Alam & TamanGunung

Savana Dieng Bukit Pangonan

Bukit Pangonan atau lebih dikenal dengan Savana Dieng ini memang masih tergolong wisata baru dikawasan Dieng. Letaknya yang cukup tersembunyi membuat tempat ini masih belum dikenal bagi wisatawan.
Savana dieng Terletak di Desa Dieng Kulon, Dusun Karangsari, Batur, Banjarnegara.

savana dieng wonosobo 2

foto diengbackpacker

Jika ditelisik mengenai sejarahnya (google), padang savana itu tadinya merupakan sebuah telaga. Konon telaga itu terbentuk dari pertikaian dua bersaudara tukang angon (penggembala), oleh karena itu bukitnya disebut Bukit Pangonan.

savana dieng

foto amaizing wonosobo

Legendanya menjelaskan bahwa dari atas Bukit Pangonan sang kakak membuat bendungan untuk membentuk sebuah telaga. Kemudian, karena kesal dengan sikap kakaknya yang kerap melalaikan tugas, sang adik memutuskan untuk membuat goa.  Goa itu berfungsi mengalirkan air dari telaga buatan kakaknya dan membendungnya di bawah. Sifat kakaknya yang malas menggembala membuat adiknya jengkel. Karena jengkel, bendungan milik kakaknya disurub (Jw. dibuat lubang) dari bawah hingga surut dan airnya mengalir sampai bendungan milik adiknya.  Makanya sekarang air yang ada di Telaga Semurub habis dan jadi padang savana.

savana dieng 3

foto losmenbudjono

Aliran air dari goa yang dibuat sang adik dibendung hingga membentuk Telaga Merdada. Sedang telaga sang kakak yang sudah disurutkan airnya, kini menjadi hamparan rumput luas atau dikenal dengan nama padang savana Telaga Semurub. Menurut Dedik, ‘Semurub’ berasal dari kata ‘disurub’ yang berarti dibuat lubang.
Dulu ada airnya tapi sekarang sudah tidak ada. Makanya di padang savana itu walaupun tidak ada airnya, oleh warga setempat tetap disebut Telaga Semurub.

savana dieng 4

foto sikunierdieng

Terlepas dari cerita asal usul savana dieng, kawasan ini sangatlah unik dan menarik. Bagimana cekungan besar menyerupai danau dipenuhi rumpu hijau dan seperti tempat tersembunyi diantara bukit-bukit tinggi sekitarnya.  Untuk menuju savana dieng ini cukup mudah karena tak terlalu jauh dari kawasan Dieng atau Candi. Tinggal tanyakan saja kepada penduduk sedkitar savana dieng arahnya kemana. Tiket masuknya juga cukup murah Rp 10.000 untuk 1 orang pengunjung. Nah buat kalian yang belum kesini yuk eksplore dieng lagi.

Tags

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

1 thought on “Savana Dieng Bukit Pangonan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *