City Tour & Landmark

Kampung China, Riau

Foto by gemaminangdppbatam

Pekanbaru terus berbenah menjadi salah satu kota metropolitan adalah satu daya tarik bagi pendatang di Bumi Lancang Kuning. Pertumbuhan ekonomi Pekanbaru tidak terlepas dari “Kampung Cina” yang ada di daerah Senapelan tepatnya di Kelurahan Sago.

Untuk mencari Kampung Cina sangat mudah masuk saja ke jalan Ir.H.Juanda akan ditemui sepanjang jalan ruko-ruko yang telah menjadi bagian hidup masyarakat. Entah sudah yang keturunan keberapa, tapi yang jelas, dari Kampung Cina inilah persebaran ekonomi terus berjalan dan menjelma dominasi sektor ekonomi di Provinsi Riau.
Memasuki Tahun Baru Cina yang diyakini sebagai “Tahun Naga”, persembahan rasa syukur diwujudkan dalam pesta meriah dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat keturunan dan masyarakat umum berbaur dalam kemeriahan. Untuk tahun ini menurut beberapa obrolan, perayaan kali ini cukup meriah dibanding dengan tahun sebelumnya dan memang benar sekitar jam 7 malam jalan Ir.H.Juanda sudah padat merayap.

Foto by Indoplacescom

Semakin malam semakin padat dan ramai.
Ketika sampai dalam Kampung China disambut dengan lampion-lampion warnah merah memancar “menyimbolkan semangat”, sepanjang jalan banyak pedagang-pedagang yang kebanyakan menjual aksesoris dan mainan anak. Untuk menghibur pengunjung panitia perayaan sudah menyiapkan pergelaran khusus yaitu “Barongsai”….semoga semuanya membawa berkah”

Tags

bubuy

Backpackology

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *