KulinerUncategorized

Minuman Daerah yang Cocok Untuk Berbuka Puasa

Pelepas Dahaga Selepas Puasa

Saat ini kita sudah memasuki pertengahan bulan ramadhan, yang pastinya sudah banyak kan dari kalian menyantap menu favorit untuk berbuka puasa. Nah, berbicara menu untuk berbuka puasa, pastinya banyak dari kita yang memilih makanan dan minuman favorit saat berbuka.

Menu makanan dan minuman favorit ini biasanya tidak ketinggalan di meja makan. Dan selalu tersedia saat menjelang adzan maghrib. So, berikut menu minuman khas daerah yang cocok untuk berbuka puasa versi saya :

  1. Minuman Es Pisang Ijo

Sumber : resepe4.blogspot.com

Jenis es yang berasal dari daerah Makassar Sulawesi Selatan ini benar-benar menggugah selara. Terbuat dari pisang yang dibalut tepung berwarna hijau ini dan diberi kuah juga campuran sirup memang sedap disantap saat berbuka. Apalagi, jika menyantapnya di saat haus sudah melanda.

  1. Minuman Es Selendang Mayang

Sumber : resepe4.blogspot.com

Untuk yang satu ini, kalian yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi. Selendang Mayang cocok loh disajikan untuk menu berbuka puasa. Terbuat dari bahan seperti tepung sagu dan tepung hunkwe yang diberi aneka warna dan hasilnya seperti kue lapis ini. Lalu disajikan dengan saus gula merah juga santan. Rasanya pas dan cocok untuk dijadikan menu berbuka

  1. Es Cendol

Sumber : halhalal.com

Salah satu es daerah yang terbuat dari tepung beras. Es parut, santan, juga cendol yang disajikan dengan siraman gula merah ini mampu membuat kita semakin haus jika dilihat sebelum berbuka hehehe. Apalagi jika sudah disajikan di meja makan dengan gelas berkeringat. Ini mampu membuat kita semakin tergoda. Oh ya jika di daerah Sunda es ini dikenal dengan nama Es Cendol. Berbeda halnya dengan daerah Jawa Tengah, es ini jika di Jawa Tengah lebih dikenal dengan nama Es Dawet loh.

  1. Es Kacang Merah

Sumber : KSMTour.com

Untuk kalian yang berasal dari Sumatera Selatan atau Palembang, pasti mengenal es yang satu ini. Terbuat dari kacang merah sebagai bahan baku utama, ditambah dengan parutan es dan dicampur sirup merah atau cocopandan akan terasa khas dan menggiurkan saat disajikan menjelang bedug maghrib. Di Manado juga ada loh Es Kacang Merah ini. Perbedaan yang mencolok antar versi Palembang dan versi Manado adalah pemakaian susu kental manis coklat di daerah Manado.

  1. Es Oyen

Sumber : bumbukuliner.com

Minuman ini berasal dari daerah Jawa Timur. Terutama kalian yang berasal dari Sidoarjo, Surabaya, dan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman ini. Minuman ini mirip dengan es campur, bahan dasar yang terbuat dari potongan Alpukat, Nangka, Mangga, dan Kelapa muda. Dan diberi siraman santan juga susu kental manis yang dapat menggugah selera kita untuk cepat-cepat berbuka puasa.

Di atas adalah beberapa minuman daerah yang cocok untuk dijadikan menu berbuka. Meski saat ini sudah banyak minuman modern yang bermunculan. Tetapi minuman daerah khas Indonesia tidak kalah dan lekang oleh waktu loh untuk disantap. Saat bulan puasa ataupun tidak, dari segi rasa dan tampilan minuman daerah tetap menggugah selera bagi para penikmatnya. Selamat menjalankan ibadah puasa kawan.

~Sekian

Baca juga :

Kuliner Legendaris di Pasar Santa Sate Padang Ajo Ramon

Bakso Kumis Lapangan Blok S

Tags

Dayu Anggoro

Assalamualaikum, saya Dayu Anggoro. Saat ini masih berstatus mahasiswa kelas karyawan di Universitas Mercu Buana Jakarta. Bekerja di perusahaan swasta sebagai Network Operation Center juga mempunyai hobi membaca novel, jalan-jalan, kulineran, naik gunung, dan menulis apa saja ide yang ada di kepala. Ingin kenal lebih dekat, mari berkunjung ke sini : Web : http://abangdayu.com/ Instagram : @abangdayu Twitter : @abangdayu

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close