Kebun Teh Jangkung

Wisata Healing di Kebun Teh Jangkung Malabar Pengalengan

Ada berbagai macam Wisata Kebun Teh di daerah Pengalengan yang bisa jadi rekomendasi wisata untuk kalian, salah satunya yang bisa kalian kunjungi buat healing adalah Kebun Teh Jangkung Malabar yang ada di daerah Banjarsari, Pengalengan, Kabupaten Bandung.

Kebun Teh Jangkung Mabalar ini mungkin masih terdengar asing untuk sebagian orang, mungkin lho ya, hehe. Mungkin juga karena letaknya yang berada di Perkebunan Teh Malabar dan masih belum banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini, seperti tempat wisata lainnya yang ada di Pengalengan.

Beberapa waktu yang lalu saya dan keluarga berwisata ke Kebun Teh Jangkung Malabar untuk sekadar melepas penat saat long weekend. Kami sekeluarga berwisata ke Kebun Teh Malabar tepatnya di hari sabtu tahun 2022 yang lalu.

Awal mula cerita, saat itu sebenarnya kami ingin berwisata ke Situ Cileunca. Namun karena saat itu bertepatan dengan long weekend, kami urungkan niat untuk ke Situ Cileunca karena sudah pasti kalau ke sana jalurnya macet.

Perjalanan dan Waktu Tempuh Menuju Kebun Teh Jangkung Malabar

Suasana di Kebun Teh Jangkung
(Photo by: Abangdayu)

Untuk menuju Wisata Kebun Teh Jangkung ini, dibutuhkan waktu kurang lebih dua jam perjalanan dari rumah kami yang terletak di daerah Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Jika kalian datang dari luar daerah Bandung, untuk menuju Kebun Teh Jangkung Malabar bisa menggunakan google maps sebagai petunjuk jalan untuk sampai ke lokasi.

Kami berangkat dari rumah sekitar jam 7 atau jam 8 pagi, pastinya dari rumah menuju Pengalengan kami melewati jalan tol dan keluar di pintu tol Soreang.

Karena waktu itu kami datang pada saat long weekend, jadi jalanannya sedikit macet ketika sudah keluar dari tol Soreang. Sedikit macet saat weekend menuju Kebun Teh Jangkung Malabar ini sangat wajar karena, jalanan menuju lokasi melewati akses ke banyak tempat wisata di daerah Pengalengan.

Untuk kalian yang datang dari luar kota, saran saya untuk berwisata ke Kebun Teh Jangkung ini sebisa mungkin keluar tol Soreang maksimal jam 9 pagi. Karena lewat jam 9 pagi besar kemungkinan kalian akan terkena macet, apalagi kalau datangnya saat akhir pekan atau libur panjang, makin-makin deh.

Tiba di Area Perkebunan Teh Malabar

Area Perkebunan Teh
Area Perkebunan Teh Malabar (Photo by: Abangdayu)

Kurang lebih dua jam waktu yang kami tempuh untuk sampai ke lokasi dan akhirnya kami masuk ke area Perkebunan Teh Malabar. Udara sejuk serta pemandangan yang memanjakan mata menyambut kami. Di sepanjang area Kebun Teh menuju lokasi kami membuka jendela mobil dan mobil dikemudikan dengan kecepatan rendah.

Kami benar-benar menikmati udara sejuk dan pemandangan dari mobil sampai ke lokasi Kebun Teh Jangkung Malabar, Pengalengan.

Biaya Masuk dan Fasilitas Kebun Teh Jangkung

Fasilitas di Kebun Teh Jangkung
Fasilitas Toilet (Photo by: Abangdayu)

Tiba di lokasi kami langsung memarkirkan kendaraan, tempat parkir di sini cukup luas. Oh ya guys, Kebun Teh ini tidak ada tiket masuk ya, waktu itu kami hanya membayar parkir mobil sebesar Rp. 5000 saja.

Untuk fasilitasnya pun di tempat ini hanya terdapat 1 bangunan toilet yg terdiri dari beberapa pintu toilet untuk digunakan pengunjung. Toilet di sini gratis karena waktu itu saya gunakan tidak ada yang jaga, mungkin kalau ada yang jaga dikenakan tarif Rp. 2000, mungkin.

Sekitaran area Kebun Teh terdapat area tanah lapang yang bisa kalian gunakan untuk berkumpul dan makan bersama keluarga. Dan ada juga yang menyewakan tikar tapi saya lupa berapa harganya, karena waktu itu kami sudah membawa tikar dari rumah.

Di area tanah lapang banyak pengunjung yang menggelar tenda serta membawa peralatan masak untuk memasak makanan yang mereka bekal dari rumah.

Pemandangan di Kebun Teh serta indahnya jajaran pegunungan bisa kalian nikmati dari area tanah lapang dengan udara sejuk khas daerah Pengalengan. Tak lupa juga saya dan keluarga mencari spot foto di area Kebun Teh, karena tempat ini banyak sekali spot yang bagus dan indah.

Cukup sekian cerita dari saya, nantikan cerita terbaru dari Dayu di web Backpacker Jakarta ~Terima kasih.

Baca Juga Artikel Dayu Lainnya:

Rekomendasi Tempat Membaca Buku versi Dayu

Curug Cisurian, Wisata Eksotis di Kuningan !

Bakso Cuanki dan Batagor Serayu, Kuliner Legendaris Kota Bandung.

Hits: 284

Dayu Anggoro

Seorang tuna daksa yang hobi makan & keluyuran. Ingin kenal lebih dekat, (Follow IG & twitter @abangdayu - email [email protected]).

Baca Artikel Lainnya