Uncategorized

Uniknya Kopi Kawa

Inilah minuman yang sedang hits di Ranah Minang saat ini namanya Kawa Daun, Tak ada biji kopi, daunnya pun jadi, itulah ungkapan yang menggambarkan uniknya kopi kawa ini. Ya, kopi ini memang terbuat dari daun kopi yang diasapi hingga kering lalu diremah menjadi serpihan dan diseduh air panas. Biasanya ditambahkan juga gula aren untuk memperkuat rasa. Konon, kemunculan kopi kawa ini berawal dari tanam paksa pada masa penjajahan. Masyarakat harus menanam kopi tapi tak pernah bisa merasakan kenikmatan kopi hasil tanamnya.

blogofmelfeyadin

Sumber : blogofmelfeyadin

Oleh karenanya, daun kopi pun diseduh sebagai pengganti kopi yang dulu hanya bisa dinikmati oleh kaum elit Belanda. Penyajiannya pun tidak memakai gelas, masyarakat Sumatera Barat meminumnya dari tempurung batok kelapa.

wisatakandi

Sumber : wisatakandi

Asal mula nama kawa daun sendiri berasal dari Bahasa Arab yaitu qahwah yang berarti kopi. Diadaptasi menjadi kawa daun oleh masyarakat Sumatera Barat lalu seterusnya digunakan hingga sekarang. Kawa daun adalah salah satu keunikan tersendiri bagi para pecinta kopi yang mungkin belum tahu bahwa tak hanya biji, tapi daun juga bisa dikonsumsi.

Buat kamu yang penasaran dengan kawa daun, jika mampir ke Sumatera Barat, jangan lupa menyempatkan diri untuk berhenti di kedai-kedai kopi pinggir jalan dan nikmati kawa daun hangat yang ditemani gorengan lezat.

Created by : Berli

Tags

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close