Home / Blog / Air Terjun / Curug Luhur, Curug Keren Nan Eksotis di Cianjur Selatan

Curug Luhur, Curug Keren Nan Eksotis di Cianjur Selatan

Destinasi liburan di Kabupaten Cianjur tidak hanya melulu tentang curug Citambur, curug Cikondang, dan Situs gunung Padang. Kabupaten yang masih belum setenar Bandung dan Bogor ini memiliki aneka destinasi wisata yang tak kalah keren, dan bahkan suatu saat nanti bisa menyaingi dua kota ikon di Jawa barat.

View utuh Curug Luhur, Keren!

View utuh Curug Luhur, Keren!

Salah satu destinasi keren yang luput dari mata para traveler adalah Curug Luhur. Curug Luhur (ada sebahagian yang menyebut Curug Lesti, -red) berada di Kecamatan Cibinong Cianjur Selatan. Curug ini belum diketahui banyak orang, sehingga ketika saya datang ke tempat ini,hanya ada rombongan saya saja. Seperti curug pribadi.

Niagara (sangat) mini di aliran Curug Luhur

Niagara (sangat) mini di aliran Curug Luhur

Perjalanan menuju Curug Luhur membutuhkan waktu 3 sampai 4 jam jika kita memulainya dari kota Cianjur. Dari cianjur kota kita ambil arah menuju terminal Pasirhayam, kemudian ambil arah ke Selatan. Dari titik ini kita akan melewati beberapa Kecamatan, diantaranya kecamatan Cibeber, Kecamatan Campaka, Kecamatan Sukanagara, Pagelaran, dan Tanggeung. Kondisi jalan menuju curug Luhur relatif bagus, kekurangannya adalah kurangnya sarana kelengkapan jalan seperti marka jalan, lampu penerangan, dan pembatas jalan. Hal inilah yang membuat kita harus lebih berhati-hati melaluinya, khususnya pada malam hari.

Curug Luhur dari kejauhan

Curug Luhur dari kejauhan

Untuk sampai ke lokasi ke curug luhur gampang-gampang susah, padahal lokasinya berada dipinggir jalan raya. Di sepanjang jalan pun belum ada papan petunjuk arah menuju ke lokasi. Satu-satunya cara untuk mengetahui keberadaan curug ini adalah dengan bertanya pada penduduk setempat. Setelah memarkirkan kendaraan, trekking dimulai dengan menyusuri persawahan. Di sisi kanan persawahan, kita dimanjakan dengan pemandangan sungai yang cukup lebar namun tidak dalam. Tak ada jalan setapak untuk sampai ke curug. Bahkan kita harus berjalan diatas batas pematang sawah. Perlu menempuh hampir 1 jam dengan jalan kaki tuk sampai ke lokasi, hal ini dikarenakan belum ada jalur resmi yang dibuat, bahkan sampai harus membuka jalur baru.

Undakan paling atas

Undakan paling atas

Lokasi yang masih belum banyak diketahui traveler, menjadikan suasana di sekitar curug masih sangat alami dan bersih. Curug ini memiliki tiga turunan air atau undakan dengan debit air yang berbeda. Hanya undakan kedua dan ketiga (paling bawah) yang bisa digunakan untuk bermain air. Untuk mencapai undakan paling atas kita harus menyusuri sisi curug sebelah kiri dan menaiki bukit yang landai. Diperlukan peralatan tambahan, seperti tali webbing untuk menaiki bukit.

Sesampainya diatas, kita di suguhkan pemandangan yang memukau. Formasi geologinya yang unik, derasnya air yang jatuh,hamparan bebatuan cadas, menambahkan pesona keindahan curug ini. Dari atas kita bisa melihat pemandangan utuh aliran curug yang berundak, persawahan, dan sungai dibawahnya. Puas menikmati keindahan dari atas, saatnya turun dan bermain air dihilir curug.

Pemandangan yang cantik

Pemandangan yang cantik

Karena belum menjadi destinasi wisata resmi, jangan berharap mendapatkan fasilitas yang lengkap. Warung hanya ada satu, itupun pun hanya ada lokasi tempat parkir, jadi jangan lupa membawa bekal, di lokasi curug Luhur tidak ada penjual makanan. Untuk masuk ke curug Luhur tidak dikenakan tarif, hanya membayar jasa penitipan barang saja.

Tertarik ke tempat ini? Jangan lupa, bawa kembali sampahnya ya.

 

About Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan....

Check Also

Liputan Trip Eksplore Banyuwangi Part 10

Untuk ke 10 kalinya Backpacker Jakarta berkesempatan mengadakan Trip Ke Banyuwangi dan beberapa kota lainya …

3 comments

  1. Ini Bisa naik mobil ga?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *