curug-cisurian

Curug Cisurian, Wisata Eksotis di Kuningan !

Siapa yang suka main ke curug? Pastinya diantara kalian yang membaca artikel ini pernah atau suka main ke curug, ya kan. Beberapa waktu lalu saya baru saja mengunjungi Curug Cisurian yang berada di Kuningan bersama dengan keluarga untuk liburan di akhir tahun 2022.

Lokasi Curug Cisurian ini terletak di daerah Kabupaten Kuningan, tepatnya di bawah kaki gunung Ciremai. Dan Curug Cisurian ini masuk ke dalam Bumi Perkemahan Ipukan (Jl. Palutungan, Cisantana, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat).

Oh ya guys, Curug Cisurian ini cocok banget lho, untuk kalian para pemula yang baru saja ingin berwisata ke curug. Karena lokasi menuju Curug Cisuriannya sendiri tidak terlalu curam, alias banyak jalan landainya. Dan sebagai pengguna kaki palsu tidak terlalu sulit untuk saya berwisata menuju Curug Cisurian ini.

Perjalanan dan Jarak Tempuh ke Curug Cisurian

perjalanan meunuju lokasi curug
di perjalanan

Waktu itu saat bulan Desember 2022 saya dan keluarga tidak ada rencana untuk mengunjungi Curug Cisurian ini. Karena bertepatan dengan kondangan ke rumah saudara, apalagi waktu itu masih ada sisa satu hari di Kuningan, lalu kami menyempatkan berwisata ke daerah Palutungan.

Jarak tempuh dari rumah kami menuju Curug Cisurian tidak terlalu jauh, hanya menempuh waktu sekitar 30 menit perjalanan menggunakan mobil pribadi.

Karena lokasi wisata Curug ini di kaki gunung Ciremai, maka akses menuju curug sedikit melewati base camp dan jalur pendakian gunung Ciremai via Palutungan. Base camp Palutungan pastinya sudah tidak lagi kan untuk kalian yang hobi naik gunung hehe.

area parkir

Setelah kami menempuh sekitar setengah jam perjalan, kami pun tiba di area Bumi Perkemahan Ipukan. Oh ya guys, area parkirnya luas dan dapat menampung lebih dari 5 mobil. Dan di area parkir ini terdapat beberapa warung makanan. Jadi tidak usah khawatir apabila kalian lupa membawa bekal.

Harga Tiket Masuk ke Curug Cisurian

Harga tiket masuk

Sesudah kami parkir di Bumi Perkemahan Ipukan, kami membeli tiket masuk menuju curug. Harga tiket masuknya waktu bulan Desember 2022 sebesar 14.500 rupiah, harga tiket kemungkinan bisa naik sewaktu-waktu lho ya.

Sebenarnya di area Bumi Perkemahan Ipukan terapat dua Curug dan jalur tracking di awalnya pun sama. Curug yang pertama adalah Curug Cisurian yang sedang dibahas pada artikel ini, lalu curug yang kedua adalah Curug Payung.

Percabangan kedua curug ini terdapat di tengah-tengah perjalanan, untuk Curug Payung sendiri jalurnya lebih curam setelah melewati percabangan jalan. Tidak seperti Curug Cisurian yang jalur menuju curugnya masih bersahabat dan tidak membutuhkan tenaga ekstra.

percabangan kedua curug

Ketika melakukan perjalanan menuju Curug Cisurian, kita akan disuguhkan dengan pemandangan lembah dan puncak gunung Ciremai. Pemandangan yang sangat memanjakan mata kita selama berjalan menuju curug.

Oh ya guys, sedikit saran dari saya sebagai penggun kaki palsu jika kalian ingin mengunjungi curug ini tetapi kalian memiliki masalah pada kaki, atau menggunakan kaki palsu juga. Baiknya menggunakan tracking pole agar memudahkan kalian selama  dalam perjalanan.

Saat itu saya tidak menggunakan tracking pole karena memang sudah terbiasa berjalan menggunakan kaki palsu di medan yang ekstrim. Lanjut lagi yuk..

Baca Juga Artikel Dayu Lainnya:

Akhirnya Tiba di Curug

Setelah menempuh perjalanan yangmana kami berhenti beberapa kali untuk sekadar berfoto dan istirahat. Akhirnya kami melewati jembatan yang di bawahnya terdapat aliran sungai kecil. Artinya kami hampir sampai ke Curug.

Lalu menyeberang jembatan dan berjalan sedikit menanjak, akhirnya kami tiba juga di lokasi. Rasa Lelah terbayarkan dengan pemandangan tebing dan curug yang sangat indah dan memanjakan mata. Ditambah angin sepoy-sepoy serta cipratan air dari curug, cukup untuk merileksasikan tubuh dan mengembalikan stamin.

~Terima kasih

Referensi Artikel : abangdayu.com

Referensi Gambar Utama :  radarkuningan.disway.id

Hits: 65

Dayu Anggoro

Seorang tuna daksa dan pengguna kaki palsu yang hobi keluyuran. Ingin kenal lebih dekat, mari berkunjung ke : https://abangdayu.com/

Baca Artikel Lainnya