Home / Editor Picks / Persiapkan 6 Hal Ini Untuk Menjadi Seorang Blogger Yang Sukses

Persiapkan 6 Hal Ini Untuk Menjadi Seorang Blogger Yang Sukses

Halo para calon blogger!

Sebelum menjelaskan lebih detail, saya ingin bertanya dulu nih, apa sih alasan kalian ingin menjadi seorang blogger? Apa karena ingin menyalurkan hobi? Ingin menghasilkan uang lewat internet? Ingin mendokumentasikan perjalanan? Atau karena kalian sering membuka situs blog lalu tertarik menjadi seorang blogger?

Ya, apapun itu alasannya, disini saya ingin membagikan 6 hal penting yang harus dipersiapkan bagi kalian yang ingin menjadi seorang blogger sukses!

Sebelum kita masuk dalam topik pembahasan, saya ingin kasih tahu bahwa membuat perencanaan blog merupakan hal yang sangat penting bagi para calon blogger!

Percaya deh, hampir sebagian blogger banyak yang gagal dalam kurun waktu 2 – 4 bulan dan hanya sedikit yang sukses. Kok bisa? Yapz, itu karena mereka membuat nya dengan asal-asalan dan serba berantakan. Contoh nya seperti topik yang campur-aduk, kontennya gak berkualitas, dan promosinya pun gak jelas.

Lalu dampaknya apa?

Dampak nya adalah blog mulai sepi terus-menerus dan akhirnya mereka bosan dan berhenti menulis! Sayang bangetkan? Udah cape-cape meluangkan waktu, uang, dan tenaga lalu ending nya berhenti.

Kalian gak mau kan blog nya stuck ditengah jalan? Yuk perhatikan dan persiapkan 6 hal ini:

Pilih platform blog yang tepat

Perhatikan 2 istilah ini: hosted dan self-hosted.

Asing gak? Ok saya jelaskan dengan singkat agar mudah dipahami.

Hosted berarti blog yang kalian miliki berstatus ‘numpang’ di website mereka. Jadi kalian gak akan punya website murni milik sendiri, dan tampilan alamat blog kalian seperti ini: blogsaya.blogspot.com

Kalo Self-hosted justru kebalikannya. Website tersebut akan menjadi milik kalian 100%, tapi dengan catatan kalian harus membayar untuk nama domain dan hostingnya.

Berikut saya beritahukan 3 platform yang lebih populer dibanding yang lain:

  1. Blogger.com Hosted
  2. WordPress.com Hosted
  3. WordPress.org Self-Hosted

Lalu kalian pilih yang mana? Intinya nih, ada harga ada kualitas :)

Menentukan penyediaan layanan hosting dan nama domain

Sebelumnya, saya mau tanya, kalian asing gak sih mendengar kata hosting? Atau domain?

Ok gini, hosting itu adalah tempat penyewaan untuk menampung data-data seperti gambar, email, aplikasi atau script dan database yang diperlukan oleh sebuah website sehingga dapat diakses lewat Internet. Nah, kalau domain adalah nama/alamat website kalian. Contoh nya seperti website ini namanya http://www.febeshinta.com

Oh iya, perlu diketahui, keduanya baik itu domain dan hosting menggunakan sistem sewa. Yang artinya kalian perlu membayar setiap bulan/tahun. Gak ada pilihan bayar sekali untuk seumur hidup ya gaes.

Jadi, pilih penyedia domain dan hosting yang terpercaya! Berikut adalah beberapa rekomendasi terlebih untuk pemula:

1. Domain: NameCheap
2. Hosting Internasional: BlueHost dan HostGator
3. Hosting Indonesia: NiagaHoster

Sekarang saat nya menentukan nama domain. Inget! Nama domain akan selalu melekat pada blog kalian, so pikirlah matang-matang dan jangan diubah-ubah lagi walaupun kenyataan nya kalian bisa mengganti nya kapan aja.

So, berikut adalah beberapa tips yang perlu kalian ketahui sebelum menentukan nama domain:

1. Sesuaikan dengan topik blog
2. Hindari nama yang mirip dengan website lain
3. Mudah ditulis, diingat, dan diucapkan
4. Hindari tanda strip/minus (-) apalagi angka

Tentukan topik utama blog

Percaya deh, sekian persen alasan utama seseorang membuat blog adalah karena ingin mendapat penghasilan? Yakan?

Nah, untuk calon blogger atau blogger pemula ada baiknya menentukan topik sesuai dengan minat dan keinginannya.

Kenapa? Logika aja nih, jika kalian menentukan topik yang gak disuka, nulis nya pasti terpaksa dan hasil nya kurang maximal, lalu akan cepat bosan. Betul apa betul?

Tapi jangan salah! Ada juga beberapa pakar yang tidak setuju dengan statement diatas. Ada beberapa dari mereka yang mengatakan bahwa topik dalam blog gak harus kita pahami yang penting dapat menghasilkan puluhan hingga ratusan juta per bulan.

Yupz, itu gak salah! Karena mereka sudah berpengalaman dalam dunia blogging dan mereka sudah tahu bagaimana cara mengembangkannya. Coba lihat ilustrasi dibawah ini:

Dari gambar diatas, harusnya kalian sudah menemukan jawabannya.

Penting yang harus diingat! Di dalam dunia blogging itu diperlukan sebuah dedikasi dan isinya orang-orang yang benar-benar antusias terhadap kemampuannya dan keinginannya masing-masing.

So, jangan pilih topik yang tidak kalian minati bahkan tidak paham sama sekali.

Membuat postingan baru

Nah, sekarang saat nya untuk membuat konten di blog.

Setelah login, kalian akan menemukan tombol Add New di atas untuk membuat artikel baru. Setelah itu akan muncul gambar seperti dibawah ini dan perhatikan secara seksama:

Berikut keterangan sesuai dengan nomornya:
1.  Judul artikel
2. Klik untuk menambahkan gambar atau video ke dalam post
3. Mengatur format seperti bold, italic, list & numbering, read more, dan lain-lain
4. Tempat untuk menulis konten artikel
5. Letakkan setiap topik yang berbeda dalam satu kategori agar lebih rapi
6. Setelah konten sudah ready, klik Publish

Saya rasa sampai disini kalian sudah paham.

Promosi konten

Gak ada blog yang akan sukses kalau hanya sekedar membuat konten lalu publish tanpa melakukan promosi! Betul gak?

Nah, ini adalah salah satu tips agar promosi konten tidak salah sasaran:

  • Join ke grup Facebook yang populer = Hampir semua niche ada grupnya di Facebook. Setelah kalian bergabung, jangan langsung menyebar banyak promosi link alias spam. Bisa-bisa kalian langsung ditebas dari grup tersebut.

Dan perlu diperhatikan untuk selalu menerapkan sistem 1:4 ( 1x promosi konten dan 4x non-promosi). Maksud nya gini, non-promosi artinya kalian bisa ikut berkomentar, membantu jawab pertanyaan, atau berdiskusi yang sesuai dengan topik.

Yang paling penting adalah isi konten kalian sudah harus berkualitas dan isinya bermanfaat bagi anggota grup serta tidak melenceng dari niche grup nya.

Mendapatkan penghasilan

Kalau kalian berfikir bahwa blogging bisa menjadi sumber pendapatan singkat, itu salah besar!

Blogging itu dibutuhkan kesabaran tinggi dan tidak instan! Rela menjadi sumber informasi online tanpa dibayar, bahkan rela tidak dibayar dalam rentang waktu berbulan-bulan bahkan tahun!

Artinya gini, jika kalian membutuhkan uang secara instan mending jangan lewat blog. Karena percuma, dalam waktu 1 minggu pasti udah stop dan bosen. Beda jika kalian membuat blog memang karena hobi dan menjadi pekerjaan sampingan sehingga menghasilkan uang, ini baru benar.

Ok lanjut lagi yah.

Untuk mendapatkan penghasilan sudah pasti dipengaruhi oleh jumlah traffic.

Ini penting! Tanpa traffic, sangat mustahil bisa mendapatkan penghasilan. Logika nya begini aja, tidak ada sumber penghasilan yang bisa mendatangkan uang kalau tidak ada pengunjung ke blog kalian. Betul gak?

Nah, untuk tahu gimana cara nya untuk meningkatkan traffic di blog dan menjadi urutan nomor 1 di google, kalian bisa membaca tips nya disini

Salah satu hal yang harus dihindari untuk meningkatkan traffic di blog kalian adalah blog Gado-gado. Kenapa demikian? Yupz mempunyai blog yang isi nya bermacam-macam memang bagus, tapi dampaknya akan sulit menemukan pengunjung yang setia. Perhatikan gambar dibawah ini:

Nah, cara lain yang bisa meningkatkan traffic di blog kalian adalah dengan mencari situs komunitas yang aktif, bangun repotasi dan perkenalkan blog kalian! Ini cara yang paling mudah, tapi masih banyak yang malu-malu. Perlu diketahui, kalau kalian hanya mengandalkan google, maka akan lama berkembang blog milik kalian.

Setelah traffic meningkat, baru daftarkan blog kalian sebagai publisher google adsense disini

So gaes, demikian 6 tips yang bisa saya bagikan ke kalian. Happy Blogging!

Ref by http://www.febeshinta.com

About febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; So, please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Check Also

Lirikan Manja Sang Patih Gajah Mada

Apa yang ada di benakmu mendengar nama Patih Gajah Mada? Kalau aku identik dengan Sumpah …