KulinerUncategorized

Kelezatan Nasi Gandul Khas Pesisir Pantura

Nasi Gandul Pati

Jika membicarakan Pantura tidak akan ada habisnya untuk soal budaya, culture, wisata, dan apalagi dalam hal kulinernya berbagai macam hidangan siap mengoyang lidah salah satunya adalah Nasi Gandul. Nasi Gandul merupakan masakan khas daerah Pati pesisir Jawa Tengah, yang juga merupakan jalan pantai utara Jawa.

Sumber : Mitrapost.com

Nama gandul pun diambil dari para penjual nasi yang dulunya berjualan dengan cara memikul. Nasi yang dibawa bergelantungan atau gondal-gandul dalam bahasa Jawa. Nasi Gandul disajikan di atas piring dengan alas daun pisang, Makannya juga tidak menggunakan sendok, melainkan suru, yaitu daun pisang yang dipotong memanjang dan dilipat dua untuk digunakan sebagai penganti sendok. Namun biasanya para penjual Nasi Gandul tetap menyediakan sendok maupun garpu untuk persiapan apabila pembeli tidak dapat menggunakan suru.

Sumber : IDN Times
Menu Nasi Gandul sendiri terdiri dari Nasi Putih ditambah guyuran kuah gandul dan daging sapi, jika pelanggan merasa kurang untuk hal lauk bisa ditambahkan dengan tempe goreng, perkedel, telor bacem, dan jeroan sapi. Kuah Nasi Gandul pun dibuat secara khas dengan rempah-rempah khas nusantara, Kuah Nasi Gandul dibuat dengan memadukan bawang putih, bawang merah, cabai merah, kemiri, jahe, kayu manis, serta memakai santan kepala.
Sumber : Bukanrastaman

Selain cita rasanya yang unik, Nasi Gandul juga memiliki sederet keunikan lainnya. Lauk tempe yang disajikan untuk pendamping nasi gandul memiliki ciri yang berbeda dengan penyajian tempe lainnya.Saat digigit, tempe dan nasi gandul ini bertekstur lebih keras jika dibanding tempe pada umumnya. Namun, saat dikunyah menjadi pecah dan mudah untuk dicerna.

Sumber : Traveling Yuk

Kalau kalian tengah berliburan di kawasan Pantura, wilayah Pati atau melintas, jangan lewatkan untuk menikmati Nasi Gandul.

Sumber : id.wikipedia.org, nasigandulmurah.blogspot.com, travel.kompas.com, news.detik.com
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close