Alam & TamanEditor Picks

Taman Bunga Nusantara, Sejuta Pesona Bunga & Hijaunya Taman

Puncak Cisarua, masih menjadi salah satu primadona destinasi liburan warga Jakarta.  Lokasi yang masih mudah dijangkau, udara sejuk, serta pemandangan yang indah menjadi alasan utama warga Jakarta memilih rekreasi ke Puncak, Bogor.  Tapi selain itu,jika kita ke arah cianjur terdapat tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Tempat wisata tersebut diantaranya adalah Taman Bunga Nusantara (TBN).

dsc2362

Secara administratif, lokasi Taman Bunga Nusantara berada di Jl. Mariwati Km 7, Desa Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Cianjur-Jawa Barat. Untuk menuju tempat wisata ini, jika kita dari arah Jakarta, ada beberapa alternatif jalur yang bisa kita lalui. Yang pertama, setelah jembatan Ciloto kira-kira 250 meter, akan ada pertigaan ke kiri masuk, sampai desa Ciwalen, ikuti saja plang penunjuk jalan. Yang kedua, dari perempatan Cibodas, kalau ke kanan ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, pilih yang ke kiri, lurus terus sampai Desa Cibadak, dan ikuti plang penunjuk jalan. Bisa juga dari Pasar Cipanas masuk melalui Green Apple Garden menuju desa Cibadak dan mengikuti petunjuk jalan yang ada setelah itu.

Taman Bunga Nusantara mungkin salah satu taman bunga terbesar yang ada di Indonesia. Taman yang luasnya mencapai 35 hektar ini terdiri dari 23 hektar taman, 7 hektar permainan alam imaji, dan 5 hektar villa, serta gedung serbaguna saung aki. Di Taman ini juga terdapat beratus varietas tanaman berbunga. Soal keindahan, jangan ditanya, sejauh mata memandang kita akan terpesona dengan keindahan taman ini. Di taman ini, kita juga bisa belajar tentang berbagai macam bunga, baik bunga dari dalam maupun dari luar negeri. Di Taman Bunga Nusantara ini, taman-tamannya ditata dengan tema yang cukup menarik, seperti Taman Mawar, Taman Air, Taman Labirin, Taman Bali, Taman Jepang, Taman Perancis, dan Rumah Kaca.

Taman Perancis. foto sendirian, tak ada "teman" yang menemani. hehehe...
Taman Perancis. foto sendirian, tak ada “teman” yang menemani. hehehe…

Pemandangan indah yang bisa kita lihat pertama kali setelah masuk dari gerbang utama adalah patung angsa hitam yang sangat besar, kolam yang lebar dan panjang, dan hamparan bunga – bunga indah berwarna warni. Belok ke kiri, kita bisa masuk ke dalam lokasi piknik, tempat kita bisa menggelar tikar dan membuka bekal makanan.

Berjalan lebih kedalam lagi, kita bisa melihat Taman air, rumah kaca, display karpet bunga, koleksi bambu, jam taman super jumbo, taman mawar, taman Perancis, amphitheater, danau angsa dan berbagai ikan, taman mediterania, taman labirin, menara pandang, taman bali, taman palem, lokasi pembibitan, taman Amerika, air mancur musikal, taman Jepang dan area bermain lainnya yang tak kalah menarik.

Taman Labirin. Spot favorit bagi yang suka tantangan...
Taman Labirin. Spot favorit bagi yang suka tantangan…

Di Taman Perancis pohon-pohon perdu pendek jadi ciri khas. Selain itu juga terdapat air mancur yang diiringi alunan musik dan kita bisa beristirahat dan mengabadikan momen sambil melihat air menari meliuk-liuk. Di rumah kaca terdapat berbagai macam tanaman bunga tropis, namun kita diharuskan membayar jika ingin masuk kedalamnya.

Di taman Jepang, suasananya terlihat tenang dan damai. Ciri khas taman jepang ini adalah adanya pagoda dan gazebo di dalamnya, juga tanaman-tanaman pendek tetapi lebih tinggi dari bonsai yang tertata rapi. Bagi yang menyukai tantangan, Taman Labirin adalah tempat yang sangat cocok. Di taman ini, kita masuk kelorong-lorong taman untuk memecahkan teka teki, untuk sampai di titik tengah taman ini. Jika kita tersesat dan tidak juga menemukan jalan keluar menuju titik yang dituju, kita tidak perlu khawatir. Di taman labirin disediakan menara pengawas. Sehingga jika kita tersesat, tinggal bertanya kepada teman kita yang berada di menara pengawas.

 

Taman Jepang
Taman Jepang

Masih banyak lagi lokasi lain yang harus kita kunjungi, karena memang semua lokasi disini indah semua. Untuk itu, ada baiknya kita mengambil peta lokasi di pintu masuk agar dapat memilih tempat mana saja yang menurut kita indah dan wajib dikunjungi. Karena tempatnya yang begitu luas, sangat tidak memungkinkan jika kita menyusuri semua area di Taman Bunga Nusantara.

Taman Mawar
Taman Mawar

Selain pemandangan, aneka taman ,dan bunga. Fasilitas disini juga sudah lengkap. Mulai dari toilet, mushollah, tempat parkir, sampai café dan tempat makan pun sudah tersedia disini. Jam operasional TBN untuk hari Senin – Jumat dibuka mulai Pukul 08.00 s/d 17.00 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional, dibuka mulai Pukul 08.00 s/d 17.30 WIB.

Selain tempat rekreasi, Taman Bunga Nusantara juga bisa dijadikan tempat yang tepat sebagai sumber inspirasi bagi para pecinta taman amatir maupun profesional. Taman ini pun tempat yang sangat cocok bagi fotografer yang menginginkan berbagai pilihan objek foto yang indah dan menawan.

 

Tags

Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan....

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *