Event BPJ

Silaturahmi Ramadan Backpacker Jakarta (BUKBER AKBAR 2019)

Tahun ini buka bersama (Bukber) Backpacker Jakarta diadakan di Gedung Walikota Jakarta Timur, Sabtu (18/05/2019) dengan mengusung tema “Manisnya Ramadan Segarkan Iman Bersama Backpacker Jakarta”. Acara dimulai pukul 13.30 WIB dengan diawali pembukaan oleh MC dilanjutkan sambutan dari saudara Fahmi sebagai ketua panitia Bukber. Sambutan kedua disampaikan Bapak Alawi selaku Kabag Kesra mewakili Bapak Walikota Jakarta Timur yang berhalangan hadir. Selanjutnya pembacaan tilawah dilantunkan saudari Nisa dan sari tilawah dibacakan saudari Hani yang keduanya berasal dari Klub Jelajah Masjid Backpaker Jakarta.

Juna RT 33/KUBBU dan Ditta RT 19

Adapun agenda acara Bukber 2019 adalah sebagai berikut:

  1. Lomba Tilawah
  2. Lomba Nada Islami
  3. Perkenalan dari Panti “ Yayasan Nur El Hikam”
  4. Penampilan dari Adik-adik panti
  5. Kajian dari Ustad Taufik Al Miftah
  6. Penampilan Stand Up komedi dari Klub Talent BPJ
  7. Penampilan Pentas Seni Musik dari Klub Talent BPJ
  8. Penampilan Drama dari Klub Talent BPJ
  9. Penampilan special dari panitia
  10. Pengumuman pemenang dan pembagian hadiah

LOMBA TILAWAH

Perlombaan ini dimulai pukul 14.00 WIB yang diikuti sebanyak 11 peserta yang terdiri dari perwakilan masing-masing RT. Dari kejauhan, para peserta terlihat sudah siap membawa Alqur’an dan nomor urutnya masing-masing. Juri lomba Tilawah ini adalah Saudari Apik dan Saudari Mei, keduanya berada di depan panggung yang di mejanya sudah tersedia kertas untuk mencatat hasil penilaiannya. Selanjutnya MC memanggil 2 nomor urut pertama naik ke atas panggung yaitu nomor 1 dan nomor 2, selanjutnya akan melantunkan surat yang telah mereka pilih secara bergantian. Kurang lebih 5 menit masing-masing peserta menyelesaikan perlombaannya.

Hakim Perwakilan RT 15

Berikut adalah daftar nama peserta dan RT yang berpartisipasi dalam perlombaan Tilawah.

  1. Abdul Majid (RT 8) Surat Al-Hujarat
  2. Ade Safitri (RT 26) Surat An-Nissa
  3. Lukman (RT 1) Surat Al-Imran
  4. Wasilah Hasanah (RT 10) Surat Al-Hujarat
  5. Hakim (RT 15) Surat Al-Imran
  6. Agam Pratama (RT 28) Surat Al-Hujarat
  7. Tidak ada
  8. Yeni Febriam (RT 14)
  9. Miftahul Ulum (RT 4) Surat Al-Hujarat
  10. Tidak Ada
  11. Dea (RT 35) Surat Al-Hujarat
  12. Abdoe (RT 6) Surat An-Nissa

LOMBA NADA ISLAMI

Perlombaan kedua adalah nada Islami yang di ikuti oleh 9 group yang masing-masing group terdiri minimal 3 orang. Sebelumnya MC telah memanggil 3 juri yang sudah berkompeten dibidangnya masing-masing diantaranya Eka M. Siregar, Deby, dan Chery. Suara supporter masing-masing perwakilan peserta membuat suasana begitu meriah. Penampilan para peserta kurang lebih selama 5 menit, sebagian peserta membawa alat music sendiri , dan juga menggunakan musik yang telah disediakan oleh panitia.

Perwakilan dari RT

Dikarenakan nomor urut satu tidak hadir, lomba dimulai dari nomor  urut 2. Berikut peserta lomba nada islami tahun 2019.

  1. Tidak ada
  2. RT 33 (3 orang) Judul lagu Akhirnya by Gigi
  3. RT 34 (3 orang) Judul lagu Alhamdullilah by Opick
  4. RT 18 (7 orang) Judul lagu Dengan Menyebut Nama Allah by Novia Kolopaking
  5. RT 16 (5 orang) Judul lagu Ramadan Datang By Tompi
  6. RT 37 (6 orang) Judul lagu Tombo Ati by Opick
  7. RT 32 (3 orang) Judul lagu Ramadan Datang by Tompi
  8. RT 12 (3 orang) Judul lagu Ketika Tangan dan Kaki berkata by Chrisye
  9. RT 13 (4 orang) Judul lagu Padamu ku Bersujud by Afgan
  10. RT 19 (3 Orang) Judul lagu Padamu ku Bersujud by Afgan

Pukul 15.30 WIB perlombaan sudah selesai dilaksanakan, untuk pengumuman pemenangnya akan diumumkan di malam hari.

PEMBERIAN DONASI

Founder BPJ & Perwakilan dari Panti

Backpacker Jakarta turut mengundang adik-adik dari Panti “Yayasan Nur El Hikam” sebanyak 30 orang untuk buka bersama sekaligus menerima donasi berupa barang dan uang senilai Rp. 25.953.000,- yang didapat dari donasi member dan non-member Backpacker Jakarta. Perkenalan tentang panti juga disampaikan oleh salah satu perwakilan dari panti tersebut. Selanjutnya adik-adik panti mempersembahkan penampilan “Hadroh” dan dilanjutkan dengan menerima bingkisan yang diserahkan langsung oleh Founder Backpacker Jakarta yaitu Edi M Yamin.

KAJIAN, “HAI JODOH, AKU MENUNGGUMU”

Ustad Taufik & Rifky

Menjelang buka puasa, Ustad Taufik Al Miftah memberikan kajian dengan tema “Hai Jodoh, aku menunggumu” dengan dimoderatori oleh Rifky. Kajian ini cukup dinikmati, karena rata-rata member yang datang belum mempunyai pasangan. Acara tersebut berlangsung kurang lebih selama 1 jam. Beberapa pertanyaan dilontarkan kepada member BPJ yang hadir, dan yang bisa menjawab pertanyaan mendapatkan hadiah dari Sponsor.

PENAMPILAN TALENT BPJ

Nopri (Stand Up komedi ) dari Klub Talent

Sebelum dan setelah berbuka puasa, Klub Talent BPJ mempersembahkan Stand up Komedi dan Pentas Seni Musik. Penampilan Stand up komedi yang dibawakan Apri dan Mario mampu membuat member BPJ tertawa dan terhibur. Penampilan Pentas Seni Musik pun tak kalah menarik dan sukses membuat para member ikut bernyanyi bersama-sama.

Pukul 08.00 WIB Teater Backpacker Jakarta menampilkan drama special Ramadan yang berjudul “Marbot”. Drama yang dikemas dengan menarik dan diselipkan beberapa adegan lucu membuat para penonton tidak berhenti ketawa. Selain itu pesan yang disampaikan sangat bagus untuk cerita kehidupan.

Penampilan Drama dari Klub Talent

PENGUMUMAN PEMENANG DAN PEMBAGIAN HADIAH

Acara terakhir adalah penguman pemenang lomba, diawali dengan lomba tilawah yang dimenangkan oleh Abdoe dari RT 6 sebagai Juara Terbaik dan mendapatkan uang tunai senilai Rp. 1.000.000,-. Juara Favorite lomba Tilawah dimenangkan oleh lukman dari RT 1 yang mendapatkan uang tunai senilai Rp. 500.000,-. Selanjutnya pengumuman Pemenang Lomba Nada Islami, Juara Terbaik direbut oleh perwakilan dari RT 13 dengan total hadiah senilai Rp. 1.000.000,-dan perwakilan dari RT 34 merebut Juara Favorite pilihan Juri dengan membawa pulang hadiah senilai Rp. 500.000

Pemenang lomba nada Islami dan Tilawah

Selain pengumuman Pemenang, Panitia juga memberikan Apresiasi kepada PIC RT yang telah berhasil mengumpulkan member terbanyak untuk hadir dalam acara Bukber Akbar tersebut. RT yang paling banyak mendaftarkan membernya adalah RT 34 sebanyak 49 Orang.

Panitia Bukber AKBAR 2019

Sebelum acara berakhir, panitia mempersembahkan penampilan spesial yaitu menyanyikan 2 lagu Islami yang dibawakan seluruh panitia diatas panggung. Penutup acara ini adalah lagu Backpacker Jakarta yamg dibawakan oleh Klub Talent dan dinyanyikan bersama-sama oleh member Backpaker Jakarta.

Semoga Acara Bukber Akbar Bersama Backpacker Jakarta dilaksanakan setiap tahunnya, karena selain mempertemukan semua member BPJ, kegiatan sosial yang dilaksanakan  sangat membantu terutama bagi orang-orang yang membutuhkan.

Adik-adik “Yayasan Nur El Hikam”

Terima kasih karena masih menjadi manusia yang peduli dengan sesama, semoga kebaikan kalian tidak pernah berakhir karena zaman

Author : Harjuna Edi @harjuna_tbm / RT 33 / KUBBU

Sumber Foto : Dokumentasi Panitia

PIC : Fahmi dan Septi

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *