Home / Blog / Alam & Taman / Banda Neira. Serpihan Surga Di Timurnya Indonesia

Banda Neira. Serpihan Surga Di Timurnya Indonesia

Berbicara mengenai destinasi wisata, Indonesia Bagian Timur memang juara nya. Terlebih para wisatawan mengenal betul destinasi-destinasi terbaik seperti Labuan Bajo, Komodo, Ora dan Raja Ampat. Tapi, asal kamu tau, ada lagi surga tersembunyi yang sebanding dengan destinasi yang telah disebutkan sebelumnya. Yaitu, Banda Neira.

Sumber Foto : Google

Banda Neira atau Banda Naira adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda. Luasnya sekitar 180 Km persegi.  Dan merupakan pusat administratif Kecamatam Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Indonesia. Dan secara administratif, Banda Neira terbagi dalam 6 desa. Yaitu Dwiwarna, Kampung Baru, Merdeka, Nusantara, Rajawali, dan Tanah Rata.

Fyi, kepulauan yang menjadi sebuah nama band indie di Indonesia ini menyimpan sejuta pesona yang sangat memukau. Bahkan berhasil menarik perhatian tokoh dunia seperti Mick Jagger, Sarah Ferguson, dan Putri Diana. Kepulauan yang kaya dan memiliki semuanya, mulai dari sejarah perjuangan bangsa indonesia, panorama alamnya yang indah tiada tara, hingga surga bawah lautnya yang sudah mendunia. Penasarankan apa aja yang bisa kamu temukan di Banda Neira ? Yuk pantengin terus!

Sumber Foto : Google

Gunung Api Banda

Sumber Foto : Instagram @rahmadlarae24

Gunung Api Banda adalah sebuah gunung berapi, sekaligus sebuah pulau yang terletak di Laut Banda. Pulau ini adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda. Gunung Api Banda memiliki ketinggian sekira 656 meter di atas permukaan laut dengan luas 734,46 ha. Tahun 1988 gunung ini sempat meletus dan telah merusak sebagian terumbu karang dan biota di Pulau Banda Besar.  Akan tetapi, menurut penelitian UNESCO, justru akibat letusan Gunung Api Banda tersebut ternyata menjadikan pertumbuhan terumbu karang di tempat ini paling cepat didunia. Petumbuhan terumbu karang di Pulau Banda Besar hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 tahun sedangkan di tempat lain, petumbuhannya bisa mencapai puluhan tahun.

Benteng Belgica

Sumber Foto : Google
Sumber Foto : Google

Benteng Belgica merupakan peninggalan bangsa Portugis yang dibangun pada abad ke 16. Dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Fyi, benteng ini dulunya digunakan untuk menghalau perlawanan masyarakat Banda yang menentang monopoli perdagangan pala oleh VOC. Selain itu, benteng yang memiliki gaya bangunan persegi lima ini kalau dilihat dari udara ternyata mirip dengan Gedung Pentagon di Amerika Serikat. Itulah mengapa banyak yang menjuluki Benteng Belgica sebagai The Indonesian Pentagon

Spot Snorkling & Diving Terbaik

Sumber Foto : instagram @rahmadlarae24

Laut Banda merupakan laut terdalam di dunia, dan menjadi spot snorkling dan diving terbaik karena kekayaan bawah lautnya yang memukau. So, kamu tak perlu lagi meragukan keindahan panorama bawah laut Banda Neira. Nah, salah satu spot menyelam terbaik di Banda Neira ada di Lava Flow, karena dipenuhi dengan hamparan terumbu karang yang cantik nan menawan. Kamu juga bisa menyelam di spot lain, seperti di daerah dermaga Banda Neira. Tapi jangan pernah menginjak terumbu karang ya.

Pulau Hatta

Sumber Foto : Google

Pulau Hatta adalah salah satu Pulau digugusan Kepulauan Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Dan merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing, karena Pulau Hatta memiliki pesona bawah laut yang luar biasa indah. Lautnya tergolong jernih dan masih sangat alami dengan tutupan terumbu karang yang rapat. Perjalanan dari Pulau Neira menuju Pulau Hatta dengan Perahu motor tempel dapat ditempuh sekitar 3 jam. Perjalanan 3 Jam tersebut bukanlah sebuah perjalanan yang membosankan, karena selama perjalanan kita akan disuguhi dengan keindahan alam Banda Naira. perkebunan Pala, benteng-benteng diatas bukit, Istana Mini, Pemandangan Gunung Api tersugukan dengan api bak negeri dongeng.

Gereja Tua

Sumber Foto : Google

Gereja tua “Hollandische Kerk” adalah salah satu tujuan wisata yang sering diburu turis saat berlibur ke Banda Neira. Dibangun tahun 1600-an, gedung bersejarah ini memang telah lama menjadi kebanggaan masyarakat Banda Neira. Lokasi gereja ini terletak di sekitar benteng Nassau. Selama masa kolonial, gereja ini sempat memberi pelayanan rohani, yang kala itu dilaksanakan dalam bahasa Belanda pada setiap hari Minggu pagi dan dalam bahasa Melayu pada sore hari.

Rumah Budaya

Sumber Foto : Google

Selanjutnya, kamu bisa mampir sejenak di Rumah Budaya Banda Neira. Lokasinya berada tepat di depan Delfika Guest House. Di rumah ini, kamu akan menjumpai beragam catatan sejarah tentang Banda Neira pada masa penjajahan kala itu. Barang-barang peninggalan VOC juga dipajang di dalam rumah. So, kamu akan melihat beberapa jenis meriam dan lukisan yang menggambarkan situasi pada masa kolonial. .

Istana Mini

Sumber Foto : google

Kenapa disebut Istana Mini? Itu karena bentuk dari bangunan ini mirip istana negara di Jakarta. Tapi ukurannya lebih kecil. Fyi, bangunan ini dianggap sangat bersejarah dan mewakili wajah Banda Neira, Istana Mini pun sempat diusulkan menjadi Istana Kepresiden di wilayah Indonesia Timur.

Nah, itulah beberapa yang dapat kamu temui ketika berkunjung ke Banda Neira. Serpihan surga di timurnya Indonesia.  Ohiya, sebagai tambahan, kamu juga dapat singgah ke rumah pengasingan Bung Hatta sebelum pulang meninggalkan Banda Neira.

Referensi : https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/maluku/banda-neira-keindahan-pulau-banda-maluku.html; https://www.instagram.com/rahmadlarae24/

About Rizky Amalia

Perkenalkan! Aku adalah salah satu dari tetesan benih yang jatuh ke Bumi. Perlahan menjelma menjadi seorang Accounting & Tax yang tersasar dijalur sastra dan sekarang tengah asik mengexplore indahnya Indonesia lewat goresan pena. Saat ini sedang mengejar target untuk bisa mendaki seluruh gunung di Tanah Air sebelum menikah. Serta sedang bermimpi menapaki gagahnya Carstensz Pyramid, titik tertinggi Tanah Air Indonesia.
Aku cinta menulis. Sebagaimana menulis adalah caraku melukiskan pikiran, perasaaan, serta gairah jiwa. Dan tulisan-tulisan itulah yang akan menandakan bahwa aku pernah ada dan melintas di Bumi ini sampai aku menghilang menjadi setitik debu di birunya semesta.

Check Also

Menapaki Indahnya Pantai Pasir Putih Parbaba Samosir

Membahas tentang Pantai tentu akan mengarah pada laut. Tapi, taukah kamu Pantai Pasir Putih Parbaba …

  • Ari

    Ko gak dijelasin ke sini dengan apa – melalui apa – bagaimana jalurnya -….?dan biayanhya