PantaiPulauTips Travelling

Tips Traveling Murah ke Belitung

tips traveling murah ke belitung

Belitung memang masih menjadi incaran para traveller. Selain pulaunya yang cantik, kota yang dikenal sebagai penghasil tambang ini juga menawarkan wisata alam yang begitu mempesona. Tak heran banyak orang berbondong-bondong mengunjungi kepulauan ini entah untuk sekedar berlibur bersama keluarga maupun berbulan madu. Nah, berikut ini adalah beberapa tips traveling murah ke Belitung versi kikyamaleader!

1. Rencanakan Tanggal

Tanggal liburan sangat berpengaruh terhadap budget yang akan dikeluarkan selama traveling. Sebab, ketika kamu traveling di high season, harga tiket pesawat pasti akan naik melonjak. Jadi, jika kamu ingin traveling murah, pergilah di tanggal-tanggal low season. Selain harga pesawatnya rendah, wisatawannya pun tidak terlalu banyak sehingga kamu bisa lebih bebas mengexplore.

2. Tiket Pesawat Murah

Tips traveling murah yang kedua, kamu bisa mencari tiket pesawat melalui tiket.com atau traveloka yang sering memberikan voucher diskon. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan pesawat Lion Air untuk menghemat budget. Karena dari sekian banyak maskapai yang melayani rute ke Tanjung Pandan, harga terendah masih dimiliki oleh maskapai Lion Air yang berada di angka Rp.690.000-an.

3. Cari Promo Hotel

Pesanlah hotel dari jauh-jauh hari. Jangan lupa, pilihlah hotel yang letaknya strategis, alias dekat kemana-mana. Kemarin aku memesan melalui booking.com dan mendapatkan harga Rp.102.000 per malam di Harlika Jaya. Hotel melati memang, tetapi not bad. Karena letaknya benar-benar di pinggir pantai Tanjung Pendam yang terkenal akan sunsetnya dengan fasilitas yang cukup sesuai dengan kebutuhanku.

4. Transportasi? Sewa Motor Aja!

Belitung kota yang sangat asri, rapi, dan tenang. Kamu tidak akan menemukan jalanan macet jika berwisata kesini. Aku menyarankan kamu menyewa sepeda motor. Selain karena harganya yang murah, kamu bisa lebih leluasa mengexplore setiap sudutnya dari Belitung Barat hingga Belitung Timur. Adapun kisaran harga sewa sepeda motor adalah Rp. 55.000 sampai dengan Rp.65.000 saja. So, cara ini tentu lebih tepat ketimbang menyewa mobil jika ingin traveling murah ke Belitung

5. Tempat Wisata

Tak sulit menemukan tempat wisata murah di Belitung. Jika kamu mengunjungi daerah Manggar, kamu bisa mengunjungi Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi yang htm nya cuma Rp.5.000 saja. Selain itu kamu juga bisa mampir ke Museum Kata Andrea Hirata yang tiket masuknya hanyalah membeli 1 buah buku karya Andrea Hirata.

Untuk wisata pantai, Belitung belum mengenakan retribusi tiket. Alias masih gratis tis tiss tiss tanpa ada pungutan liar. Kecuali jika kamu ingin menaiki mercusuar yang ada di Pulau Lengkuas, kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp.5.000 saja.

6. HOPING ISLAND

Belum afdol kalo ke Belitung gak hoping island. Hoping island sendiri merupakan jenis wisata menjelajahi pulau-pulau kecil yang tersebar di wilayah Belitung. Biasanya sehari bisa 4 sampai 5 pulau. Dan untuk hoping island ini kamu diharuskan menyewa kapal beserta alat snorklingnya.

Mahal nggak sih ? Nah, makanya kalau mau murah, tips dari kiky adalah cari barengan! Aku kemarin joinan dengan wisatawan lain, menyewa kapal seharga Rp.500.000 berkapasitas 10 orang. Jadi bisa sharecost sebesar Rp.50.000 per orang. Kemudian menyewa alat snorkling sekitar Rp.25.000 – Rp.75.000.

7. KULINER

Belitung termasuk kota dengan biaya hidup yang cukup murah. Makan sate saja 10 tusuk hanya berkisar Rp.10.000-an. Jadi, tak perlu khawatir soal kuliner. Kamu bisa menemukan banyak kuliner di sekitaran Tanjung Pandan. Jangan lupa cobain makanan khasnya, yaitu Mie Atep beserta Es Jeruk Kunci!

Nah, itulah 7 tips traveling murah ke Belitung versi kikyamaleader. Kalau ditotal-total, selama aku traveling kemarin hanya menghabiskan uang sekitar Rp.1.500.000 saja untuk 2 orang selama 5 hari di Belitung. Itupun sudah termasuk hotel, transport, makan, jajan, oleh-oleh, dan seluruh kebutuhanku selama di Belitung. Tapi belum termasuk tiket pesawat ya hehe.

Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *