City Tour & LandmarkEditor PicksTempat Ibadah

Siapa Sangka 10 Patung Terbesar ini ada di indonesia

Siapa sangka jika Indonesia menjadi negara yang memiliki Patung-patung tertinggi di Asia bahkan di Dunia. Beberapa Patung atau monumen ini disesuaikan dengan karakteristik daerah tersebut sehingga beragam bentuk dan karakternya. Tak heran jika negara yang kaya akan budaya dan perbedaan ini menjadikan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara tercinta.

Nah mau tau kan patung apa saja atau monumen apa saja yang merupakan salah satu icon kota yang terbesar di Indonesia dan dunia ini, simak liputanya.

1. Patung Garuda Wisnu Kencana – Bali

Terletak di Jalan Raya Uluwatu Desa Ungasan Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali, Garuda Wisnu Kencana (GWK), menjadi rekomendasi tempat yang wajib dikunjungi di Bali. Patung GWK ini tengah dalam masa pembangunan dan akan memiliki tinggi sekitar 126 meter dan lebar 60 meter yang menjadikanya Patung tertinggi di Indonesia bahkan di Dunia.

infokebali.com

Daya tarik dari Garuda Wisnu Kencana adalah keberadaan patung garuda wisnu. Patung ini di bangun dan di pahat oleh pematung yang terkenal bernama I Nyoman Nuarta. Rencana pembangunan patung garuda ini dengan tujuan menjadikan GWK di bali sebagai sebuah tempat wisata yang menawarkan salah satu karya seni patung terbesar dan karya yang paling menakjubkan. Tentunya karya seni yang mencerminkan nilai budaya lokal bali.

Baca selengkapnya disini : Intip Kemegahan Garuda Wisnu Kencana

2. Patung Yesus – Toraja Sulsel

Siapa sangka jika baru-baru ini telah diresmikan Patung Yesus Tertinggid di Dunia yang letaknya berada dinegara kita Indonesia. Patung Yesus ini tepat berada diKota Makale yang tak lain adalah ibukota dari Kabupaten Tana Toraja Sulawesi Selatan. Patung ini diyakini mengalahkan patung yesus yang ada di Rio de Jeneiro, Brazil.

Patung Yesus Buntu Burake kini sudah menjadi landmark atau icon kota Makale Tana Toraja dan sudah menjadi kawasan wisata religi bagi umat nasrani. Untuk menuju Buntu Burake ditempuh sekitar 3 kilometer dari kota Makale Ibu kota Kabupaten Tana Toraja. Oh ya, tinggi patung yesus ini sendiri sekitar 40 meter.

Baca selengkapnya disini : Patung Yesus Tertinggi di Dunia kini Ada di Indonesia

3. Patung Budha Tidur – Mojokerto

Patung Buddha Tidur atau yang lebih dikenal dengan Patung sleeping Buddha adalah sebuah patung Budha yang sedang tertidur dengan tangan Kanan menjadi bantalan kepalanya. patung ini biasa kita jumpai di luar negri namun siapa sangka jika ternyata di Indonesia juga ada patung Buddha tidur.

foto : news.metrotvnews.com

Patung ini berada di Kabupaten Mojokerto Jawa Timur dan menjadi salah satu patung Buddha tidur terbesar di Indonesia. Patung yang kini sudah menjadi salah satu obyek wisata di Mojokerto ini banyak dikunjungi anak-anak sekolah maupun kalangan umum atau bagi mereka yang ingin beribadah ditempat ini.

Selengkapnya baca disini : Patung Budha Tidur Mojokerto menjadi yang terbesar di indonesia

4. Patung Dewa Murugan – Langkat Sumut

Mungkin selama ini kita hanya berfikir jika Patung Dewa Murugan yang berukuran besar hanya ada di Kuala Lumpur Malaysia saja. Padahal Patung Dewa Murugan juga ada loh di Indonesia. Bahkan Patung Dewa Murugan yang ada Indonesia merupakan yang terbesar kedua setelah di Malaysia.

Patung Dewa Murugan yang ada di indonesia ini letaknya berada di Kabupaten Langkat Sumatra Utara atau sekitar 35 dari pusat kota medan. Patung Dewa Murugan terletak di desa Padang Cermin Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, provinsi Sumatera Utara Indonesia.

foto : medanwisata

Patung Dewa Murugan yang ada di Langkat memiliki ketinggian hingga 50 kaki atau 16 meter. Patung ini tepat berdiri kokoh menjulang tinggi berada disamping atau disisi bangunan kuil Shri Raja Rajeshwari Amman Kovil. Kuil ini adalah salah satu dari sekian kuil yang ada di Indonesia dan salah satu kuil terbesar di indonesia. Patung ini dibuka untuk umum setiap hari namun untuk masuk ke area kuil hanya sampai pukul 12 siang saja.

Selengkapnya baca disini : Mau melihat Patung Dewa Murugan, Kini Tak perlu ke Malaysia lagi

5. Patung Jalesveva Jayamahe – Surabaya

Patung Jalesveva Jayamahe adalah sebuah patung atau sebuah monumen yang terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur. Patung Jalesveva Jayamahe sendiri memiliki arti “di lautan kita jaya”. Patung Jalesveva Jayamahe memakan waktu pembangunan hampir 6 tahun lamanya namun hasilnya luar biasa karena bisa berdiri kokoh setinggi 30,6 meter tepat didepan laut Surabaya.

foto : intaninchan.wordpress.com

Patung Jalesveva Jayamahe didirikan dengan bentuk yang menggambarkan sosok Perwira TNI Angkatan Laut berbusana Pakaian Dinas Upacara (PDU) lengkap dengan pedang kehormatan yang sedang menerawang ke arah laut, serasa siap menantang gelombang dan badai di lautan, begitu pula yang ingin di perlihatkan bahwa angkatan laut Indonesia siap berjaya.

Selengkapnya baca disini : Patung Jalesveva Jayamahe, Patung Tertinggi di Surabaya

6. Patung Dewi Kwan Im – Pematang Siantar

Patung Dewi Kwan Im adalah salah satu patung agama Buddha yang mencerminkan sikap welas asih. Patung yang memili ketinggian hingga 22,8 meter ini didirikan di Vihara Avalokitesvara yang berlokasi di pusat kota Pematang Siantar atau jalan sipiso-piso Provinsi Sumatra Utara.

foto : wongmuntilan

Patung Dewi Kwan Im dinobatkan oleh Rekor MURI menjadi patung Dewi Kwan Im terbesar dan tertinggi  yang ada di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Tak heran bila patung ini bisa terlihat dari kejauhan saat kita berjalan menuju arah vihara Avalokitesvara.

Selengkapnya baca disini : Melihat rupa Patung Dewi Kwan Im Yang Tertinggi di Asia Tenggara

7. Patung Bekantan – Banjarmasin

Banjarmasin kini semakin menujukan eksistensinya didunia pariwisata. Kota yang biasanya dikenal dengan pasar sungai terapungnya ini kini memiliki icon baru. Yap Salah satu icon yang sangat unik dan cukup besar berdiri kokoh ditengah kota Banjarmasin ibu kota kalimantan selatan.

foto : blog.reservasi

Patung Bekantan kini berdiri kokoh ditepi sungai Martapura. Patung iconik ini diresmikan pada 10 Oktober 2015 lalu namun entah mengapa fenomena dan euforianya baru terasa sekarang. Banyak wisatawan lokal bahkan luar daerah yang sengaja ingin melihat langsung bentuk dari patung bekantan ini

Selengkapnya disini : Patung Bekantan icon Baru Banjarmasin

8. Patung Bunda Maria Assumpta – Ambarawa Jateng

Apabila Anda suka berwisata religi, ada baiknya kini berkunjung ke Ambarawa, tepatnya ke  kompleks Gua Maria Kerep. Ada yang baru di sana. Di sudut kawasan parkiran, ada patung tinggi menjulang menggapai langit setinggi 42 meter. Itulah patung Bunda Maria Assumpta.

Foto by RED Magz Indonesia
Foto by RED Magz Indonesia
Patung Bunda Maria Assumpta dibangun di Komplek Wisata Religi Gua Maria Kerep, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dengan ketinggian 42 meter. Patung ini dibuat oleh seniman patung asli dari Ambarawa. Patung ini memiliki ketinggian 23 meter dengan  ketinggian penopang 19 meter yang apabila ditotal menjadi 42 meter.

Selengkapnya baca disini : Patung Bunda Maria Assumpta – Ambarawa

9. Patung Ikan Belido – Palembang

Patung Belido adalah salah satu landmark baru yang ada di Kota Palembang, Sumatra Selatan. Tugu Belido ini nantinya akan diresmikan oleh pemerintah setempat bersama Presiden Joko Widodo dimana nantinya Tugu ini bersama Jembatan Ampera menjadi ikon kota Empek-empek Palembang. Patung Belido atau Belindo ini berbentuk ikan belida yang konon dulunya adalah ikan asli yang menjadi bahan pembuatan empek-empek dan harganya sangat mahal.

Backpacker Jakarta saat City Tour Palembang 2017

Ikan belida atau bagi masyrakat setempat disebut Ikan Beldo adalah jenis ikan tawar asli Sungai Musi di Palembang. Ikan yang berdaging tebal dan menjadi menjadi bahan pembuat pempek (sebelum diganti ikan tenggiri) kualitas nomor satu karena terasa lebih renyah, aroma ikan hanya sedikit, dan warna pempek juga lebih putih. Karena ikan ini sudah punah dan susah ditemukan maka sebagai bentuk pelesatarian dan mengingatkan bentuknya maka dibuatlah Patung ikan Balido.

Selengkapnya baca disini :  Tugu Belido Icon Baru Kota Palembang

10. Patung Tuhan Yesus Memberkati – Manado

Patung Yesus Memberkati adalah sebuah monumen Yesus Kristus yang terletak di kota Manado ibukota Sulawesi Utara Indonesia. Patung ini memiliki tinggi hingga mencapai 50 meter dari permukaan tanah. Sebenarnya tinggi patungnya 30 meter saja dan penopangnya mencapai 20 meter sehingga bila ditotal mencapai 50 meter.

foto : indonesiakaya.com

Patung Tuhan Yesus Memberkati ini terbuat dari 25 ton besi fibre dan 35 ton besi baja dan terletak pada bukit tertinggi di daerah perumahan Citraland Manado. Patung Tuhan Yesus Memberkati memeiliki keunikan yakni posisinya yang miring hingga 20 derajat damun tetap berdiri kokoh diatas Bukit.

Selengkapnya baca disini : Kunikan Patung Tuhan Yesus Memberkati Manado Yang Miring 20 Derajat

 

Itulah beberapa patung atau monumen atau tugus yang ukuranya cukup tinggi dan besar yang ada di indonesia. Gak nyangka kan beberapa diantaranya justru yang terbesar di asia tenggara bahkan di dunia. So kita patut berbangga karena keberagaman bisa menyatukan dan membanggakan.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *