, dan Situs gunung Padang. Kabupaten yang masih belum setenar Bandung dan Bogor ini memiliki aneka destinasi wisata yang tak kalah keren, dan bahkan suatu saat nanti bisa menyaingi dua kota ikon di Jawa barat.

foto : @arie_rahmt

Salah satu destinasi keren yang luput dari mata para traveler adalah Curug Luhur. Curug Luhur (ada sebahagian yang menyebut Curug Lesti, -red) berada di Kecamatan Cibinong Cianjur Selatan. Curug ini belum diketahui banyak orang, sehingga ketika saya datang ke tempat ini,hanya ada rombongan saya saja. Seperti curug pribadi.

foto : @deden_jack

Perjalanan menuju Curug Luhur membutuhkan waktu 3 sampai 4 jam jika kita memulainya dari kota Cianjur. Dari cianjur kota kita ambil arah menuju terminal Pasirhayam, kemudian ambil arah ke Selatan. Dari titik ini kita akan melewati beberapa Kecamatan, diantaranya kecamatan Cibeber, Kecamatan Campaka, Kecamatan Sukanagara, Pagelaran, dan Tanggeung.

Selengkapnya Baca diCurug Luhur, Curug Keren Nan Eksotis di Cianjur Selatan

2. Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara

foto : canro.simarmata

Air terjun Moramo merupakan salah satu air terjun yang amat indah yang ada di Konawe Selatan provinsi Sulawesi Tenggara. Siapa sangka jika Air terjun ini memiliki daya tarik sendiri dengan beragam keindahan yang disuguhkan.

foto : @sw_331216

Kesegaran air memang membuat siapa saja yang datang ke air terjun ini enggan untuk pergi meninggalkanya. Bahkan pemandangan yang amat sangat menakjubkan bisa disaksikan begitu saja didepan mata.

Selengkapnya baca disini  :  Air terjun Moramo, Surga Tersebunyi di Sulawesi

3. Air Terjun Kapas Biru, Lumajang, Jawa Timur 

Air Terjun Kapas Biru atau yang biasa disebut Coban Kapas Biru adalah air terjun yang terletak di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Air Terjun Kapas Biru merupakan salah satu Objek wisata andalan kabupaten Lumajang mengingat pesona dan keindahanya memikat banyak wisatawan yang datang dari luar kota bahkan luar Jawa.

foto : @dwi_riyanto17

Air Terjun Kapas Biru sebenranya tergolong air terjun yang baru sebab mulai dibuka untuk umum sekitar tahun 2015 lalu. Air Terjun Kapas Biru memiliki ketinggian sekitar 100 meter lebih dan menjadikanya sebagai salah satu air terjun tertinggi di pulau Jawa dan Indonesia.

foto : @hens4m

Air Terjun Kapas Biru ini bentuknya cukup unik karena memiliki 2 tingkatkan. Tingkat atau undakan pertama yang berada dibawah memiliki tinggi sekitar 90 meter dan tingkat yang ada diatas memiliki tinggi sekitar 10 meter. Air Terjun Kapas Biru juga diapit tebing yang membuatnya terlihat begitu indah dan sangat instagramable.

Selengkapnya baca disini : Air Terjun Kapas Biru, Air terjun Terindah di Jawa Timur

4. Air Terjun Tamalu’lua, Sulawesi Selatan

foto : @saiffuul

Air terjun Tama’lulua kini mejadi salah satu air terjun yang paling ngehits di Sulawesi khususnya di Sulawesi Selatan. Air Terjun Tama’lulua memang baru terekspose beberapa taun terakhir setelah beberapa selebgram mengunggah foto kerenya di Air Terjun Tama’lulua ke akun Instagram mereka.

foto: @saiffuul

Air Terjun Tama’lulua sendiri terletak di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Memang cukup jauh jika dari kota Makassar ibukota Provinsi Sulawesi Selatan. Bagi masyarakat Jeneponto, Air terjun Tama’lulua juga dikenal dengan nama Air terjun Bossolo.

Selengkapnya Baca disini : Air Terjun Tama’lulua, Wisata Baru di Sulawesi Selatan

5. Coban Sewu, Malang, Jawa Timur

foto : @robbiepoerwanto

Air Terjun Tumpak Sewu atau biasa disebut juga sebagai Coban Sewu adalah sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar  120 meter. Air Terjun Tumpak Sewu sendiri berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur namun umumnya orang lebih mengenal Air Terjun Tumpak Sewu sebagai salah satu wisata yang ada Di Malang.

foto by : bagoezduwi

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu air terjun terindah yang ada di Pulau Jawa dan Masuk kedalam 10 Air Terjun terindah di Indonesia. Air Terjun Tumpak Sewu ini memiliki karakteristik yang unik mengingat aliran air yang jatuh kebawah ini cukup lebar dan terlihat seperti mengelilingi sebuah lembah. Tak heran jika kita berada diatas lembah maka kita bisa menyaksikan air terjun ini terlihat sangat luas.

Selengkapnya Baca disini : Air Terjun Tumpak Sewu, Salah satu Air Terjun terindah di Indonesia

6. Curug Ngebul, Desa Bunijaya, Cianjur Selatan

Cianjur memang tak pernah kehabisan destinasi wisata. Selalu saja ada objek wisata yang baru yang sayang banget untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Curug Ngebul. Air Terjun Ngebul atau yang biasa disebut Curug Ngebul ini kini menjadi salah satu destinasi atau tujuan wisata yang wajib dikunjungi terutama bagi para pecinta curug.

foto: @ali_habibi78

Curug Ngebul terletak di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Curug Ngebul yang berada di ketinggian sekitar 1.000 meter diatas permukaan air laut ini memang masih sangat alami. Terbukti dari jalur yang akan kita lewati masih tergolong hutan dan susah dilalui.

Baca Selengkapnya disini : Curug Ngebul, Curug indah lainya yang ada di Cianjur

7. Air Terjun Penimbungan – Lombok – NTB

foto : @abrahamyusuff

Air Terjun Penimbungan merupakan salah satu air terjun cantik yang ada di Lombok. Air Terjun Penimbungan bisa dijumpai bila kita melakukan pendakian kegunung Rinjani melalui jalur Torean. Itulah mengapa banyak pendaki lebih sering menyebut Air Terjun Torean karena memang berada di Jalur Toren. Air Terjun Penimbungan ini berlokasi di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Selengkapnya baca disini : Air Terjun Penimbungan Salah satu Bonus Pendakian Rinjani via Torean

8. Air Terjun Tukad Cepung – Bali

foto : @grace_saraswati

Selain memiliki pantai pantai yang indah, di bali juga memiliki banyak sekali air terjun yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Tukad Cepung. Air terjun tukad cepung terletak di banjar Penida Kelod,Tembuku, kabupaten Bangli, Bali. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Sekilas air terjun ini tampak seperti air terjun yang jatuh dari langit karena di silaukan oleh cahaya matahari. Karena itulah air terjun ini di namakan Air Terjun dari Langit.

foto : @kamandalu Bali

Dari lokasi parkir kendaraan menuju ke lokasi air terjun ini kita akan menuruni jalan yang berundak. Sepanjang perjalanan kita akan menyusuri pinggiran sungai, menuruni tebing dengan bebatuannya. Karena letaknya yang berada di balik tebing, sebelum sampai ke lokasi air terjun, kita akan menyelinap ke tengah tengah di antara tebing yang menyerupai goa karena memang jalannya yang sempit. Sepanjang perjalanan kita akan di manjakan oleh rimbunnya pepohonan yang hijau dan udara yang sejuk.

Baca Selengkapnya disini : Air Terjun Tukad Cepung, Serpihan Surga Di Balik Tebing

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *