Home / Blog / Alam & Taman / Bukit Pasir Busung, Gurun Pasirnya Bintan

Bukit Pasir Busung, Gurun Pasirnya Bintan

Bukit Pasir Busung mendadak menjadi perbincangan para traveller akhir-akhir ini. Pasalnya Bukit pasir ini menyuguhkan pemandangan yang langka dan tidak seperti biasanya. Bukit Pasir Busung sendiri dijuluki sebagai Gurun Pasirnya Bintan mengingat dikawasan ini terdapat hamparan pasir yang bercampur bebatuan kecil mirip menyerupai gurun atau padang pasir.


Namun tahukan kalian jika wisata bukit pasir Bintan ini merupakan bekas penggalian tambang Bauksit yang sudah tidak digunakan lagi. Yap, didaerah Kepulauan Riau sendiri khususnya Batam dan Bintan banyak sekali galian-galian yang sudah tidak dioperasikan atau dimanfaatkan lagi.

Trip bersama Backpacker Jakarta

Bekas galian inilah yang membuat banyak sisa pasir-pasir terhampar luas berundak-undak sehingga menyerupai gurun pasir atau bukit pasir. Tak hanya itu saja, ditempat ini juga bermunculan danau-danau bewarna biru yang juga bekas galian dan terisi air membuat seperti danau Kaolin.

Keindahan Danau Biru
Danau bekas galian

Tuhan memang selalu punya cara menutup kerusakan manusia. Hamparan pasir berkilauan dan danau biru yang tercipta dari perpadua warna membuat kawasan ini sangat indah dan menjadi wisata alami yang semakin diminati wisatawan yang datang ke Bintan.

Kepopuleran padang pasir ini bahkan terdengar hingga keluar negri seperti negara tetangg Singapore dan Malaysia sehingga tak heran jika saat berkunjung kesini kita bisa berjumpa dengan mereka. Untuk berkunjung ke Bukit Pasir Desa Busung bisa ditempuh menggunakan kendaraan motor atau mobil dan jalan menuju ketempat ini cukup baik.

Posisinya yang berada dipinggir jalan aspal memudahkan kita mendeteksi keberadaanya. Jika dari kota Tanjungpinang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 47 km atau sekitar 40-60 menit. Letaknya tepat di Jl. Raya Busung, Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Semakin ngehitsnya tempat ini kini sudah banyak berdiri spot-spot foto buatan seperti unta-untaan,tulisan unik atau bentuk bentuk yang menarik dengan berlatar belakang padang pasir. Namun buat foto dengan latar belakang tersebut penggunjung dikenaan tarif 5000-10.000 tergantung bentuk spot foto yang dipilih.

Uniknya lagi kita juga bisa menaiki unta-untaan sehingga sangat mirip berada dipadang pasir di Afrika. Toilet umum juga sudah tersedia disini dan sudah banyak warung-warung yang menjajakan jualanya disini jadi kalian gak perlu khawatir soal makanan. Nah buat kamu yang ingin berkunjung ke Bintan, tempat ini menjadi destinasi yang wajib kamu Kunjungi.

 

Foto : Doc Trip Eksplore Kepri perdana BPJ

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Liputan Trip Eksplore Banyuwangi Part 10

Untuk ke 10 kalinya Backpacker Jakarta berkesempatan mengadakan Trip Ke Banyuwangi dan beberapa kota lainya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *