Alam & TamanBlogPantai

3 Tempat Wisata Alam di Tulungagung yang Memesona

Siapa sih yang tidak kenal Tulungagung? Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Berada di tepian samudra Hindia, bentang alam Tulungagung terdiri dari hamparan pantai dan pegunungan serta perbukitan begitu eksotis. Tulungagung lebih terkenal sebagai daerah penghasil marmer, sektor pariwisata masih belum banyak diekspose. Tetapi tetap saja ada beberapa tempat wisata alam di Tulungagung yang tetep bisa masuk kedalam daftar destinasi petualangan kamu berikutnya.

Wisata Alam di Tulungagung (foto : Nurull Huda/Travelingyuk)

Ranu Gumbolo

Danau cantik Ranu gumbolo ini salah satu wisata alam di Tulungagung. Wisata danau yang belum lama ini di resmikan sebagai tempat wisata alam. Mungkin kamu familiar dengan nama Ranu Kumbolo sebuah danau di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tapi Ranu Gumbolo Tulungagung adalah lokasi yang berbeda. Walaupun berbeda tetapi keindahannya boleh kok disandingkan. Pemandangannya yang memesona bakalan jadi favorit para Travel Blogger untuk berfoto di sini nih!

Wisata Alam di Tulungagung (foto : Nurull Huda/Travelingyuk)

Sama-sama memiliki pemandangan danau yang menawan, berudara sejuk dan pepohonan yang asri mengelilingi. Ranu Gumbolo memiliki akses yang jauh lebih mudah dikunjungi. Akses jalannya sudah beraspal, untuk menuju ke tempat wisata alam di Tulungagung yang berada di ketinggian 182 mdpl ini lokasi tepatnya di Desa Mulyosari, Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 1-2 jam perjalanan dari kota-kota di sekitarnya.

Baca Juga : Mencicipi Kuliner Legendaris Soto Borang di Ponorogo

Oh ya untuk masuk lokasi wisata Ranu Gumbolo Kamu cukup membayar Rp.5.000 aja lho. Terjangkau banget ya, di lokasi danau yang masih merupakan bagian dari waduk Wonorejo ini ada banyak persewaan hammock. Ada fasilitas Flying Fox dan juga rumah pohon. Selain pemandangan danau, kamu juga bisa menyusuri jajaran pohon pinus yang berjajar rapi di sekitar lokasi danau.

Bendungan Wonorejo

Wisata Alam di Tulungagung (foto : Nurull Huda/Travelingyuk)

Ke Ranu Gumbolo rasanya kurang jika tidak mampir ke Bendungan Wonorejo yang lokasinya bersandingan, bendungan ini memang bukan wisata alam yang terbentuk secara alami. Namun meski adalah buatan manusia, pemandangan alam di sekitar bendungan wonorejo sangatlah indah. Dengan hamparan sawah dan deretan pohon di kiri kanannya. Menjadikan bendungan Wonorejo dapat dimasukkan dalam deretan wisata alam di Tulungagung. Bendungan yang memiliki debit air 15000 m3 perdetik ini, dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik, pengairan, perikanan, olah raga dan juga wisata.

Pantai Sine

Wisata Alam di Tulungagung berikutnya adalah pantai Sine. Pantai yang terletak di Desa Kalibatur, Kec Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur ini merupakan wisata alam andalan di Tulungagung. Pantai Sine telah dikelola oleh pemerintah setempat dengan baik, lokasi pantai telah dilengkapi dengan toilet, kamar mandi, ruang ganti, musholla dan juga warung-warung yang menjual makanan dan souvenir di sekitar area parkir yang luas.

Jika kamu mengunjungi pantai Sine di siang hari, maka kamu hanya akan dikenakan tiket masuk per kendaraan, besaran tarifnya Rp.5000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. Berbeda dengan pengunjung di malam hari yang akan dikenakan tarif Rp. 10.000 per orang. Berwisata di pantai Sine, kamu ga bakalan mati gaya. Pemandangan di sekitar pantai Sine sangat indah, dengan perbukitan yang mengitari akan banyak spot foto yang bisa kamu jadikan sebagai latarbelakang berswafoto. Kamu juga bisa mendirikan tenda atau memancing. Ada persewaan ATP buat Kamu yang ingin menjelajah pantai.

Baca Juga : Menyusuri Legenda Cinta di Air Terjun Putuk Truno Pasuruan

Oh ya, di pantai Sine juga ada hamparan hutan cemara yang sangat indah, masayarakat di sekitar pantai Sine menyebutnya Cemoro Sewu. Kamu bisa berjalan-jalan menikmati semilir angin yang berhembus diantara pohon cemara.

Wisata Alam di Tulungagung (foto : Nurull Huda/Travelingyuk)

Wah seru banget ya, wisata alam di Tulungagung ternyata tak kalah menarik dengan wisata alam di daerah lain di Indonesia. Serunya lagi, untuk menikmati wisata  Untuk Ke Tulungagung dari Jakarta bisa memilih moda transportasi darat, dengan menggunakan kereta api Majapahit dari stasiun Senen tujuan langsung di Tulungagung. Sedangkan buat kamu yang ingin menggunakan Pesawat bisa mengambil rute penerbangan melalui Surabaya atau Malang, lalu berlanjut dengan moda transportasi darat, kereta atau Bus. Sesampainya di Tulungagung Kamu bisa menyewa kendaraan, atau menggunakan ojek ke tempat wisata alam di Tulungagung.

Jangan lupa ya, setiap berwisata untuk selalu menjaga kebersihan dan lingkungan. Jangan dirusak atau dicemari agar anak cucu kita kelak tetap bisa ikut menikmati keindahan wisata alam Indonesia. Sebaiknya kamu juga mencicipi kuliner tradisional khas daerah yang kamu kunjungi agar turut membantu perekonomian warga sekitar.

Tags

Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist - www.nirmalamedia.com - maeshare.blogspot.com - Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia. IG @kuliner.soloraya - IG @Maenequeen - IG @maya.nirmalasari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *